Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA BISNIS DAN PROFESI. Materi 1.Gambaran umum etika bisnis dan profesi 2.Prinsip-prinsip etika 3.Teori Etika 4.Dilema Etika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA BISNIS DAN PROFESI. Materi 1.Gambaran umum etika bisnis dan profesi 2.Prinsip-prinsip etika 3.Teori Etika 4.Dilema Etika."— Transcript presentasi:

1 ETIKA BISNIS DAN PROFESI

2 Materi 1.Gambaran umum etika bisnis dan profesi 2.Prinsip-prinsip etika 3.Teori Etika 4.Dilema Etika

3 Pengertian Etika Etika berasal dari dari kata Yunani ‘Ethos’ (jamak – ta etha), berarti adat istiadat Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat Etika berkaitan dengan nilai-nilai, tatacara hidup yg baik, aturan hidup yg baik dan segala kebiasaan yg dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang yang lain atau dari satu generasi ke generasi yg lain

4 Pengertian etika = moralitas Moralitas berasal dari kata Latin Mos (jamak – Mores) berarti adat istiadat atau kebiasaan Pengertian harfiah dari etika dan moralitas, sama-sama berarti sistem nilai tentang bagaimana manusia harus hidup baik sebagai manusia yang telah diinstitusionalisasikan dalam sebuah adat kebiasaan yang kemudian terwujud dalam pola perilaku yang ajek dan terulang dalam kurun waktu yang lama sebagaimana laiknya sebuah kebiasaan

5 PENGERTIAN ETIKA Beberapa pengertian tentang etika adalah sebagai berikut: Etika adalah perbuatan standar yang memimpin individu dalam membuat keputusan Etika adalah suatu studi mengenai yang benar dan yang salah serta pilihan moral yang dilakukan seseorang Keputusan etis adalah suatu hal yang benar mengenai perilaku standar

6 Etika Bisnis Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis. Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis.

7 Peran Etika Dalam Bisnis 7 Prinsip dari “Etika Bisnis” adalah bahwa aktivitas bisnis tidak boleh merugikan siapapun, aktivitas bisnis harus menguntungkan semua fihak.

8 Aturan Hukum merupakan aturan etika minimum Etika merupakan standar norma di atas aturan hukum EtikaAturan Hukum Sering Overlap

9 Mengapa bisnis harus beretika? 1.Memenuhi kebutuhan para stakeholders Para stakeholder: investor, kreditor, karyawan lebih memilih perusahaan yang beretika baik. Contoh: Co-Operative Bank di Inggris mempunyai kebijakan tidak memberi pinjaman kepada perusahaan yang menggunakan binatang dalam percobaannya, perusahaan nuklir atau tidak baik dalam melakukan karyawannya. Perusahaan menolak kredit $12 juta. Namun demikian perusahaan mengalami pertumbuhan laba yang tinggi, nasabah yang meningkat.

10 2.Meningkatkan kinerja perusahaan Dari hasil survey yang dilakukan di New Zealand: perusahaan yang pemimpinnya ber etika baik akan menarik karyawan yang terbaik, meningkatnya penjualan dan meningkatnya loyalitas konsumen

11 3.Memenuhi aturan hukum 4.Mencegah dan meminimalisir kecerobohan Salah satu prinsip etika adalah: jangan melakukan kecerobohan, misal membuang limbah yang belum diolah ke sungai.

12 5.Mendorong moralitas personal Karyawan ingin bertindak benar, perusahaan mendorong agar karyawan dapat bertindak benar. Di Amerika 1 dari 3 karyawan keluar dari perusahaan karena tidak setuju dengan perlakuan tidak etis perusahaan.

13 TEORI ETIKA 1. Teori Etika Deontologi Istilah deontologi berasal dari kata Yunani ‘deon’ yang berarti kewajiban (duty). Menurut teori deontologi suatu tindakan itu baik bukan dinilai dan dibenarkan berdasarkan akibat atau tujuan baik dari tindakan itu, melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri sebagai baik pada dirinya sendiri.

14 Kewajiban yang harus dilakukan oleh seseorang, dimana kewajiban tersebut layak dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab yang diperintahakan kepadanya Contoh: Memberikan pelayanan baik kepada konsumen Menawarkan barang dan jasa dengan mutu yang baik Membayar semua kewajibannya

15 2. Teori Etika Teleologi dari kata Yunani, telos = tujuan, Mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu, atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu. Suatu tindakan dinilai baik kalau bertujuan mencapai sesuatu yang baik, atau akibat yang ditimbulkan baik dan berguna

16 Dua aliran etika teleologi : - Egoisme - Utilitarianisme Egoisme Etis Inti pandangan egoisme adalah bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar pribadi dan memajukan dirinya sendiri.

17 Utilitarianisme berasal dari bahasa latin utilis yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.

18 Utilitarianisme, dibedakan menjadi dua macam : a.Utilitarianisme Perbuatan (Act Utilitarianism) b.Utilitarianisme Aturan (Rule Utilitarianism) Prinsip dasar utilitarianisme (manfaat terbesar bagi jumlah orang terbesar) diterpakan pada perbuatan. Utilitarianisme aturan membatasi diri pada justifikasi aturan-aturan moral.

19 3.Teori Hak Seseorang mempunyai hak terhadap sesuatu. Hak ini harus dihargai. Hak didasarkan atas martabat manusia dan martabat semua manusia itu sama. Karena itu hak sangat cocok dengan suasana pemikiran demokratis..

20 4. Teori Keutamaan  Keutamaan bisa didefinisikan sebagai berikut : disposisi watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan dia untuk bertingkah laku baik secara moral. Setiap orang ingin diutamakan dalam memenuhi kepentingan yang diinginkan. Usaha untuk memenuhi kepentingan seseorang sering menimbulkan sikap egoism.

21 Dilema Etika 1.Mementingkan diri sendiri Perusahaan yang memiliki manajemen yang mementingkan diri sendiri dapat menyebabkan perusahaan melakukan perbuatan yang tidak etis.

22 2.Persaingan yang tinggi Dalam persaingan usaha yang sangat kompetitif dapat mendorong perusahaan melakukan hal-hal yang tidak etis Dilema Etika

23 3.Perbedaan kepentingan Perbedaan kepentingan dapat menyebabkan perusahaan melakukan perbuatan tidak etis, misalnya: –Suap –Disuap Dilema Etika

24 4.Perbedaan Lingkungan Suatu tindakan etis di suatu lingkungan mungkin menjadi tidak etis di lingkungan lain, contoh: –Zat katinon dijual bebas di Singapore –Zat katinon menjadi zat yang dilarang di Indonesia Dilema Etika


Download ppt "ETIKA BISNIS DAN PROFESI. Materi 1.Gambaran umum etika bisnis dan profesi 2.Prinsip-prinsip etika 3.Teori Etika 4.Dilema Etika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google