Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tumbuhan, Sifat dan Gunanya. Penafsiran Mengenai Kegiatan Tumbuhan  Tumbuhan adalah mesin hidup yang jalannya diatur oleh hukum kimiawi dan fisika serta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tumbuhan, Sifat dan Gunanya. Penafsiran Mengenai Kegiatan Tumbuhan  Tumbuhan adalah mesin hidup yang jalannya diatur oleh hukum kimiawi dan fisika serta."— Transcript presentasi:

1 Tumbuhan, Sifat dan Gunanya

2 Penafsiran Mengenai Kegiatan Tumbuhan  Tumbuhan adalah mesin hidup yang jalannya diatur oleh hukum kimiawi dan fisika serta baik struktur maupun proses-prosesnya merupakan hasil interaksi antara hereditas dan lingkungan.

3  Adaptasi tumbuhan adalah perubahan dalam komposisi suatu kelompok organisme dan berakibat kelompok tersebut menjadi cocok dengan  Contoh:  Pohon dihutan umumnya tinggi agar dapat mencapai cahaya.  Tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru.  Tumbuhan membentuk duri untuk melindungi dirinya.  Pada iklim kering akar tumbuh jauh kedalam tanah untuk mencari air.

4 Tumbuhan Sebagai Makhluk Hidup A.Pertumbuhan  proses asimilasi yaitu penggunaan makanan/nutrisi dalam membangun tubuh tanaman. (unsur- unsur hara, air, oksigen, suhu, cahaya, iklim, tanah) B. Transformasi energi (Proses respirasi dan proses metabolisme) C. Reproduksi yaitu pembentukan individu baru baik secara vegetatif dan generatif D. Respon (tanggap) yaitu organisme hidup bereaksi tehadap lingkungan artinya mereka tanggap tehadap rangsang E.Kompsisi organik yaitu unsur yang membangun tumbuhan meliputi : carbon, hidrogen, oksigen, nitrogen Contoh senyawa organik : gula, pati, selulosa, nitrogen, protein, lemak, alkohol.

5 Sel Sebagai Kesatuan Struktur  Pada gambar 2.1 (hal 13), tumbuhan dibangun dari unit-unit struktur kecil yang disebut sel.  Beberapa macam sel tumbuhan meliputi : A. Sel yang memberi kekuatan mekanis B. Sel penyalur makanan C. Sel pembuat makanan D. Sel penyimpan makanan E. Sel yang membelah F. Sel epidermis G.Sel pernafasan H. Sel gabus I. Sel penyalur air

6  Ukuran sel tumbuhan paling kecil 0,00005 cm s/d 55 cm (sel rami)  Tumbuhan bunga yang paling kecil adalah walffia, tumbuhan air panjangnya 0,1 cm  Di pantai pasifik tumbuhan yang bernama “Sequoia gigantea” yang terkenal “general sherman tree, diameter 1,080 cm dan tingginya 8,190 cm dan beratnya lebih dari seribu ton.

7 Cara/Tempat Tumbuhan Hidup 1. Autotropik yaitu hidup sebagai organisme bebas, membuat makanannya sendiri. Contoh: pepaya, mangga, jambu, jeruk, padi dll. 2. Saprofitik yaitu hidup pada tumbuhan yang mati dan mendapat makanan dari bahan membusuk/bahan mati di dalam tanah. Contoh: jamur, cendawan dll 3. Parasitik yaitu hidup pada tumbuhan lain / inang dan mengambil makanan dari inangnya. Contoh : Cuscuta, Rafflesia

8 4.Epifik yaitu hidup menempel pada tumbuhan lain tetapi mengambil makanan secara terpisah. Contoh : Anggrek, lumut 5. Mutualistik yaitu hidup saling menguntungkan dengan tumbuhan lain Contoh: Alga, bakteri dalam buntil akar, mikoriza

9 Manfaat Tumbuhan  Bahan makanan bagi manusia, hewan, mikroba  Bahan obat-obatan  Bahan industri / kerajinan  Bahan pupuk bagi tanaman

10 SEKIAN


Download ppt "Tumbuhan, Sifat dan Gunanya. Penafsiran Mengenai Kegiatan Tumbuhan  Tumbuhan adalah mesin hidup yang jalannya diatur oleh hukum kimiawi dan fisika serta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google