Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 0 SOURCE CODE ALGORITMA MASALAH dan SOLUSI RUN EXECUTABLE CODE MASALAHHASIL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 0 SOURCE CODE ALGORITMA MASALAH dan SOLUSI RUN EXECUTABLE CODE MASALAHHASIL."— Transcript presentasi:

1 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 0 SOURCE CODE ALGORITMA MASALAH dan SOLUSI RUN EXECUTABLE CODE MASALAHHASIL

2 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 1 ALGORITMA  Algoritma urutan langkah-langkah yang logis utuk memecahkan masalah  Kata algoritma diambil dari nama seorang ilmuwan Persia Abu Ja’far Mohammed Ibn Mûsâ al-Khowârizmî menulis buku berjudul Kitab Al jabr w’al- muqabala (rules of restoration and reduction, pada sekitar tahun 825).

3 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 2 JENIS PROSES ALGORITMA  Sequence, runut Langkah kedua dikerjakan setelah mengerjakan langkap pertama  Selection, pemilihan Jika syarat terpenuhi maka kerjakan proses X Jika syarat tidak terpenuhi maka kerjakan proses Y  Iteration, pengulangan Proses dikerjakan berulang kali sampai kondisi tidak memenuhi

4 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 3 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Terminal, mengawali atau mengakhiri rangkaian proses Input/Output, membaca masukan atau menampilkan keluaran Process, mengolah Decision, memeriksa kondisi Connector, menggabung proses

5 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 4 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Start A C D Stop SELECTION PEMILIHAN B Ya Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses D ATAU Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses D

6 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 5 NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Start A C Stop SELECTION PEMILIHAN B Ya Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses D Ke-4: Proses E Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses E D E

7 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 6 NOTASI ALGORITMA (PSEUDOCODE) Masukan Keluaran Pemberian nilai Pemilihan input, read, get, key-in print, write, display   if else endif if else endif if endif if endif

8 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 7 POTONGAN HARGA SUSU Toko Indo April memberi potongan harga susu 20%, maksimum 3 kaleng atau kotak. Berapa uang yang harus dibayar pembeli? Keluaran ? Masukan ? Jumlah yang dibeli Harga sekaleng Uang yang harus dibayar Jumlah, Harga Algoritma Bayar Flowchart Pseudodcode Kode Maya

9 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 8 Potongan 20%, maksimum 3. Start Read HRG, JML BYR= JML*HRG*0.8 Stop JML  3 A Ya BYR= 3*HRG*0.8 + (JML-3)*HRG Print BYR A POTONGAN HARGA SUSU

10 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 9 PSEUDOCODE input harga, jumlah if jumlah <= 3 bayar  jumlah * harga * 0.8 else bayar  (3 * harga * 0.8) + (jumlah – 3) * harga endif print bayar Potongan 20%, maksimum 3. POTONGAN HARGA SUSU

11 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 10 Potongan 20%, maksimum 3. KODE MAYA baca harga, jumlah jika jumlah <= 3 bayar  jumlah * harga * 0.8 selain itu bayar  (3 * harga * 0.8) + (jumlah – 3) * harga akhir jika cetak bayar POTONGAN HARGA SUSU

12 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 11 SYARAT ALGORITMA 1.Finiteness Algoritma harus berakhir, terminate, halt 2.Definiteness Langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan tidak ambiguous 3.Input Algoritma memerlukan masukan untuk diolah 4.Output Algoritma memberi hasil keluaran 5.Effectiveness Langkah algoritma dikerjakan dalam waktu yang wajar

13 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 12 PEMECAHAN MASALAH A.Definisi masalah B.Membuat model C.Merancang algoritma D.Menulis program E.Kompilasi program F.Run dan hasil G.Dokumentasi

14 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 13 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH DEFINISI MASALAH DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGO TULIS PROGRAM COMPILE S.Err RUN O.Err DOKU- MENTASI Y Y

15 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 14 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH MASALAH Berapa besarnya biaya untuk memasang keramik pada suatu kamar belajar? DATA YANG DIPERLUKAN Bentuk ruangan ? Ukuran ruangan ? Ukuran keramik ? Harga keramik ? Upah kerja ? Persegi panjang pj ruang dan lb ruang pj krmik dan lb krmik harga perbox, keping perbox upah permeter

16 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 15 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH MODEL PERHITUNGAN hitung kebutuhan keramik hitung upah kerja total biaya = biaya krmik + upah kerja

17 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 16 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH get pj_ruang, lb_ruang get pj_krmik, lb_krmik get harga_perbox, keping_perbox get upah_permeter krmik_sisi_pj  pj_ruang \ pj_krmik krmik_sisi_lb  lb_ruang \ lb_krmik jml_krmik  krmik_sisi_pj * krmik_sisi_lbr jml_cadang  5% * jml_krmik total_krmik  jumlah_krmik + jumlah_cadang biaya_krmik  total_krmik \ keping_perbox * harga_perbox biaya_upah  pj_ruang * lb_ruang / upah_permeter total_biaya  biaya_krmik + biaya_upah print total_biaya masukan proses keluaran

18 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 17 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH # include void main() { int pj_ruang, lb_ruang, pj_krmik, lb_krmik, keping; float harga, upah, bea_krmik, bea_upah; int sisi_pj, sisi_lb, butuh; scanf("%d %d", &pj_ruang, &lb_ruang); scanf("%d %d", &pj_krmik, &lb_krmik); scanf("%f %d %f", &harga, &keping, &upah); sisi_pj = ceil(pj_ruang / pj_krmik); sisi_lb = ceil(lb_ruang / lb_krmik); butuh = ceil (sisi_pj * sisi_lb * 1.05); bea_krmik = butuh / keping * harga; bea_upah = pj_ruang * lb_ruang * upah / 10000; printf("bea keramik = %.0f \n", bea_krmik); printf("bea upah = %.0f \n", bea_upah); printf("total bea = %.0f", bea_krmik + bea_upah); }

19 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 18 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH # include void main() { int pj_ruang, lb_ruang, pj_krmik, lb_krmik, keping; float harga, upah, bea_krmik, bea_upah; int sisi_pj, sisi_lb, butuh; scanf("%d %d", &pj_ruang, &lb_ruang); scanf("%d %d", &pj_krmik, &lb_krmik); scanf("%f %d %f", &harga, &keping, &upah); sisi_pj = ceil(pj_ruang / pj_krmik); sisi_lb = ceil(lb_ruang / lb_krmik); butuh = ceil (sisi_pj * sisi_lb * 1.05); bea_krmik = butuh / keping * harga; bea_upah = pj_ruang * lb_ruang * upah / 10000; printf("bea keramik = %.0f \n", bea_krmik); printf("bea upah = %.0f \n", bea_upah); printf("total bea = %.0f", bea_krmik + bea_upah); } Function ‘ceil’ should have a prototype ERROR

20 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 19 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH # include void main() { int pj_ruang, lb_ruang, pj_krmik, lb_krmik, keping; float harga, upah, bea_krmik, bea_upah; int sisi_pj, sisi_lb, butuh; scanf("%d %d", &pj_ruang, &lb_ruang); scanf("%d %d", &pj_krmik, &lb_krmik); scanf("%f %d %f", &harga, &keping, &upah); sisi_pj = ceil(pj_ruang / pj_krmik); sisi_lb = ceil(lb_ruang / lb_krmik); butuh = ceil (sisi_pj * sisi_lb * 1.05); bea_krmik = butuh / keping * harga; bea_upah = pj_ruang * lb_ruang * upah / 10000; printf("bea keramik = %.0f \n", bea_krmik); printf("bea upah = %.0f \n", bea_upah); printf("total bea = %.0f", bea_krmik + bea_upah); } Success tambahkan

21 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 20 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH bea keramik = bea upah = total bea = bea keramik = bea upah = total bea =

22 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 21 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH # include void main() { float pj_ruang, lb_ruang, pj_krmik, lb_krmik; float harga, keping, upah; float sisi_pj, sisi_lb, butuh, bea_krmik, bea_upah; scanf("%f %f", &pj_ruang, &lb_ruang); scanf("%f %f", &pj_krmik, &lb_krmik); scanf("%f %f %f", &harga, &keping, &upah); sisi_pj = ceil(pj_ruang / pj_krmik); sisi_lb = ceil(lb_ruang / lb_krmik); butuh = ceil (sisi_pj * sisi_lb * 1.05); bea_krmik = ceil(butuh / keping) * harga; bea_upah = pj_ruang * lb_ruang * upah / 10000; printf("bea keramik = %.0f \n", bea_krmik); printf("bea upah = %.0f \n", bea_upah); printf("total bea = %.0f", bea_krmik + bea_upah); } Success

23 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 22 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH bea keramik = bea upah = total bea = bea keramik = bea upah = total bea = bea keramik = bea upah = total bea = bea keramik = bea upah = total bea = 80000

24 ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 23 SIKLUS PEMECAHAN MASALAH OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO // menghitung biaya pemasangan keramik # include void main() { float pj_ruang, lb_ruang, pj_krmik, lb_krmik; float harga, keping, upah; float sisi_pj, sisi_lb, butuh, bea_krmik, bea_upah; scanf("%f %f", &pj_ruang, &lb_ruang); scanf("%f %f", &pj_krmik, &lb_krmik); scanf("%f %f %f", &harga, &keping, &upah); sisi_pj = ceil(pj_ruang / pj_krmik); sisi_lb = ceil(lb_ruang / lb_krmik); butuh = ceil (sisi_pj * sisi_lb * 1.05); bea_krmik = ceil(butuh / keping) * harga; bea_upah = pj_ruang * lb_ruang * upah / 10000; printf("bea keramik = %.0f \n", bea_krmik); printf("bea upah = %.0f \n", bea_upah); printf("total bea = %.0f", bea_krmik + bea_upah); } OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO


Download ppt "ALGORITMA dan STRUKTUR DATA: Bahasa C Pendahuluan 0 SOURCE CODE ALGORITMA MASALAH dan SOLUSI RUN EXECUTABLE CODE MASALAHHASIL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google