Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Created by : Febryana Rachmawati.  Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9.  Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Created by : Febryana Rachmawati.  Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9.  Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha."— Transcript presentasi:

1 Created by : Febryana Rachmawati

2  Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9.  Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

3  Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra.

4  Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang adalah putri dari Samaratungga.

5  Sedangkan arsitek yang berjasa membangun candi ini menurut kisah turun-temurun bernama Gunadharma.

6

7  Arti nama Borobudur yaitu "biara di perbukitan", yang berasal dari kata "bara" (candi atau biara) dan "beduhur" (perbukitan atau tempat tinggi) dalam bahasa Sansekerta.

8  Karena itu, sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini sejak dahulu digunakan sebagai tempat ibadat penganut Buddha.

9

10  Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari Yogyakarta

11  Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.

12 . Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama.  Di setiap stupa terdapat patung Buddha.

13


Download ppt "Created by : Febryana Rachmawati.  Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9.  Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google