Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya."— Transcript presentasi:

1 Membuat Asesori Web

2 Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya

3 Kasus 4. Caution Strip 1. Buatlah suatu dokumen baru dengan ukuran 640x480, mode RGB, dengan warna hitam. 2. Tambahkan Layer baru, dan beri nama “ Pita ”. Pilih Rectangular marquee tool ( ). Kemudian buatlah strip yang memanjang, isi dengan Paint Bucket tool ( ) dengan warna #EAFF00 Untuk membuat strip seperti di atas, lakukan langkah-langkah berikut.

4 Langkah-Langkah Pembuatan

5 3. Pilih Horizontal Type Tool ( ), ketik sepanjang strip kuning kata: “ CAUTION ”. Gunakan font Impact 19, Smooth, warna hitam. Untuk memberi kesan yang rapi, Anda dapat memberikan spasi beberapa kali antar setiap tulisan “ CAUTION ”.

6 Langkah-Langkah Pembuatan 4. Kemudian, langkah berikutnya adalah dengan melakukan rasterisasi layer text. Ini dilakukan dengan cara klik menu Layer  Rasterize  Layer. 5. Merge layer text dan layer Pita dengan cara pastikan hanya kedua layer visible, kemudian pilih menu Layer  Merge Visible. 6. Langkah berikutnya, Anda dapat memberikan kesan tertentu, misalnya memberi kesan bekas dan tua. Ini dapat dilakukan dengan memilih Eraser tool ( ), kemudian klik dropdown menu Brushes dan pilih jenis brush yang sesuai. Mulailah menghapus pada bagian pinggir.

7 Langkah-Langkah Pembuatan

8 7. Pilihlah Background layer, kemudian gantilah background tersebut ke warna putih. 8. Setelah itu, klik pada layer Pita, dan pilih tombol Layer Style ( ). 9. Tambahkan bayangan pada image tersebut, uncheck pada Global Light. Set distance ke Simpan hasil kerja Anda.

9 Kasus 5. Gradasi Warna Suatu gambar merupakan obyek dua dimensi, sedangkan benda-benda di sekeliling kita merupakan obyek tiga dimensi. Jika kita membuat suatu gambar yang seolah-olah merupakan obyek nyata seperti halnya benda di sekeliling kita tersebut, maka kita akan membuat suatu efek yang membuat obyek dua dimensi seolah-olah merupakan obyek tiga dimensi. Salah satu caranya adalah dengan memanipulasi warna yang ada di suatu obyek, misalnya adalah dengan penggunaan gradasi warna.

10 Langkah-Langkah Pembuatan 1. Siapkan gambar baru yang akan dibuat. Klik menu File  New untuk menampilkan kotak dialog New. Isikan nama file, ukuran dan nilai lain yang diperlukan. Nama file Name: Cangkir Ukuran Width : 14 cm, Height : 14 cm Resolusi Resolution : 100 pixels/inch Pilih Mode : RGB Kemudian klik tombol OK. Untuk membuat obyek seperti di samping, lakukan langkah- langkah berikut.

11 Langkah-Langkah Pembuatan 2. Untuk memudahkan pembuatan gambar, aktifkan grid dengan cara pilih menu View  Show  Grid. 3. Klik Zoom tool ( ) yang ada pada tool box di sebelah kiri layar, kemudian tekan fit on screen pada option bar. Aktifkan path palette, dengan cara memilih menu View  Paths. Kemudian buat path baru dengan nama path 1.

12 Langkah-Langkah Pembuatan Aktifkan Menu Path

13 Langkah-Langkah Pembuatan Membuat Path Baru

14 Langkah-Langkah Pembuatan 4. Dengan menggunakan Ellipse tool ( ) pada tool box, buat gambar cangkir bagian atas yang berbentuk ellipse.

15 Langkah-Langkah Pembuatan 5. Buka path palette, kemudian buat path baru dengan nama path Di bawah gambar ellipse sebelumnya, buat gambar segi lima seperti gambar di bawah, dengan menggunakan Pen Tool ( ) pada tool box.

16 Langkah-Langkah Pembuatan 7. Klik Add Anchor ( ) pada tool box pada titik-titik seperti gambar di bawah ini.

17 Langkah-Langkah Pembuatan 8. Tarik dan/atau putar titik-titik tersebut untuk mendapatkan bentuk seperti gambar berikut.

18 Langkah-Langkah Pembuatan 9. Buka path palette, kemudian buat path baru dengan nama path Di bawah gambar yang dibuat pada langkah ke-5 tersebut, buat gambar persegi panjang dengan menggunakan pen tools.

19 Langkah-Langkah Pembuatan 11. Klik Add Anchor ( ) dan tambahkan titik-titik pada persegi panjang tersebut. Setelah dilakukan modifikasi akan didapatkan seperti pada gambar berikut.

20 Langkah-Langkah Pembuatan 12. Buka path palette, kemudian buat path baru dengan nama path Di bawah gambar yang dibuat pada langkah ke-9, buat gambar ellipse.

21 Langkah-Langkah Pembuatan 14. Klik Set Foreground pada tool box, setelah kotak dialog Color Picker tampil, atur nilai R:40; G:125; B:230 (warna ungu), lalu klik OK. Gambar Set Background Nilai RGB

22 Langkah-Langkah Pembuatan 15. Aktifkan tab path palette, klik thumbnail path 1, kemudian klik tab layer. 16. Pada window tersebut, pilih Create new fill or adjustment layer  Gradient. Kotak dialog layer akan muncul, kemudian masukkan nilai Style : Linear; Angle 135; Scale : 100% beri tanda check pada Align with layer box. Lakukan drag pada bidang obyek path 1 untuk mengatur gradasi warna seperti pada gambar berikut

23 Langkah-Langkah Pembuatan Membuat new fill layer Hasil langkah ke-16

24 Langkah-Langkah Pembuatan 17. Aktifkan tab palette, pilih thumbnail path 2, kemudian klik tab Layer 18. Pada window tersebut, pilih Create new fill or adjustment layer  Gradient. Kotak dialog layer akan muncul, kemudian masukkan nilai Style : Radial; Angle 135; Scale : 100% beri tanda check pada Reverse dan Align with layer box. Tekan OK. Lakukan drag pada bidang obyek path 2 untuk mengatur gradasi warna seperti pada gambar berikut.

25 Langkah-Langkah Pembuatan Path 2 dengan Warna

26 Langkah-Langkah Pembuatan 19. Aktifkan tab palette, pilih thumbnail path 3, kemudian klik tab Layer 20. Pada window tersebut, pilih Create new fill or adjustment layer  Gradient. Kotak dialog layer akan muncul, kemudian masukkan nilai Style : Linear; Angle : 90; Scale : 100% beri tanda check pada Reverse dan Align with layer box. Tekan OK. 21. Aktifkan tab palette, pilih thumbnail path 3 lagi, kemudian klik tab Layer. 22. Pada window tersebut, pilih Create new fill or adjustment layer  Gradient. Kotak dialog layer akan muncul, kemudian masukkan nilai Style : Linear; Angle 90; Scale : 100% beri tanda check pada Align with layer box. Tekan OK. Lakukan drag pada bidang obyek path 3 untuk mengatur gradasi warna seperti pada gambar berikut.

27 Langkah-Langkah Pembuatan Path 3 dengan Warna

28 Langkah-Langkah Pembuatan 23. Aktifkan tab palette, pilih thumbnail path 4, kemudian klik tab Layer. 24. Pada window tersebut, pilih Create new fill or adjustment layer  Gradient. Kotak dialog layer akan muncul, kemudian masukkan nilai Style : Linear; Angle : -135; Scale : 100% beri tanda check pada Reverse dan Align with layer box. Tekan OK. Lakukan drag pada bidang obyek path 2 untuk mengatur gradasi warna. 25. Aktifkan tab palette, pilih thumbnail path 4 lagi, kemudian klik tab Layer. 26. Pada window tersebut, pilih Create new fill or adjustment layer  Gradient. Kotak dialog layer akan muncul, kemudian masukkan nilai Style : Linear; Angle 90; Scale : 100% beri tanda check pada Align with layer box. Tekan OK.

29 Langkah-Langkah Pembuatan Path 4 dengan Warna

30 Langkah-Langkah Pembuatan 27. Klik Pen Tools ( ) pada tool box, kemudian klik path pada option bar untuk menghilangkan garis path. 28. Simpan hasil kerja Anda.

31 Latihan 1. Buatlah gambar mangkuk seperti gambar di bawah ini

32 Latihan 2. Buatlah tulisan seperti pada gambar berikut.


Download ppt "Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google