Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

‘This PowerPoint presentation has been produced by Jonathan Petersen at Coffs Harbour CCS with funds provided by the Australian Government through the.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "‘This PowerPoint presentation has been produced by Jonathan Petersen at Coffs Harbour CCS with funds provided by the Australian Government through the."— Transcript presentasi:

1 ‘This PowerPoint presentation has been produced by Jonathan Petersen at Coffs Harbour CCS with funds provided by the Australian Government through the School Languages Program’.

2 KUNJUNGAN KE CANDI BOROBUDUR

3 Candi Borobudur adalah candi Budha yang terbesar di Indonesia. Candi itu dibangun pada abad ke-9. Bangunan candi ini tidak memakai semen, hanya batu. Ini jalan menuju ke candi.

4 Borobudur terletak kira-kira satu jam dari Yogyakarta. Mengapa orang Indonesia memakai payung walaupun tidak hujan? Banyak pedagang menyewakan payung kepada pengunjung. Ongkosnya Rp10,000. Cukup murah!

5 Ada banyak sekali siswa yang mengunjungi Borobudur supaya bisa bertemu orang bule untuk berlatih berbicara Bahasa Inggris. Menurut Anda, siswa-siswa di foto ini beragama apa? Bagaimana Anda tahu?

6 Jadi, apa keuntungan-keuntungan pengunjung lokal ke candi Borobudur? Diskusikan!

7 Pemandangan dari atas candi luar biasa indahnya. Borobudur dikelilingi oleh dua gunung kembar: Gunung Merapi dan Merbabu, dan Gunung Sumbing dan Sindoro. Lihatlah pemandangan yang sangat hijau di mana-mana.

8 Candi Borobudur bertingkat-tingkat. Di tingkat paling atas ada stupa- stupa yang berbentuk seperti bel. Di dalam setiap stupa ada patung Budha. Orang percaya bahwa kalau bisa menyentuh patung itu pasti bernasib baik. Tentunya banyak turis bule bernasib baik. Mengapa begitu?

9 Walaupun Candi Borobudur besar sekali, candi ini pernah hilang selama beberapa abad. Ketika orang Jawa menjadi orang Islam, tidak lagi ada pemuja yang datang ke candi ini. Lama- kelamaan candi Borobudur ditutupi oleh pohon dan rumput tinggi sehingga tidak kelihatan.

10 Hari ini mendung. Oleh sebab itu lebih panas. Tapi, apa boleh buat? Setiap hari panas di Indonesia. Yang penting, jangan lupa membawa sebotol air.

11 Tangganya curam dan sempit. Orang-orang harus memegang susuran tangan. Pada hari-hari biasa tidak ada banyak orang. Bagi banyak orang Indonesia, hari Minggu adalah hari libur satu-satunya setiap minggu. Mengapa begitu?

12 Foto ini sangat menarik karena melukiskan perubahan agama di Indonesia. Ada bangunan apa di antara kedua stupa kecil ini? Jelaskan perubahan agama yang terjadi di Indonesia khususnya di pulau Jawa!

13 Hal unik dan indah yang bisa kita temui di Candi Borobudur adalah relief yang diukir di permukaan dinding di sepanjang lorong atau jalan kecil di setiap tingkat. Relief ini menceritakan ajaran-ajaran agama Budha.

14 Wisatawan dari beraneka-macam negara datang ke Candi Borobudur karena candi ini adalah candi Budha yang terbesar dan paling terkenal di Indonesia. Dewasa ini tidak banyak pemeluk agama Budha di Indonesia, kira-kira 1% saja dari penduduk Indonesia.


Download ppt "‘This PowerPoint presentation has been produced by Jonathan Petersen at Coffs Harbour CCS with funds provided by the Australian Government through the."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google