Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOSIOLOGI EKONOMI SEKTOR EKONOMI INFORMAL. PENGERTIAN EKONOMI INFORMAL Definisi paling mudah dari ekonomi informal adalah berdasarkan deskripsi lokasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOSIOLOGI EKONOMI SEKTOR EKONOMI INFORMAL. PENGERTIAN EKONOMI INFORMAL Definisi paling mudah dari ekonomi informal adalah berdasarkan deskripsi lokasi."— Transcript presentasi:

1 SOSIOLOGI EKONOMI SEKTOR EKONOMI INFORMAL

2 PENGERTIAN EKONOMI INFORMAL Definisi paling mudah dari ekonomi informal adalah berdasarkan deskripsi lokasi di mana pelakubekerja.(menurut world bank) bagian dari ekonomi yang tidak terkena pajak, tidak dimonitor/diawasi olehbentuk pemerintahan apapun, juga tidak termasuk dalam Produk Nasional Bruto Ekonomi informal itu bukan kondisi individual melainkan sebuah prosesmenghasilkan pendapatan dengan ciri utama: ia tidak diatur oleh lembagamasyarakat dalam lingkungan legal dan sosial

3 a) Sektor yang tidak menerima bantuan atau proteksi ekonomi dari pemerintah; b) Sektor yang belum dapat menggunakan (karena tidak punya akses) bantuan, meskipun pemerintah telah menyediakannya; c) Sektor yang telah menerima bantuan pemerintah tetapi bantuan tersebut belum sanggup membuat sektor itu mandiri.

4 PERKEMBANGAN SEKTOR EKONOMI INFORMAL Sektor ini dibangun berdasarkan struktur masyarakat atau organisasi dan bersifat mandiri. Sektor informal yang umumnya terjadi pada masyarakat akar rumput (grass root) adalah karena mereka adalah bagian yang termarjinalkan dalam struktur masyarakat sehingga mereka harus mengembangkan potensi diri mereka sendiri yang sebagian besar potensi itu terhisap oleh masyarakat kelas atas.

5 Empat Kategori Pekerja Sektor Informal 1. Pekerjaan berbasis di rumah (home-based work) Pekerjaan berbasis rumah dengan ketergantungan, karakteristiknya: Mereka bekerja di rumah di luar bisnis/institusi/masyarakat (yg established) yang membeli produk mereka ; Mereka setuju akan perjanjian di muka untuk mensuplai barang atau jasa ke usaha tertentu; Upah mereka sudah termasuk dalam harga yang dibayar untuk produk yang mereka buat; Mereka tidak memperkerjakan karyawan secara tetap.

6 Empat Kategori Pekerja Sektor Informal(cont.) 2. Pedagang Kaki Lima (street traders/street vendors) 3. Pekerja keliling/tergantung permintaan/temporer di lokasi konstruksi gedung atau jalan 4. Mereka yang bekerja di antara rumah dan jalanan (misalnya pemulung) Source: google.com The Informal Economy and Local Economic Development

7 Mengapa Ekonomi Informal Penting Prosentase dan sumbangan thd PNB Penyedia Lapangan Kerja Sektor informal menyediakan lapangan kerja yang amat banyak jumlah pekerjanya, Berkontribusi (langsung) thd pengentasan kemiskinan (perkotaan)

8 Permasalahan Utama yg Dihadapi Ekonomi Informal 1. Masalah Infrastruktur  Infrastruktur yg buruk menyebabkan PKL dan pekerja berbasis rumah tdk mdptkan air bersih dan listrik, tempat penyimpanan barang, perabot jalan, dll.  Kejahatan & Kekerasan yg biasanya terjadi pada PKL  Akses transportasi yg tak mencukupi membatasi akses mereka thd pasar dan bahan produksi, yang mempengaruhi margin pendapatan

9 Permasalahan Utama yg Dihadapi Ekonomi Informal (cont.) 2. Masalah Sumber Daya  Akses terhadap keuangan dan perbankan kredit mikro amat penting bagi perkembangan bisnis mereka, namun sedikit sekali fasilitas perbankan (formal) yg bisa mereka akses;  Pelatihan yg tidak mencukupi misalnya matematika dasar dan keterampilan akuntansi, yg amat penting bagi bisnis apapun.

10 Permasalahan Utama yg Dihadapi Ekonomi Informal (cont.) 3. Masalah Ekonomi :  Akses yg tidak memadai akan skala ekonomi kebanyakan tdk mampu membeli dlm jumlah besar, sehingga mereka terpaksa membayar harga retail untuk barang mereka.  Faktor permintaan masalah struktural seperti cash flow yg lemah, pasar sasaran yang kecil, kurangnya pembeli menyebabkan cash flow bisnis mereka tidak teratur pendapatan tidak menentu;  Produktivitas yang rendah krn masalah peraturan, transportasi, dll;  Margin pendapatan yg tipis bila dikaitkan dengan waktu yg dikeluarkan dan pengeluaran yg trelatif tinggi yg menyebabkan mereka kesulitan membayar kpd supplier (untuk bahan dasar);  Keluarga yang berkecimpung di ekonomi informal biasanya memiliki kesulitan dlm menjaga modal usaha karena memerlukan uang cash utk kebutuhan rumah tangga yang mendesak


Download ppt "SOSIOLOGI EKONOMI SEKTOR EKONOMI INFORMAL. PENGERTIAN EKONOMI INFORMAL Definisi paling mudah dari ekonomi informal adalah berdasarkan deskripsi lokasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google