Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YOUTH FINANCE INDONESIA by Yusron Ilham. Apa itu literasi keuanganApa itu literasi keuangan?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YOUTH FINANCE INDONESIA by Yusron Ilham. Apa itu literasi keuanganApa itu literasi keuangan?"— Transcript presentasi:

1 YOUTH FINANCE INDONESIA by Yusron Ilham

2 Apa itu literasi keuanganApa itu literasi keuangan?

3 Apa itu literasi keuanganApa itu literasi keuangan? Literasi Keuangan (LK) sebagai upaya untuk meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan, yang diawali dengan mengetahui, kemudian meyakini, hingga menjadi terampil untuk terlibat aktif, dengan kata lain mencapai masyarakat yang well literate pada sektor jasa keuangan yakni bidang perbankan, perasuransian, lembaga pembiayaan, dana pensiun, pasar modal, dan pegadaian.

4 Beberapa Program Literasi Keuangan di Dunia  Towards a National Strategy for Financial Capability (Program) di Inggris  National Strategy for Financial Education (Program) di India  Studi International Network and Financial Education (INFE) dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) 2013 berjudul Addressing Women’s Needs for Financial Education Sumber : Literasi Keuangan dan Peran Pemda _ suaraflores.com.htm

5 Chile

6 Mongolia

7 Ghana

8 Albania

9 Bagaimana dengan Indonesia ??

10 Keadaan masyarakat Indonesia akan literasi keuangan Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif stabil dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dengan rata-rata growth di atas 5 persen per tahun, mengindikasikan tingkat kesejahteraan penduduk Indonesia telah mengalami kenaikan atau kemajuan dari waktu ke waktu. Indikasi ini terlihat dari kenaikan angka Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan. Jika pada pada tahun 2000 PDB per kapita Indonesia berjumlah Rp6,72 juta maka pada tahun 2012 angka ini telah melesat menjadi Rp33,34 juta.

11 Bagaimana tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia?  Jawaban inilah yang ingin diketahui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat survei yang dilakukan pada semester pertama tahun lalu. Patut dicatat, survei literasi keuangan skala nasional, dilakukan di 20 propinsi, merupakan yang pertama dibuat di Indonesia. Adapun responden yang digunakan sebagai sampel berjumlah orang, di mana pemilihan responden dilakukan dengan metode stratified random sampling

12 Alhasil  Dari Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan pada responden itu, diketahui bahwa hanya 21,84 persen penduduk Indonesia yang tergolong well literate. Hal ini berarti 22 orang dari 100 orang yang disurvei memiliki pengetahuan yang baik tentang lembaga keuangan serta produk dan jasanya.  Termasuk juga manfaat, risiko serta hak dan kewajibannya. Sementara sisanya sufficient literate (75,69 persen), less literate (2,06 persen), dan not literate (0,41 persen).

13 Program Literasi di Indonesia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Asosiasi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dari seluruh industri keuangan rencana nya besok tepatnya tanggal 19 Nopember 2013 di Jakarta akan meluncurkan program Strategi Nasional Literasi Keuangan. Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan, peluncuran program literasi keuangan ini akan diselenggarakan pada 19 November 2013 di JHCC Jakarta. Selain itu, OJK juga akan memperkenalkan Mobil Literasi Keuangan (Si Molek), maskot dan jargon literasi keuangan (SiKAPI Uang dengan Bijak), serta mini website dan Financial Customer Care (FCC) di nomor OJK.


Download ppt "YOUTH FINANCE INDONESIA by Yusron Ilham. Apa itu literasi keuanganApa itu literasi keuangan?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google