Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRESENTASI PresenterAudiens informasi yang diserap pencapaian tujuan Presentasi adalah pertukaran informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRESENTASI PresenterAudiens informasi yang diserap pencapaian tujuan Presentasi adalah pertukaran informasi."— Transcript presentasi:

1 PRESENTASI PresenterAudiens informasi yang diserap pencapaian tujuan Presentasi adalah pertukaran informasi

2 Jika mengajar adalah bagian dari pekerjaan kita.. Maka menjadi guru yang Profesional dalam bekerja dapat diawali dari menyajikan presentasi yang baik untuk anak didik.

3

4 Presentasi = Komunikasi PresenterPenerima Saluran

5 LANGKAH-LANGKAH DESAIN Mendesain presentasi : menambahkan font, warna, background, dll Menambahkan : gambar, multimedia (sound, animasi, movie, transisi slide), dan narasi Review dan perbaikan Tetapkan : Tujuan, kenali audien, dan media presentasi Outline Presentasi

6 Tetapkan tujuan presentasi Menginformasikan Meyakinkan Membujuk Menginspirasi Menghibur

7 Siapa audiennya …??? Usia Jenis Kelamin Tingkat Pendidikan Latar Belakang Sosial Budaya Kedudukan dan Jabatan Jumlah

8 Mulai membuat ouline Buat outline presentasi Anda. Outline dapat dibuat dari makalah/handout yang ada. Outline dapat langsung dibuat di PowerPoint atau dari media/program lainnya (MS Word)

9 Action Tuangkan desain presentasi di komputer Anda.

10 Review dan Perbaikan Tidak ada desain yang sekali jadi. Review kembali desain yang telah Anda buat. Diskusikan dengan teman-teman Anda. Kemudian perbaiki lagi desain Anda agar menjadi lebih baik.

11 Prinsip Desain Presentasi Emphasis Harmoni Kesatuan dan Konsistensi Visualisasikan ide/ gagasan/data Keseimbangan

12 Emphasis Emphasis adalah penekanan kepada objek tertentu di dalam karya fotografi. Prinsip utama pengolahan emphasis adalah menarik mata ke objek yang diinginkan dengan adanya kontras objek utama dengan latar depan dan belakang.

13 Harmoni adalah Keserasian antara warna background dengan teks dan obyek yang ada

14 Keseimbangan Diagonal Asimetris Elemen-elemen dalam slide ini disusun dengan keseimbangan diagonal asimetris

15 Keseimbangan Simetris Elemen-elemen dalam slide ini disusun dengan keseimbangan simetris

16 Kesatuan dan konsistensi Bukan berarti tanpa variasi. Gunakan skema desain yang sama pada semua slide Gunakan ukuran, bentuk, dan efek yang sama pada bagian yang sama/sejajar Jika menggunakan slide desain, gunakan desain yang sama atau mirip

17 ELEMEN DESAIN Warna Bentuk/ gambar Teks Garis Value/tone Tekstur Volume ukuran

18 Latihan 1.Memasukkan Teks 2.Menggunakan Custom Desain/ Themes 3.Memberikan Efek Transisi Pada Teks/ Gambar 4.Membuat Grafik 5.Memasukkan Gambar/ Animasi 6.Memasukkan Efek Suara 7.Memasukkan Movie/ Video/ Film

19 Realita Pelajar SMU Kulon Progo Data di atas hanya Fiktif

20 Memasukkan Video Klik di area movie

21 Kombinasi warna yang dihindari

22 Merah - Hijau Penderita buta warna merah/hijau sulit untuk mengenali kombinas warna ini

23 Hijau - Coklat Penderita buta warna merah/hijau sulit untuk mengenali kombinas warna ini

24 Ungu - Biru Penderita buta warna merah/hijau sulit untuk mengenali kombinas warna ini

25 Biru - Hitam Tulisan ini sangat sulit sekali dibaca oleh audien. Jangan gunakan tulisan/gambar berwarna biru di atas background berwarna hitam.

26 1.Kenali audien dan tetapkan tujuan presentasi yang jelas sebelum mulai mendesain. 2.Buat outline yang runtut dan logis sebelum mendesain. 3.Satu ide pokok dalam satu slide. 4.Selalu ada emphasis dalam setiap slide. Gunakan beberapa kombinasi teknik untuk membuat emphasis yang kuat. 5.Gunakan kombinasi warna dan gambar untuk mempengaruhi emosi audien. 6.Gunakan kombinasi warna yang kontras dan tidak lebih dari warna pokok.

27 8.Gunakan efek animasi, suara, movie, dan link untuk memperjelas dan menarik perhatian audien. Namun, pengunaannya harus hemat dan hati- hati agar tidak merusak konsentrasi audien. 9.Konsisten dan menyatu (unity) dalam desain agar audien tidak kesulitan mengikuti logika presentasi. Tips 7.Hindari kombinasi merah – hijau, coklat - hijau, biru – ungu, biru – hitam. 8.Sedapat mungkin visualisasikan ide, gagasan, dan data dengan grafik atau gambar ilustrasi. Namun, jangan menggunakan banyak gambar dalam satu slide.

28 Matur Nuwun


Download ppt "PRESENTASI PresenterAudiens informasi yang diserap pencapaian tujuan Presentasi adalah pertukaran informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google