Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam sebuah algoritma. Langkah-langkah di dalam algoritma harus logis, ini berarti hasil dari urutan langkah- langkah tersebut harus dapat ditentukan, benar atau salah. Langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.

3 Algoritma Tukar Isi Bejana: Diberikan dua buah bejana, A dan B; bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. Deskripsi: Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.

4 Tahapan Pelaksanaan Program Oleh Komputer Algoritma di translasikan menjadi program dalam bahasa tingkat tinggi. Selanjutnya, program dikompilasi dan diterjemahkan menjadi program dalam bahasa mesin dan di-link dengan berkas library. Instruksi dalam bahasa mesin diinterpretasikan oleh CPU. Operasi yang bersesuaian dengan setiap instruksi dilaksanakan.

5 Ilustrasi...

6 Notasi Algoritma Notasi I: menyatakan langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif Algoritma EUCLIDEAN Diberikan dua buah bilangan bulat tak-negatif m dan n (m ≥ n). carilah pembagi bersama terbesar, pbt, dari kedua bilangan tersebut, yaitu bilangan bulat positif terbesar yang habis membagi m dan n. Deskripsi: 1Jika n = 0 maka m adalah jawabannya; Stop. Tetapi jika m ≠ 0, lanjutkan ke langkah 2 2 Bagilah m dengan n dan misalkan r adalah sisanya. 3 ganti nilai m dengan nilai n dan nilai n dengan nilai r, lalu ulang kembali ke langkah 1.

7 Notasi II: menggunakan diagram alur (Flow chart)

8 Notasi III: menggunakan Pseudo-code Algoritma EUCLIDEAN {Dibaca dua buah bilangan bulat tak-negatif m dan n (m≥n). carilah pembagi bersama terbesar, pbt, dari kedua bilangan tersebut, yaitu bilangan bulat positif terbesar yang habis membagi m dan n.} DEKLARASI: m, n : integer{bilangan bulat yang akan dicari pbt-nya} r : integer {sisa hasil bagi} DESKRIPSI: read (m,n){m ≥ n} while n ≠ 0 do r  m MOD n{hitung sisa hasil pembagian} m  n n  r endwhile {kondisi selesai pengulangan: n= 0, maka pbt(m,n) = m} write(m) Kata-kata yang digarisbawahi menyatakan kata-kata kunci untuk setiap notasi pseudo- code yang digunakan.

9 Proses, Instruksi, dan Aksi Pada dasarnya, sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses. Tiap langkah instruksi tersebut mengerjakan suatu tindakan (aksi). Bila suatu aksi dilaksanakan, maka sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksi itu dikerjakan oleh pemroses. Efek dari pengerjaan suatu aksi dapat diamati dengan membandingkan keadaan pada saat aksi belum dimulai, dan keadaan pada saat aksi selesai dikerjakan.

10 Top Down Desain Tahap-tahap penyusunan algoritma seringkali dimulai dari langkah yang global lebih dahulu. Langkah global ini diperhalus samapai langkah yang lebih rinci. Pendekatan desain algoritma seperti ini dinamakan Top-Down design

11 Struktur Dasar Algoritma sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar, yaitu: – Runtunan (sequence). – Pemilihan (selection). – Pengulangan (repetition).

12 Runtunan – Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yakni sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma. Bila urutannya diubah, maka hasil akhir mungkin juga berubah.

13 Pemilihan If-then If-then-else If-then-else-if

14 Pengulangan Pernyataan for For pencacah := nilai_awal to nilai_akhir do Aksi Pernyataan repeat-until Repeat Aksi Until kondisi Pernyataan while-do While kondisi do Aksi

15 Latihan Buatlah algoritma dengan notasi deskriptif dengan masalah sbb: Buatlah algoritma untuk meminta masukan tiga bilangan dari pengguna kemudian menampilkan bilangan terkecil sekaligus bilangan terbesar di antara ketiga bilangan tersebut.


Download ppt "Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google