Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NO SQL Technology Syamsiar Ferdyansyah7408040008 Lia Kurniawati7408040017 Zakiarizza Icmi S7408040025.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NO SQL Technology Syamsiar Ferdyansyah7408040008 Lia Kurniawati7408040017 Zakiarizza Icmi S7408040025."— Transcript presentasi:

1 NO SQL Technology Syamsiar Ferdyansyah Lia Kurniawati Zakiarizza Icmi S

2 Latar Belakang Dengan transaksi yang begitu besar, Mereka membutuhkan data storage yang besar pula, sekelas dengan oracle, IBM, Microsoft, dsb. Namun, untuk memperoleh lisensi dari mereka tidaklah murah.

3 Sehingga, mereka menggunakan data storage seperti:

4 Sejarah NoSQL Istilah NoSql pertama kali digunakan pada tahun 1998 sebagai nama untuk open source database yang ringan tidak mengekspos antarmuka SQL. Penulisnya, Carlo Strozzi, mengklaim bahwa sebagai gerakan NoSql “ berangkat dari model relasional yang lebih tepat disebut NoREL atau sesuatu yang berpengaruh. Istilah ini diperkenalkan kembali pada awal 2009 oleh karyawan Rackspace, Eric Evans, ketika Johan Oskarsson dari Last.fm ingin mengorganisir sebuah acara untuk membahas open source database terdistribusi.

5 Apa itu No SQL? No SQL atau Not Only SQL, merupakan sebuah class dari sistem penyimpanan data yang tidak berelasi. NoSQL biasanya tidak memerlukan skema tabel yang tetap juga tidak menggunakan konsep dari relasi. No SQL adalah basis data yang tidak menggunakan SQL. Bukan tidak menggunakan SQL karena adanya tambahan lapisan abstraksi seperti ORM (Object-Relational Mapping), tapi secara native memang tidak menggunakan SQL seperti yang umum kita temui pada basis data relasional.

6 Mengapa NoSQL Vendor relasional database besar (Oracle, IBM, Sybase dan Microsoft) merupakan andalan untuk menyimpan data. Pertumbuhan internet yang semakin besar (mereka mencari RDBMS yang berbiaya rendah seperti MySQL dan PostgreSQL) Pengunjung web yang besar menyebabkan lalu lintas data yang besar sehingga dapat mengakibatkan “efek slash dot”

7 Perbedaan No SQL dengan RDBMS Perbedaan utamanya sendiri yaitu karena tidak mengenal istilah relation dan tidak menggunakan konsep schema. Kalau biasanya Anda menggunakan query ‘Join’ di sini Anda tidak bisa menggunakannya karena setiap tabel berdiri sendiri tanpa tergantung dengan tabel lainnya alias independen. Selain itu kalau di dalam konsep DBMS biasanya sebelum insert data Anda diharuskan untuk mendefinisikan terlebih dahulu struktur tabel seperti tipe data dan ukurannya, di konsep NoSQL ini Anda bisa menyimpan data tanpa perlu mendefinisikan tipe data dan ukurannya lagi. Jadi lebih fleksibel bila ada perubahan di masa mendatang. Adapun beberapa database NoSQL yang ada saat ini yaituCassandra, Big Table, CouchDB, Redis, Riak, Dynamo dan lainnya. Tentunya yang akan kita bahas di sini secara khusus adalah MongoDB.

8 Perbedaan No SQL dengan RDBMS Struktur Data  RDBMS o Database berisi tabel, kolom dan baris o Semua baris mempunyai struktur yang sama  noSQL o Dapat memilih struktur data yang diinginkan o Data disimpan dalam bentuk natural. (seperti Dokumen, Grafik dan Object)

9 Perbedaan No SQL dengan RDBMS Fleksibilitas Skema  RDBMS o Skemanya sulit untuk di modifikasi o Menggunakan relasi dan berhubungan dengan tabel yang lainnya  noSQL o Struktur data dapat diubah secara dinamis o Data kadang bersifat buram/tidak jelas

10 Perbedaan No SQL dengan RDBMS Normalisasi dan relasi  RDBMS o Model data ternormalisasi untuk menghilangkan duplikasi data o Relasi antar table mengharuskan data untuk di normalisasi  noSQL o Tidak memerlukan normalisasi o Relasi tidak didefinisikan secara eksplisit/jelas o Relasi data biasanya tergabung dan tersimpan sebagai satu unit. (dokumen,kolom)

11 Perbedaan No SQL dengan RDBMS Data Akses  RDBMS o CRUD menggunakan SQL o Akses data dengan banyak tabel menggunakan SQL Join  noSQL o Memiliki API dan DSLs (contoh : Pig/Hive/Gremlin) o MapReduce, graph traversals

12

13 Perbedaan No SQL dengan RDBMS Kapabilitas Pelaporan  RDBMS o Memisah-misah dan membagi-bagi data menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian disatukan kembali menjadi yang diinginkan.  noSQL o Susah untuk merubah tujuan data dalam penggunaan ad-hoc. (merencanakan ke depan)

14 Beberapa produk yang mengklaim menjadi bagian dari NoSQL database

15 Refference introduction-to-nosql.html content-management/ nosql-technologies-worth-looking-at rdbms/ rdbms/

16 Terima Kasih


Download ppt "NO SQL Technology Syamsiar Ferdyansyah7408040008 Lia Kurniawati7408040017 Zakiarizza Icmi S7408040025."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google