Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANGKAT LUNAK APLIKASI Pertemuan 1 VISKA ARMALINA, ST., M.Eng.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANGKAT LUNAK APLIKASI Pertemuan 1 VISKA ARMALINA, ST., M.Eng."— Transcript presentasi:

1 PERANGKAT LUNAK APLIKASI Pertemuan 1 VISKA ARMALINA, ST., M.Eng

2 TATA TERTIB  Toleransi keterlambatan 15 menit, kalau ada urusan yang memungkinkan Anda terlambat, harap SMS konfirmasi alasan terlambat/Ijin ke dosen SEBELUM jam kuliah dimulai, jangan lupa tuliskan nama ketika SMS.  Jika lebih dari 15 menit terlambat TANPA pemberitahuan, terima konsekuensi keterlambatan dari dosen (bisa dpt tugas tambahan/dilarang masuk kelas).  Tidak ada dering HP  setting getar/silent.

3 PENILAIAN Kehadiran (termasuk keaktifan di kelas): 10% Tugas Individu : 15% Quiz: 20% UTS: 25% UAS: 30%

4  DOWNLOAD MODUL KULIAH : viska.web.id  SMS : (hanya akan direspon maksimal jam WITA)  untuk mengirim tugas:

5 Apa Itu Perangkat Lunak Aplikasi?  Perangkat lunak (software) berdasar fungsinya ada 2: - Perangkat lunak aplikasi - Perangkat lunak sistem  Program yang didesain untuk membantu pengguna supaya dapat lebih produktif atau membantu dengan tugas-tugas khusus.  Contoh perangkat lunak aplikasi dasar diantaranya adalah :browser, pengolah kata, lembar kerja, pengolah grafik, game,dll.

6 Tipe Perangkat Lunak Aplikasi a. Customized application software – perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan/industri tertentu. b. Package application software – perangkat lunak yang sudah merupakan paket dari vendor (perusahaan). Umumnya dijual di toko-toko untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.

7 MICROSOFT WORD

8 Apa itu Microsoft Word???  Salah satu program dari Microsoft Office, yang termasuk dalam kategori word processing atau program pengelolahan kata.  Microsoft Word 2013 merupakan pengembangan dari Ms.Word versi sebelumnya, seperti: Ms.Word 6.0, Ms.Word 7.0, Ms.Word 2003, Ms.Word 2007, Ms.Word 2010.

9 Fungsi Microsoft Word

10 PERBEDAAN Ms.Word 2003, 2007 dan 2010 (1) Ms.Word 2003Ms.Word 2007Ms.Word 2010 Lebih mudah digunakan Sedikit lebih sulit karena orang-orang sudah terbiasa dengan word 2003 Lebih sulit karena programnya lebih tinggi dari word 2007 Fasilitasnya kurang lengkap Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya. Fasilitas sangat lengkap Save as yang dimiliki masih simple, dan terkesan apa adanya. Dapat menyimpan file dengan pilihan word document, word template, word document Dapat menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Ukuran file lebih besar. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.

11 PERBEDAAN Ms.Word 2003, 2007 dan 2010 (2) Ms.Word 2003Ms.Word 2007Ms.Word 2010 Tidak bisa menggunakan equation untuk menulis rumus. Ada fasilitas untuk menggunakan equation untuk menulis rumus. Default format dlm btk.doc, tdk bs membaca format utk ms.word 2007 Default format.docx dan dpt membaca smua jenis format file dr versi yg ada. Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.

12 Perbandingan (1)  Dari Word 2003, tampilannya masih menggunakan menu bar dan toolbar yang ada di sisi atas dan bawah. Dan digunakan juga oleh aplikasi office lainnya, seperti OpenOffice dan juga Kingsoft Office Kingsoft Office  Pada Office 2007, Microsoft memperkenalkan tampilan Ribbon..  Microsoft Office 2010 dan tetap mempertahankan Ribbon. Dengan sedikit perubahan dan penambahan beberapa fitur dan sangat mirip dengan Office 2007.

13 Perbandingan (2)  Dengan Office 2013, Ribbon tetap ada. Namun, tampilannya sangat berubah karena menggunakan Windows 8-style user interface, yang dikenal dengan nama Metro atau Modern dan ditambahkan beberapa fitur baru.

14 Bagian-bagian Ms. Word 2013 (1)

15 Bagian-bagian Ms. Word 2013 (2) 1.Quick Access Toolbar Berisi tombol-tombol untuk jalan pintas dari pemanggilan perintah-perintah tertentu. Baris ini mengelompokkan tombol-tombol yang akan sering digunakan, seperti membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, dan mencetak dokumen. 2.Title Bar Menunjukkan nama dokumen dan nama program yang sedang djalankan.

16 Bagian-bagian Ms. Word 2013 (3) 3. Menu Bar Merupakan tempat kumpulan perintah perintah dalam susunan tertulis. Di dalamnya terdiri dari kumpulan perintah- perintah untuk mengatur huruf, ukuran huruf, memasukkan gambar, memberikan nomor halaman, membuat tabel dan lain-lain. 4. Scroll Bar Sebuah kotak yang terdapat pada sisi layar dan dapat digeser ke atas-ke bawah atau ke-kiri ke-kanan untuk membantu kita menemukan bagian yang tersembunyi dalam dokumen.

17 Bagian-bagian Ms. Word 2013 (4) 5. Document Information Menunjukkan jumlah dan letak halaman dari dokumen yang sedang kita gunakan. Document information juga menunjukkan jumlah kata yang terdapat dalam dokumen tersebut. 6. Zoom Tools Bagian dari tampilan jendela microsoft Word yang digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan ukuran kertas atau area yang sedang digunakan.

18 Bagian-bagian Ms. Word 2013 (5) 7.Windows Control Terdapat pada bagian sisi kiri atas jendela, pada umumnya terdapat tiga tombol yaitu minimize, restore dan close yang berguna untuk menonaktfkan tampilan jendela, merubah ukuran tampilan jendela microsoft word dan untuk menutup tampilan jendela miscrosoft word. 8. Text Area Bagian atau lembar kerja dimana kita menuliskan kata-kata atau gambar yang akan diolah.

19 Fitur-fitur baru pada Microsoft Word 2013 (1) 1.Live Layout And Alignment Guides Biasanya, kita harus mengklik gambar dan mengatur alignmentnya. Pada Ms. Word 2013, cukup klik dan drag saja, gambar akan otomatis menyesuaikan diri dengan paragraf di dokumen.

20 Fitur-fitur baru pada Microsoft Word 2013 (2) 2.Collaborate in simple markup view Berkolaborasi dengan penulis lainnya dibuat menjadi lebih mudah, dengan berbagai peningkatan fitur, seperti dukungan Cloud dan di dokumen, ditambahkan fitur "Comment" untuk bisa memberikan komentar dan juga melihat komentar dari penulis lainnya.

21 Fitur-fitur baru pada Microsoft Word 2013 (3) 3. Insert online pictures and videos Dengan Word 2013, anda bisa menambahkan gambar dari internet. Anda juga bisa menambahkan Video untuk dokumen anda. Biasanya, anda harus menyimpannya dulu ke hard drive, barulah anda copy dan paste ke Word.

22 Fitur-fitur baru pada Microsoft Word 2013 (3) 3. Read Mode Anda bisa melihat dokumen dan membaca dokumen dengan leluasa. Anda dapat mengakses Read Mode dengan cara klik View > Read mode. Fitur ini sangat berguna bagi anda yang memiliki Tablet untuk memudahkan melihat dokumen.

23 Kelemahan Ms. Word 2013 (1)  Seperti tampilannya yang serba "kotak-kotak", yang mungkin anda tidak menyukainya. Jika anda menggunakan Tablet, walaupun tampilan Word 2013 sangat cocok untuk Touchscreen, anda pasti akan menemukan beberapa kesulitan dalam melakukan tap dengan jari.  Di dunia, 41% orang masih menggnakan Windows XP. Sedangkan Office 2013 tidak mendukung Windows XP atau Windows Vista. Jika anda pengguna Windows XP, anda harus menggunakan Office 2010 atau memakai software office lainnya.

24 Kelemahan Ms. Word 2013 (2)  Untuk masalah hardware, Office 2013 mengharuskan anda untuk memiliki komputer dengan prosesor 1 GHz atau lebih dual core CPU (x86 atau x64), I GB RAM (Di versi Office sebelumnya 256 MB untuk Word 2010) dan 3 GB Hard disk space. System Requirements diatas lebih tinggi daripada versi Office sebelumnya, sehingga bagi anda yang memiliki komputer yang lama, anda tidak bisa menggunakannya.

25 Penutup  Microsoft versi 2013 ini sangatlah cepat, efisien, dan terintegrasi dengan SkyDrive.  Sky drive  layanan cloud computing/komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui Web atau perangkat tertentu.

26 Referensi   microsoft-office-word.html


Download ppt "PERANGKAT LUNAK APLIKASI Pertemuan 1 VISKA ARMALINA, ST., M.Eng."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google