Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH J. LEWERISSA. Jenis Dan Warna Kabel PSU Jenis Power Supply Secara fisik jenis power supply terdiri atas 2 bagian, yaitu: Power Supply AT → Konektor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH J. LEWERISSA. Jenis Dan Warna Kabel PSU Jenis Power Supply Secara fisik jenis power supply terdiri atas 2 bagian, yaitu: Power Supply AT → Konektor."— Transcript presentasi:

1 OLEH J. LEWERISSA

2 Jenis Dan Warna Kabel PSU Jenis Power Supply Secara fisik jenis power supply terdiri atas 2 bagian, yaitu: Power Supply AT → Konektor yang terdiri dari 12 pin Power Supply ATX → Konektor yang terdiri dari 20 pin

3 Perbedaan diantara ke- 2 jenis power supply ini adalah power supply ATX status on dan offnya diatur oleh melalui motherboard serta oleh operating system.Dimana apabila operating system pada PC di shut down maka power supply secara otomatis akan non aktif ( off ).Sedangkan PC yang menggunakan power supply AT status on atau offnya diatur melalui saklar yang pada salah satu kabel pada power supply tersebut.Dan apabila operating system dishut down maka power supply tidak akan off secara otomatis.

4 Warna Kabel Pada Power Supply Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti : Motherboard Harddisk Floppy Disk Drive CD – ROM

5 Kebanyakan power supply tidak lagi menggunakan konektor AT ( 12 pin ) namun telah menerapkan konektor ATX ( 20 pin / 24 pin ) Warna kabel powersupply dibuat berwarna-warni untuk menunjukkan besarnya tegangan PINVOLTASE (V)WARNA STANDARD 1+3,3Orange 2+3,3Orange 3GroundHitam 4+5Merah 5GroundHitam 6+5Merah 7GroundHitam 8+5Abu-Abu 9+5Ungu 10+12Kuning 11+3,3Orange 12-12Biru 13GroundHitam 14PS onHijau 15GroundHitam 16GroundHitam 17GroundHitam 18-5Putih 19+5Merah 20+5Merah

6 Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Power supply yang berkualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk. Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling). Dilengkapi dengan minimal sebuah kipas.

7 Konektor 20 pin ATX 20 pin konektor ATX yang memasukkan ke dalam sebuah motherboard atx. Jika motherboard Anda memiliki slot untuk 20 pin konektor yang diperlukan untuk Motherboard. Konektor 24 pin ATX Beberapa motherboard memerlukan 24 pin ATX Connector. Daya pada power supply 430W dan 500W, baik dengan 20 dan 24 pin konektor. Molex Connector Ini adalah IDE konektor yang pasokan daya ke hard drive dan cdroms. Konektor floppy The 4 pin konektor floppy pasokan daya ke floppy drive yang dapat di komputer Anda. Konektor Aux Look pada motherboard dan lihat apakah ada slot yang menerima 6 pin konektor Aux. Jika ada slot untuk itu maka kemungkinan anda akan membutuhkannya. Konektor SATA Hard drive dan perangkat lain dengan konektor sata. Jika Anda memiliki perangkat komputer dengan koneksi sata maka anda yang membutuhkan power supply dengan konektor sata. Salah satunya adalah XPower 550 Watt Power Supply.

8 TERIMAH KASIH


Download ppt "OLEH J. LEWERISSA. Jenis Dan Warna Kabel PSU Jenis Power Supply Secara fisik jenis power supply terdiri atas 2 bagian, yaitu: Power Supply AT → Konektor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google