Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARISTOBOLUS DAN NARKISUS KAM GPIB IMMANUEL JEMAAT BEKASI. 21 5 12.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARISTOBOLUS DAN NARKISUS KAM GPIB IMMANUEL JEMAAT BEKASI. 21 5 12."— Transcript presentasi:

1 ARISTOBOLUS DAN NARKISUS KAM GPIB IMMANUEL JEMAAT BEKASI

2 Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi. Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus. ( Roma 16 : 9 – 10 ). Latar belakang di mana, dalam hal apa, Apeles... tahan uji dalam Kristus tidak disebut secara rinci, tetapi Paulus tidak melupakan peristiwa itu....mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.

3 Ada kemungkinan besar bahwa Aristobulus ini adalah cucu dari Herodes Agung. Kalau benar, maka sama seperti "seluruh istana" sudah mendengar Injil Kristus pada waktu Paulus dipenjarakan di situ (Filipi 1:13) demikian juga Injil Kristus sudah menjangkau sebuah rumah tangga yang besar, tetapi Aristobulus sendiri tidak diberi salam, mungkin karena dia sudah meninggal, atau karena dia sendiri tidak percaya kepada Kristus.Filipi 1:13

4 Keluarga adalah bagian yang penting dalam dunia Yahudi dan juga dalam dunia Yunani - Romawi. Maka, tidak terlalu mengherankan bahwa keluarga memainkan suatu peran yang penting dalam pertumbuhan dan pembentukan karakter gerakan kristiani perdana. Gereja Yerusalam memecahkan roti, melanjutkan pengajaran di rumah-rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah (bdk. Kis. 2:46; 5:42; 12:12).

5 Ada dua kata yang digunakan dalam perjanjian Baru untuk keluarga dan untuk konsep-konsepnya yang terkait. Kata yang pertama adalah patria, yang berarti keluarga dari sudut pandang relasi historis, seperti garis keturunan. Kata ini dapat kita temukan dalam Luk 2:4. Dikatakan bahwa Yusuf berasal dari keluarga dan keturunan Daud - garis keturunan biologisnya. Kisah Para Rasul (Kis. 3:25) juga menggunakan istilah ini untuk menerjemahkan janji Allah kepada Abraham. Dijanjikan bahwa semua “keluarga”1 di muka bumi akan diberkati.

6 Kata yang kedua adalah oikos (plural: oikia). Kata ini jauh lebih umum daripada kata yang pertama. Kata ini dimengerti sebagai keluarga dalam arti rumah tangga. Dalam arti ini, kata oikos searti dengan kata bayit dalam Perjanjian Lama. Dalam dunia Yunani-Romawi, oikos (Latin:familia) dipahami sebagai sebuah unit sosial yang lebih luas. Unit sosial itu tidak hanya mencakup sanak keluarga sedarah, tetapi juga orang lain yang tidak sedarah seperti para budak, pekerja, dan orang-orang yang bersandar pada seorang kepala rumah tangga.

7 Keluarga adalah bagian yang penting dalam dunia Yahudi dan juga dalam dunia Yunani - Romawi. Maka, tidak terlalu mengherankan bahwa keluarga memainkan suatu peran yang penting dalam pertumbuhan dan pembentukan karakter gerakan kristiani perdana. Gereja Yerusalam memecahkan roti, melanjutkan pengajaran di rumah-rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah (bdk. Kis. 2:46; 5:42; 12:12).

8 Strategi misi Paulus melanjutkan babak baru yang dilakukan oleh Roh melalui Petrus, yakni membuka misi kepada orang-orang bukan Yahudi. Orang-orang bukan Yahudi yang terdiri dari satu atau beberapa keluarga itu dianggap sebagai sel yang penting bagi terbentuknya Gereja. Maka, pantaslah kalau kita mencatat beberapa keluarga berikut: keluarga usahawati Lidia, seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, dengan seisi rumahnya dibaptis (Kis. 16:15); keluarga penjaga penjara di Filipi (Kis 16:15, ); Stefanus, Krispus, Gayus di Korintus (1Kor 1:14-16; 16:15; Rom 16:23); keluarga Priskila dan Aquila, keluarga Onesimus di Efesus (1Kor 16:19; 2Tim 1:16; 4:19); Filemon di Kolose (Flm 1 dstnya); keluarga Nimfa di Laodikia (Kol 4:15 dstnya); dan Aristobolus, Narsisus, dan orang-orang lain di Rom (Rom. 16:10 dstnya).

9 NARKISUS Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah Narkisus, yang ada dalam Tuhan. (Roma 16:11b) Arti dari nama Narkisus: secara literal artinya yang membuat linglung atau narkkotika (obat penenang saraf). Ada bunga yang disebut narke yang membuat efek narkoba itu. Tentu saja orang bisa mendapatkan pengertian dari kata “ narcissistic” atau “narcissism” dalam bahasa Inggris – penyerapan pada diri sendiri untuk orang yang egois dan segala sesuatu diserap kepada dirinya sendiri, secara khusus pada kesenangan dan menyenangkan diri sendiri.

10 Dengan beberapa komentar di atas dan pengertian dari nama orang yang disebutkan tadi, maka saya pikir dia bukanlah orang yang akan Paulus akui, siapapun dia. Tetapi orang isi rumahnya pastilah dikenal oleh Paulus. Mungkin karena mereka telah menjadi Kristen dalam lingkungan rumah tangga yang hancur seperti itu.

11 Sudah jelas bahwa yang terpenting bagi Paulus atau yang menarik bagi Paulus sehingga dia mau memberi salam adalah kualitas kehidupan mereka atau perjalanan mereka di dalam Tuhan. Inilah yang membuat mereka menjadi istimewa atau mendapat pujian dari Paulus. Kiranya ini terjadi pada Anda juga.

12


Download ppt "ARISTOBOLUS DAN NARKISUS KAM GPIB IMMANUEL JEMAAT BEKASI. 21 5 12."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google