Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rapat Kerja FPIK, 17-18 Februari 2012 Carita PS ILMU KELAUTAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rapat Kerja FPIK, 17-18 Februari 2012 Carita PS ILMU KELAUTAN."— Transcript presentasi:

1 Rapat Kerja FPIK, Februari 2012 Carita PS ILMU KELAUTAN

2 L A T A R B E L A K A N G

3 V I S I DAN M I S I

4 TUJUAN PENDIDIKAN Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dalam konsep dan penerapan IPTEKS dalam bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya hayati laut. TUJUAN PENDIDIKAN Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dalam konsep dan penerapan IPTEKS dalam bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya hayati laut. TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI SASARAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN 1.Terwujudnya program studi ilmu kelautan yang unggul dalam bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya hayati laut melalui kepemilikan fasilitas perkuliahan dan laboratorium yang memadai; 2.Terwujudnya proses belajar mengajar yang kondusif dan sejalan dengan kurikulum yang berlaku serta pedoman penyelenggaraan pendidikan; 3.Terwujudnya standar kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan melalui pendidikan lanjut, pelatihan, seminar dan berbagai kegiatan akademik lainnya; 4.Terwujudnya program studi yang mampu mengembangkan kerjasama dengan institusi lain yang relevan ditingkat nasional dan internasional; SASARAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN 1.Terwujudnya program studi ilmu kelautan yang unggul dalam bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya hayati laut melalui kepemilikan fasilitas perkuliahan dan laboratorium yang memadai; 2.Terwujudnya proses belajar mengajar yang kondusif dan sejalan dengan kurikulum yang berlaku serta pedoman penyelenggaraan pendidikan; 3.Terwujudnya standar kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan melalui pendidikan lanjut, pelatihan, seminar dan berbagai kegiatan akademik lainnya; 4.Terwujudnya program studi yang mampu mengembangkan kerjasama dengan institusi lain yang relevan ditingkat nasional dan internasional;

5 K O M P E T E N S I Konservasi dan Pemanfaatan Sumberdaya Hayati Laut 1. Bidang Konservasi Sumberdaya Hayati Laut Kompetensi Utama: a.Mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengkaji potensi sumberdaya hayati laut. b.Mampu menerapkan teknik perlindungan biota laut yang terancam kelestariannya c.Mampu melakukan rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut d.Mampu mengelola kawasan konservasi laut Kompetensi Pendukung: a.Mampu melakukan survei potensi sumberdaya hayati dan non hayati laut untuk pemanfaatan yang berkelanjutan. b.Mampu menerapkan teknologi sistem informasi geografis untuk pemetaan dan analisis sumberdaya hayati laut. c.Mampu mengidentifikasi potensi jasa-jasa lingkungan pesisir dan laut yang menunjang konservasi. d.Mampu menyusun rencana pengelolaan tata ruang wilayah pesisir dan laut yang berbasis konservasi. e.Mampu menganalisis kualitas lingkungan pesisir dan laut.

6 2. Bidang Pemanfaatan Sumberdaya Hayati Laut Kompetensi Utama: a.Mampu memanfaatkan sumber daya hayati laut sebagai produsen senyawa aktif. b.Mampu menggunakan teknik bioteknologi dalam pengelolaan konservasi kawasan pesisir dan laut 3. Kompetensi Pendukung: a.Mampu melakukan teknik ekstraksi dan isolasi bahan-bahan alam. b.Mampu melakukan teknologi bioproses sumberdaya hayati laut. c.Mampu melakukan metode standardisasi bahan baku dan sediaan bahan hayati laut. d.Mampu menganalisis aspek dinamika laut untuk menunjang pemanfaatan Sumber Daya Hayati.

7 S T R U K T U R K U R I K U L U M Berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas nomor 045/U/2002. Pasal 3 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi, Kurikulum inti suatu program studi bersifat : a. Dasar untuk mencapai kompetensi lulusan; b. Acuan baku minimal mutu penyelenggaraan program studi; c. Berlaku secara nasional dan internasional; d. Lentur dan akomodatif terhadap perubahan yang sangat cepat di masa datang; e. Kesepakatan bersama antara kalangan perguruan tinggi, masyarakat profesi, dan pengguna lulusan. Oleh karena itu Kurikulum Inti untuk Program Studi Ilmu Kelautan berdasarkan konsensus Forum Dekan FPIK seluruh Indonesia yaitu Kurikulum Inti untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang telah disepakati menurut Forum Dekan, masing-masing Fakultas di Perguruan Tinggi dapat mengadopsi minimal 70 persen (setara dengan 39 SKS).

8

9 Berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor 045/U/2002 Pasal 2 ayat 2 maka mata kuliah dikelompokkan menjadi elemen-elemen kompetensi yang terdiri atas : Jumlah Mata Kuliah = 55 Jumlah SKS = 144 Jumlah Mata Kuliah = 55 Jumlah SKS = 144 Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

10

11 Terima Kasih…. Carita punya Cerita


Download ppt "Rapat Kerja FPIK, 17-18 Februari 2012 Carita PS ILMU KELAUTAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google