Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Sumber Daya Data. Perlunya data Data diperlukan dalam segala hal. (Baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Sumber Daya Data. Perlunya data Data diperlukan dalam segala hal. (Baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Sumber Daya Data

2 Perlunya data Data diperlukan dalam segala hal. (Baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan keputusan semuanya memerlukan data)

3 Database / Basis Data Database terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki jenis/sifat sama. Contoh: Kumpulan dari data mahasiswa, data dosen, data kuliah, dan lainnya dapat dikumpulkan menjadi kelompok besar, misalkan data akademik STMIK GI MDP. Data-data tersebut dapat berbentuk berbagai macam (program, lembaran-lembaran untuk entry data, dan laporan). Kesemuanya itu dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database. Database secara mudah dapat digambarkan sebagai kumpulan dari tabel-tabel yang saling berhubungan dan membentuk suatu tujuan tertentu. Contoh : Database Akademik, Database Perusahaan, dll.

4 Elemen Basis Data Database –File Record –Field

5 Elemen Basis Data Untuk menyimpan informasi yang ada dalam Database diperlukan tabel/file. Contoh: Tabel Mahasiswa record field

6 Elemen Basis Data Berikut ini terminologi atau istilah yang dipergunakan dalam Database : Database: Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan. Data: fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu. Tabel: Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record Field: disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data. Record: disebut juga dengan baris, yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom/field.

7 Jenis-Jenis Database Database operasional Database terdistribusi Database eksternal Database hipermedia

8 Database Operasional Database yang berisi data terinci yang dibutuhkan utk mendukung proses bisnis dan operasi dari suatu perusahaan.

9 Database Terdistribusi Database yang dibuat replikanya dan didistribusi ke berbagai server yang bertujuan utk memberikan informasi terbaru.

10 Database Eksternal Rangkaian informasi yang dapat diakses secara gratis dari berbagai layanan komersial online.

11 Database Hipermedia Rangkaian dari berbagai halaman multimedia yang saling berhubungan dalam sebuah situs web.

12 Data warehouse / Gudang Data Menyimpan berbagai data yang telah diekstraksi dari berbagai database operasional, eksternal, dan database lainnya dari sebuah organisasi. Dapat dibagi menjadi beberapa data mart Metadata = data yang mendefinisikan data dalam gudang data.

13

14 Penambangan Data Penambangan data (data mining) = penggunaan utama dari database dalam gudang data. Dalam penambangan data, data di suatu gudang data dianalisis untuk mengungkapkan pola dan tren tersembunyi dalam aktivitas bisnis yang telah lewat.(untuk membantu para manajer membuat keputusan mengenai perubahan strategi dalam operasi bisnis untuk mendapatkan keunggulan kompetitif) Penambangan data dpt menemukan hubungan, pola dan tren baru dalam data bisnis yang berjumlah besar yang disimpan dalam gudang data.

15 Fungsi Gudang Data Berikut ini beberapa fungsi gudang data bagi perusahaan: –Melakukan analisis berbasis pasar agar dpt mengidentifikasi berbagai paket produk. –Menemukan akar dari masalah kualitas dan produksi. –Mencegah penurunan pelanggan dan untuk mendapat mendapat pelanggan baru. –Penjualan lintas pelanggan yang telah ada. –Mendapat gambaran mengenai pelanggan dengan lebih akurat.

16 Pemrosesan File Era sebelum database (tradisional) –Penumpukan data –Data belum terintegrasi –Ketergantungan data Era database –Pengorganisasian file / database sudah terintegrasi dan tidak ada saling ketergantungan antara satu dengan lainnya.

17 Struktur Database Struktur Hierarkis Struktur Jaringan Struktur Relasional Struktur Multidimensional Struktur Berorientasi Objek

18 Struktur Hierarkis

19 Struktur Jaringan

20 Struktur Relasional

21 Struktur Multidimensional

22 Struktur Berorientasi Objek

23 Software DBMS Microsoft Access 2003 Microsoft SQL Server 2000 Oracle 9i Lotus Approach

24 Pengembangan Database


Download ppt "Manajemen Sumber Daya Data. Perlunya data Data diperlukan dalam segala hal. (Baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google