Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dialogue Design. Dialogue Komunikasi antara dua pihak atau lebih. Dalam desain user interface, istilah dialogue memiliki arti yang lebih spesifik, yaitu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dialogue Design. Dialogue Komunikasi antara dua pihak atau lebih. Dalam desain user interface, istilah dialogue memiliki arti yang lebih spesifik, yaitu."— Transcript presentasi:

1 Dialogue Design

2 Dialogue Komunikasi antara dua pihak atau lebih. Dalam desain user interface, istilah dialogue memiliki arti yang lebih spesifik, yaitu struktur komunikasi antara user dan sistem komputer

3 jenis dialogue Menu Form-fillin Command Language Natural Language Direct Manipulation

4 Menu Dialogue berbasis menu cocok untuk user pemula atau jarang mempergunakan komputer. Untuk expert user, sistem menu masih bisa diterima jika unjuk kerja dari sistem cukup cepat untuk menghindari delay yang tidak perlu. Contoh: Pull-down menu Pop-up menu Scrollable menu Numerical menu choice

5 Window Menus FileEditViewInsertFormatHelp New Open Close Save Save As Cut Copy Paste Menu bar Pull-down Menu Pop-up Menu Send to > Mail recipient… Routing recipient... Cascading Menu

6 Menu-driven Applications 1. Purchasing Reports 2. Sales Reports 3. Purchasing Data Entry 4. Sales Data Entry 5. System Administration Type a selection and press __ (1 - 5) Whizz Co Reporting System

7

8 Depth vs. Breadth DeepDeep Broad Many levels Many choices at one level Menu: 3- 8 Level: 3-4

9 Keuntungan dan kerugian Menu KeuntunganKerugian Mempersingkat waktu trainingKurang baik jika terlalu banyak menu Mengurangi pengetikan tombol keyBisa memperlambat user yang sering memakai sistem (expert user) Membutuhkan sedikit memory komputerMembutuhkan banyak tempat di layar TerstrukturTidak cocok untuk entry data Tool untuk desain menu tersediaMembutuhkan display yang unjuk kerjanya cepat

10 Form-fillin Form-fillin sangat berguna dalam dialogue manusia dan komputer karena manusia sudah terbiasa dengan konsep mengisi suatu form. Keuntungan utama dari form-fillin dialogue adalah semua informasi bisa terlihat secara keseluruhan sehingga pemakai merasa tidak canggung dengan interface yang sedang dihadapi.

11 Contoh

12

13 Keuntungan dan kerugian Form-fillin KeuntunganKerugian Manusia sudah terbiasa dengan pengisian form Terkadang lambat Mempermudah entry dataMembutuhkan banyak tempat di layar Membutuhkan sedikit memory komputer Membutuhkan kontrol cursor di layar TerstrukturMekanisme navigasi kurang jelas

14 Form Fillin Design Guidelines Judul/Prompt singkat yang memiliki arti jelas Instruksi yang singkat dan jelas (misalnya dgn fasilitas help) Mengelompokkan field yang berhubungan, beserta urutannya Bentuk tampilan yang menarik (misalnya dengan windowing, warna, 3D, …) Memakai label field yang umum dipakai pada aplikasi lainnya Memakai istilah dan singkatan yang konsisten Batasan yang jelas untuk field yang bisa di-entry-kan Fasilitas pergerakan cursor yang tepat (TAB / arrow-keys) Memiliki fasilitas koreksi jika ada kesalahan baik untuk karakter maupun field Memiliki error-message untuk entry-value yang invalid Field optional jelas terlihat (dengan tambahan kata: ‘optional’) Penjelasan tentang field (dengan micro-help pada posisi yang standard) Tanda selesai entry

15 Design Interface – Penjualan Kasir

16 Interface front office

17 Scan Barcode Customer Data Customer

18

19 Interface Agent Perjalanan

20 Command Language Command language selalu diinisialisasi oleh pemakai. Pemakai mengetikkan command (perintah) tanpa prompt ataupun help dari sistem. Contoh yang paling sering dijumpai dari command language adalah bahasa dari sistem operasi, misalnya: DOS: dir, copy, del UNIX: ls, cp, rm vi (UNIX visual editor): ^F, ^B, w, q

21 jenis (style) penulisan positional syntax (dipakai oleh DOS) contohnya:COPY file1 file2 keyword syntax (mengidentifikasi keyword, lalu parameternya) contohnya:COPY FROM file1 TO file2 COPY TO file2 FROM file1 mixed syntax (kombinasi positional dan keyword) contohnya:cc -o outfile cfile.c

22 Keuntungan dan kerugian Command-line KeuntunganKerugian FleksibelMembutuhkan training cukup lama Diinisialisasi (diawali) oleh pemakai Harus dipakai terus menerus supaya bisa Cepat, Tepat, Efisien, SingkatMembutuhkan banyak memory Menarik untuk user yang expert Error handling sangat jelek

23 Example vi text editor –w - forward word –b - backward word Wouldn’t ‘f’ be better for forward? –‘f’ already used How about ‘fw’ and ‘bw’? –Extra keystrokes

24 Natural Language adalah dialogue manusia dengan komputer yang memiliki sifat yang sama dengan dialogue manusia dengan manusia. Natural Language jauh lebih kompleks daripada jenis dialogue lainnya. Secara umum, natural language belum bisa dipakai sebagai dasar desain dialogue pada program aplikasi umum, karena kompleks dan tidak efisien.

25

26 Natural language processing technologies

27 Keuntungan dan kerugian Natural language KeuntunganKerugian Tidak ada syntax khususTidak jelas Fleksibel dan canggihTidak spesifik Alami (Natural)Terlalu banyak kata yang tidak perlu Bisa diinisialisasi baik oleh manusia atau komputer Membutuhkan desain perangkat lunak yang kompleks Tidak efisien

28 Direct Manipulation Pertama kali dicetuskan oleh Ben Shneidermann pada tahun 1980-an. Karakteristik utama dari dialogue jenis ini adalah kemampuannya untuk merepresentasikan task yang diberikan oleh pemakai secara langsung ke device output yang disediakan. Pemakai komputer biasanya sudah terbiasa dengan interface WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) yang dipopulerkan oleh Apple Macintosh, tetapi interface jenis ini sebenarnya cuma salah satu contoh dari dialogue direct manipulation. Contoh: –Screen editors –Graphics –Simulator dan video games

29

30 Keuntungan dan kerugian Direct Manipulation KeuntunganKerugian Analogi (kemiripan)Membutuhkan perangkat lunak komplek Mengurangi waktu belajar/penyesuaianMembutuhkan display grafik yang cepat Menarik secara visualMembutuhkan tambahan input device (mouse) CanggihMembutuhkan ketrampilan mendesain grafik SingkatLebih sulit untuk di program Tool untuk desain sudah tersedia

31 mendesain dialogue consistency (Urutan action, Istilah, Perkecualian) shortcuts (singkatan, tombol khusus, macro) feedback (sering: response secukupnya) error handling (sistem harus bisa mendeteksi error) reversal of action (Undo) Reduce short-term memory load (Sederhana)


Download ppt "Dialogue Design. Dialogue Komunikasi antara dua pihak atau lebih. Dalam desain user interface, istilah dialogue memiliki arti yang lebih spesifik, yaitu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google