Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELEBIHAN MEDIA PRESENTASI  Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehinggha lebih menarik  Dapat menjangkau kelompok banyak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELEBIHAN MEDIA PRESENTASI  Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehinggha lebih menarik  Dapat menjangkau kelompok banyak."— Transcript presentasi:

1

2

3 KELEBIHAN MEDIA PRESENTASI  Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehinggha lebih menarik  Dapat menjangkau kelompok banyak  Tempo dan cara penyajian bisa disesuaikan  Penyajianya masih bisa bertatap muaka  Dapat digunakan secara berulang-ulang  ………………………………………………………..

4 KELEMAHAN MEDIA PRESENTASI  Ketergantungan arus listrik sangat tinggi  Media pendukungnya harganya relatif mahal karena harus ada Komputer dan LCD  Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi.  Masih sangat terbatas guru yang mampu membuat media presentasi  …………………………………………………….

5 PRINSIP PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI  Pengembangan media presentasi harus dirancang sesuai denagan tujuan instruksional  Pembuatan presentasi hendaknya sesuai dengan karakteristik siswa  Memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar  Harus memperhatikan kebenaran materi dan kemenarikan sajian  …………………………………………………………….

6 TEKNIK PENULISAN NASKAH MEDIA PRESENTASI  Tentukan topik sesuai dengan materi yang akan di sampaikan  Kumpulkan materi, identifikasi dan seleksi sesuai karakteristik maupun tujuan pembelajaran  Tulis materi dalam kalimat yang singkat, jelas dan mudah dipahami  Tuangkan pesan yang disajikan dalam bentuk format sajian teks, gambar, animasi atau audio-visual  Pastikan bahwa materi telah lengkap sesuai cakupan maupun kecukupan isi materinya  Susun materi secara runtut dan sistematk  …………………………………………….

7 Contoh Format Naskah Media Presentasi Judul:……………………….. Nama Frane:………………………. No. halaman:… Tampilan: ………………………………………… ………………………………………… ………………………………………… ………………Teks…………………… ………………………………………… ………………………………………… ………………………………………… ………………………………………… ……………………………..... JUDUL TOPIK atau SUB TOPIK Keterangan: Gambar, foto, animasi, video  Gambar/Ilustrasi  Foto  Animasi  Video

8 Beberapa Tips Dalam Membuat Media Presentasi  Pilih jenis huruf (font) yang tingkat keterbacaannya tinggi (Areal,Verdana dll) dengan ukuran huruf (font size) untuk isi teks dan judul dan sub juduk  Untuk memperjelas dan memperindah tampilan, gunakan variasi warna, gambar, foto, animasi atau video.  Area tampilan frame yang ditulis jangan melebihi ukuran 16x20 cm  Usahakan dalam satu slide /frame tidak memuat lebih dari 18 baris teks.  Beri judul pada setiap frame atau tampilan  Perhatikan komposisi/kekontrasan warna, tata letak tampilan.  …………………………………………….

9 Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin Star Menjalankan PowerPoin Melali tombol Star Klik tombol start > kemudian klik All Program > arahkan cursor ke Microsoft Office > dan klik file PowerPoint. Coba buka Program PowerPoint:

10 Setelah program PowerPoint dibuka akan muncul jendela presentasi seperti di gambar > klik 2x pada tulisan Click to add title > ketik Judul Anda pada kotak tersebut dan pilih jenis font zise (arial, verdan dll) Untuk Judul dengan ukuran font Tulis Presentasi Anda: Klik 2x langsung di ketik TEORI ATUM Klik rubah font size Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin

11 Setelah presentasi terketik pilih warna > klik 2x pada Judul Anda > ketik pada Font Calor ( ) dan pilih warna yang kontras. Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin Klik 2x pada judul TEORI ATUM Klik untuk pilih warna Coba rubah warna Judul Presentasi Anda :

12 Coba prktekkan Judul Presentasi Anda di buat animasi: Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin TEORI ATOM Disusun oleh: Tim Ppusttekom Klik 2x pada Judul presentasi Anda > klik slide show > pilih dan klik Custom animation > Klik pada Add Effect > pilih salah satu misal klik pada 9. wipe > untuk mencobanya > klik tombol

13 Coba Presentasi Anda di beri background yang menarik: Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin Klik tombol Format di panel atas > pilih dan klik pada background > akan muncul kotak dialok background seperti pada gambar > klik pada dan akan muncul kotak dialok Automatic > pilih dan klik Picture > klik kotak Select Picture > pilih gambar atau foto yang telah Anda siapkan > klik insert > klik Apply

14 Coba masukan video ke dalam Presentasi Anda : Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin Klik tombol Insert di panel atas > klik movie and sound > dan klik movie from file > kalau file videonya di simpan di my documen > cari file video di mana file di simpan di my documen > misa yang ada di pilih dan klik pada background > Klik OK > klik Automatically maka video dapat dilihat di presentasi Anda

15 Coba Presentasi Anda dibuat interaktif dengan menambah hyperlink : Cara Membut Media Program Presentasi Dengan Software PowerPoin Buat desain tampilan dalam bentuk tombol (button)> kemudian Klik tombol atau blok pada kalimat yang akan dihubungkan (di link) > klik insert pada panel toolbar di atas > klik Hyperlink > pilih slide yang dituju > klik OK. > untuk mengaktifkan Hyperlink : tekan Shift+F5 pada keyboard > arahkan mouse ke tombal atau kalimat yang bergaris bawah > apabila tombol di klik maka akan berpindah tampilan yang di tuju

16


Download ppt "KELEBIHAN MEDIA PRESENTASI  Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehinggha lebih menarik  Dapat menjangkau kelompok banyak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google