Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dasar- Dasar Algoritma. Struktur Sistem Komputer :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dasar- Dasar Algoritma. Struktur Sistem Komputer :"— Transcript presentasi:

1 Dasar- Dasar Algoritma

2 Struktur Sistem Komputer :

3 Siklus Hidup Perangkat Lunak Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian software dan di bagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program.)

4 Algoritma : Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala ( rules of restoration and reduction ) sekitar tahun 825 M

5 Defenisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

6 Contoh : Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah :  Menulis surat  Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup  Amplop ditempeli perangko secukupnya  Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkan nya

7 Algoritma menghitung luas persegi panjang:  Masukkan panjang (P)  Masukkan lebar (L)  L = P * L  Tulis L Contoh :

8 Definisi Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Algoritma TUKAR ISI BEJANA Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. DESKRIPSI : – Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B – Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.

9 Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua larutan tersebut. Untuk mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut :

10 Algoritma Tukar Isi Bejana Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. DESKRIPSI : 1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C. 2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A. 3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.

11 Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas). Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan. Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran. Algoritma harus efektif (setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal). Ciri Penting Algoritma

12 Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien Pelaksana algoritma adalah Komputer. Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara : manusia memberikan perintah-perintah kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang disebut program

13 Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaian masalah dengan komputer perlu merumuskan langkah langkah penyelesaian masalah dalam sekumpulan instruksi. Sekumpulan instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut dengan program

14 Alat yang digunakan untuk membuat program tersebut adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman dapat dikategorikan dalam :  Bahasa tingkat tinggi [HLL] : PASCAL, C, Java, PHP, ASP  Bahasa tingkat menengah[MLL] : Assembly  Bahasa tingkat rendah [LLL] : Machine Code Dari berbagai bahasa pemrograman cara memberikan instruksinya berbeda-beda namun bertujuan menghasilkan output yang sama

15 Bahasa Pemrograman : Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (biner) menggunakan p enterjemah. Interpreter : Menterjemahkan baris per baris instruksi [Bahasa Basic] Compiler Menterjemahkan setelah seluruh instruksi di tulis [Pascal, C]

16 Belajar memprogram adalah belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami. Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya untuk membuat program yang ditulis dalam bahasa itu saja. Memprogran dan Bahasa Permograman

17 Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman Notasi Algoritma

18 Contoh Algoritma Kelulusan_mhs Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinya takan lulus. jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tida k lulus. DESKRIPSI : baca nama dan nilai mahasiswa. jika nilai >= 60 maka keterangan = lulus tetapi jika keterangan = tidak lulus. tulis nama dan keterangan Notasi algoritma : Uraian kalimat deskriptif (narasi)

19 Algoritma Kelulusan_mhs {diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus jika tidak maka dinyatakan tidak lulus} DEKLARASI : Nama : string Nilai : integer Keterangan : string DESKRIPSI : read (nama, nilai) if nilai >= 60 then keterangan = ‘lulus’ else keterangan = ‘tidak lulus’ write(nama, keterangan) Notasi algoritma : PseudoCode

20 Notasi Algoritma : Flow Chart Digunakan untuk menunjuk kan awal dan akhir progra m Digunakan untuk memberik an nilai awal (inisial) pada s uatu variabel atau counter Digunakan untuk proses, p engolahan arithmatik, dan p emindahan data Digunakan untuk mewakili operasi perbandingan logik a yang dibutuhkan pada Se lection dan Looping Digunakan untuk proses yang detailnya dijelaskan terpisah, misalkan untuk menyatakan prosedur, at au sub program Digunakan untuk hubunga n arus proses yang terput us masih di halaman yang sama Digunakan untuk hubung an arus proses yang terp utus di halaman yang ber beda Digunakan untuk menghu bungan antar simbol/elem en yang lain dan sekaligu s menyatakan arah aliran Digunakan untuk menyatakan operasi memasukkan data/inp ut dan menampilkan data/outp ut

21 Susun: Diagram Alir Kelulusan Mahasiswa

22 Judul algoritma Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut. Deklarasi Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedur dan fungsi. Deskripsi Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya Aturan Penulisan Algoritma

23 Algoritma Luas_Kell_Lingkaran {<- ini judul algoritma} {menghitung luas dan keliling lingkaran untuk ukuran jari-jari tertentu. Algoritma menerima masukan jari-jari lingkaran, menghitung luas dan kelilingnya, dan mencetak luas lingkaranke piranti keluaran <- ini spesifikasi algoritma} DEKLARASI : const phi = 3.14 {nilai ? } R : real {jari-jari lingkaran} Luas : real {luas lingkaran} Keliling : real {keliling lingkaran} DESKRIPSI : read (R) Luas <- phi * R *R Keliling <- 2 * phi * R write(luas, keliling)


Download ppt "Dasar- Dasar Algoritma. Struktur Sistem Komputer :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google