Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATABASE MySQL (baca: mai és kju él atau mai-siquel) ULLA DELFANA ROSIANI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATABASE MySQL (baca: mai és kju él atau mai-siquel) ULLA DELFANA ROSIANI."— Transcript presentasi:

1 DATABASE MySQL (baca: mai és kju él atau mai-siquel) ULLA DELFANA ROSIANI

2 Sekilas tentang Database  Singkatnya, database adalah tempat dimana kita akan “menyimpan” data yang dibutuhkan web kita. Mengapa harus menggunakan database? Bukankah lebih mudah dalam bentuk file seperti kita biasa menyimpan data dokumen MS Word dalam sebuah file.doc? Untuk menjawabnya, Anda harus membaca dan mecobanya (baca: benar-benar mempraktekkannya) sampai tuntas.

3 Macam-macam Database  Lain ladang lain belalang, lain data lain pula databasenya. Untuk data yang teramat besar dan kompleks, biasa digunakan Oracle, IBM DB2, PostgreSQL.  Sedang untuk alasan kecepatan dan kesederhanaan, tetapi masih mendukung data yang relatif besar, MySQL lah jawabannya. MySQL bisa didapatkan secara gratis di baik untuk keperluan pribadi, maupun komersial.www.mysql.com

4  Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / field. Jenjang Data Field : merepresentasi- kan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap- tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan. File: File terdiri dari record- record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada. Database : Kumpulan dari file / tabel membentuk suatu database

5

6 Apa hubungan fungsi MySQL dengan PHP?  Tidak ada. PHP adalah sebuah bahasa pemrograman, sedang MySQL adalah sebuah sistem database.  Sistem database MySQL terdiri dari server dan client. Nah, PHP adalah salah satu dari MySQL client. Singkatnya, PHP sebagai client akan melakukan query (baca: permintaan / perintah) ke sebuah MySQL server.

7 MySQL (SQL=Structured Query Language)  MySQL dibangun, dipasarkan dan didukung oleh MySQL AB, yang merupakan perusahaan dari Swedia. Lisensi yang di berikan mempunyai dua macam lisensi, yaitu: Software Open Source : MySQL tersedia melalui GNU GPL (General Public License) yang gratis. Lisensi Komersial : MySQL juga tersedia dengan lisensi komersial. Jika seorang pengembang ingin menggunakan MySQL sebagai sebuah bagian dari produk baru dan ingin menjual produk tersebut, maka pengembang tersebut harus membayar lisensi komersial. Upah tersebut sangatlah rasional.

8 MySQL -kelebihan-  Database ini cepat.  Database ini tidaklah mahal.  Database ini mudah digunakan.  Database ini dapat berjalan di berbagai Sistem Operasi.  Teknisi pendukung yang tersedia.  Database ini aman.  Support dengan database yang besar. MySQL mampu menampung 50 juta baris atau lebih. Batasan umum untuk besar sebuah tabel sebesar 4 GB, tetapi Anda dapat meninggkatkannya (jika sistem operasi Anda dapat menanganinya) dalam teorinya batasan samapai dengan 8 juta terabyte (TB)

9 SQL (Structured Query Language)  SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI, bahasa ini merupakan standard untuk relational database management systems (RDBMS).  Beberapa software RDBMS dan dapat menggunakan SQL, seperti : Oracle, Sybase, MySQL, Microsoft SQL Server, Microsoft Access, Ingres, dsb.

10 SQL (Structured Query Language)  Semua database menggunakan bahasa SQL. Tetapi bahasa SQL yang digunakan tidak selalu sama antara database satu dengan database lain, tergantung fitur-fitur yang didukung oleh database tersebut.  Penulisan perintah dalam bahasa SQL adalah incasensitive. Artinya, perintah ‘create database test’ sama dengan perintah ‘CREATe DaTaBaSE test’, tetapi tidak sama dengan ‘create database Test’ (nama database-nya berbeda).

11 Acuan 

12 SELAMAT BELAJAR


Download ppt "DATABASE MySQL (baca: mai és kju él atau mai-siquel) ULLA DELFANA ROSIANI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google