Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 10 BASIS DATA. Konsep  Basis data dapat diartikan sebagai kumpulan sumber/ data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 10 BASIS DATA. Konsep  Basis data dapat diartikan sebagai kumpulan sumber/ data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat."— Transcript presentasi:

1 Bab 10 BASIS DATA

2 Konsep  Basis data dapat diartikan sebagai kumpulan sumber/ data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari data tersebut.

3 Peranan Basis Data  Basis data (database) memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan. Informasi dapat diperoleh dengan cepat berkat data yang mendasarinya telah disimpan dalam basis data.  Contoh, mekanisme pengambilan uang pada ATM, KRS online, penjualan lewat internet.

4 DMBS (database management system) DBMS (DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas. Contoh DBMS :  MySql  Ms Sql  Oracle  Posgre Sql, dll  MS. Access

5 Struktur Data dan Basis Data Data disusun dalam suatu struktur logis, yaitu :  kumpulan tabel menyusun basis data,  tabel tersusun atas sejumlah record,  sebuah record mengandung sejumlah field,  sebuah feld disimpan dalam bentuk kumpulan bit.

6 Keuntungan DBMS  Independensi data  Pengaksesan yang efisian terhadap data  Keamanan dan integritas data  Administrasi data  Akses bersama dan pemulihan terhadap kegagalan  Waktu pengembangan aplikasi diperpendek

7 Jenis basis data (Pengaksesan)  Basis data Individual : basis data pribadi  Basis data Perusahaan : data pelanggan PLN  Basis data Terdistribusi : data tabungan di BANK  Bank data Publik: data di Yahoo& data Alamat situs di google

8 Model Data  Model data hirarkis Akar Dosen 1Dosen 2 PascalDatabasepemrograman AgaAnaBudiCaniDaniCaniEko

9 Model Data (lanjutan)  Model data Jaringan Dosen 1Dosen 2 PascalDatabasepemrograman AgaAnaBudiCaniDaniEko

10 Model Data (lanjutan)  Model data relasional Kolom Baris

11 Model Data (lanjutan)  Model data berbasis Objek Model data berbasis objek adalah model data yang menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek. Berbeda dengan tiga model yang telah dibahas di depan, model data berbasis objek mengemas data dan fungsi untuk mengakses data (metode) ke dalam bentuk objek.

12 Komponen DBMS  Kamus data  Utilitas  Pembangkit Laporan l  Pembangkit aplikasi  Keamanan akses  Pemulihan sistem

13 SQL (Stucture Query Language)  SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional.  Sesungguhnya SQL tidak terbatas hanya untuk mengambil data (query), tetapi juga dapat dipakai untuk menciptakan tabel, menghapus tabel, menambahkan data ke tabel, menghapus data pada tabel, mengganti data pada tabel, dan berbagai operasi yang lain.

14 Data Warehouse & Data Mart Data warehouse adalah tempat penyimpanan secara fisik dimana data relasional diorganisasi secara khusus dalam format yang baku. Adalah basis data yang sangat besar yang umurnya 5-10 tahun thn yg lalu Data Mart:hanya utk departemen/unit tertentu

15 OLAP (Online Analitical Processing)  adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap data dalam bentuk yang kompleks dan bersifat sementara serta sewaktu-waktu. OLAP memanipulasi dan menganalisis data bervolume besar dari berbagai perspektif (multidimensi). Oleh karena itu OLAP seringkali disebut analisis data multidimensi.

16 Data Mining  adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk mengidentifikasi trend (kecenderungan) atau pola yang terdapat pada himpunan data yang sangat banyak dengan sedikit masukan dari pemakai. Perangkat lunak ini mampu menemukan pola-pola tersembunyi maupun hubungan-hubungan yang terdapat dalam basis data yang besar dan menghasilkan aturan-aturan yang digunakan untuk memperkirakan perilaku di masa mendatang.

17 ERP  ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menangani manajemen produksi dalam perusahaan.


Download ppt "Bab 10 BASIS DATA. Konsep  Basis data dapat diartikan sebagai kumpulan sumber/ data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google