Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BGI (Borland Grafik Interface). Pengertian User Interface Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BGI (Borland Grafik Interface). Pengertian User Interface Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan."— Transcript presentasi:

1 BGI (Borland Grafik Interface)

2 Pengertian User Interface Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

3 Pengertian User Interface Contoh konsep luas user interface mencakup aspek interaktif sistem operasi komputer, perkakas tangan, operator kontrol mesin berat. dan proses kontrol. Pertimbangan desain yang berlaku saat membuat user interface berkaitan dengan ergonomik dan psikologi. User interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara : Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem. Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.

4 Macam-macam User Interface User Interface ada dua jenis, yaitu : 1.Graphical User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna. 2.Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.

5 Tipe-tipe Interaksi Dengan User Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction: 1.Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan : Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek. 2.Menu selection – pilihan berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language. 3.Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.

6 Tipe-tipe Interaksi Dengan User 4.Command language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu. 5.Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.

7 Bahasa dalam User Interface Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat komunikasi tertua kedua gestur, yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal. Meski penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering dianggap kurang begitu penting. Bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.

8 Bahasa dalam User Interface Search atau Find? Remove atau Delete? Kantong belanja atau keranjang belanja?

9 9 Human Computer Interface (HCI) Interaksi antara end-user (pengguna komputer) dengan komputer. Komputer perlu dibuat agar bisa digunakan semudah mungkin Latar belakang : – Semakin banyak orang yang mengoperasikan komputer – Meminimalisasi resiko membuat kesalahan ketika mengoperasikan komputer Tujuan utama HCI : untuk memungkinkan komunikasi bolak-balik antara pemakai dan komputer

10 10 User Friendliness HCI harus bersifat ‘User Friendly’ – Membantu end-user – Mudah dipelajari – Mudah digunakan

11 11 Jenis Interface Klasifikasi umum : – Command Driven Interface – Menu Driven Interface – Direct Manipulation Interface – User Interface Management System (UIMS) – Special Purpose Interface

12 12 Command Driven Interface Interface yang dikendalikan command (perintah)

13 13 Menu Driven Interface Interface yang dikendalikan menu Ada beberapa alternatif bentuk menu : – Option menu

14 14 Menu Driven Interface – Pulldown menu

15 15 Direct Manipulation Interface Interface yang bisa dimanipulasi secara langsung

16 16 User Interface Management System Tujuannya adalah Penciptaan suatu cara agar bisa diadakan atau diperoleh interface yang konsisten yang mempunyai “look” (rupa) dan “feel” (rasa) yang sama untuk sejumlah aplikasi yang berbeda di dalam sistem yang sama. Contoh User Interface Management System (UIMS) : – Apple Macintosh – OSF/MOTIF dari Open Systems Foundation – Open Look dari Sun untuk AT&T – Windows dari Microsoft

17 17 Bagaimana UIMS Mencapai Tujuan ? – Memberikan se-set fasilitas standar untuk penanganan dialog pemakai Misal : widgets, memberikan komponen standar dasar interface Bisa digunakan oleh programmer sebagai se-set alat – Memberikan beberapa software standar yang mengelola cara yang digunakan oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface itu. – Set-set aturan mengatur cara tertampilnya atau cara bertindaknya berbagai fasilitas. Contoh : aturan tentang pengoperasian mouse : Klik tunggal untuk memilih item Klik ganda untuk mengaktifkan item Menarik mouse dengan masih menekan tombolnya untuk memilih semua item yang dilewati oleh kursor

18 18 UIMS Sebagian besar UIMS kegunaan umum didasarkan pada : – Sistem windowing – Memanfaatkan WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)

19 19 Special Purpose HCI 2 jenis utama : – General purpose computer bisa digunakan, namun beberapa bagian HCI disediakan (diberikan) oleh hardware & software khusus Mesin cash-dispensing Alat pencatat kehadiran – Komputer dipasangi beberapa peralatan kegunaan khusus di dalamnya dan dikontrol oleh interface yang spesifik untuk kegunaan atau tujuan itu.

20 20 Graphical User Interface (GUI) Adalah HCI yang didasarkan pada tampilan grafis Paling umum dijumpai pada PC yang dipasangi adaptor grafik yang mampu mendukung grafik beresolusi tinggi. Software yang mengontrol suatu window yang didasarkan pada HCI, seperti yang diberikan (disediakan) oleh interface WIMP, disebut Windows Manager atau Windows Management System. Keberhasilan komputer GUI, semakin meningkatkan minat penggunaan komputer yang digunakan bersama media lain seperti video dan digital sound.

21 Keunggulan GUI Saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). GUI memberikan keuntungan seperti: 1.Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim. 2.Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi. 3.Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan.

22 Karakteristik GUI

23 23 Graphical User Interface (GUI) Contoh sistem GUI : – Apple Macintosh – Microsoft Windows pada IBM PC – Open Look pada workstation Unix – KDE, GNOME pada Linux

24 24 Pengorganisasian Software GUI WINDOWS LIBRARIES API TOOLKIT APPLICATION PROGRAMS WINDOWS MANAGER

25 25 Pengorganisasian Software GUI Windows Libraries – Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Intrinsic Function) – Terdapat objek-objek grafis yang disebut widgets Application Program Interface (API) Toolkit – Windows libraries tidak digunakan secara langsung, namun disediakan toolkit yang memungkinkan pengkonstruksian GUI dari se-set widget standar. – Toolkit ini menyediakan Application Program Interface, yaitu fungsi-fungsi untuk mengkonstruksi widget atau memanipulasi komponen GUI yang lain. – Programnya dikatakan call toolkit function

26 26 Pengorganisasian Software GUI Windows Manager – Setiap program aplikasi memanggil secara langsung toolkit untuk memanipulasi widget-nya sendiri. – Tugas windows manager adalah melakukan pengontrolan dan pengkoordinasian menyeluruh terhadap aktifitas suatu program aplikasi, agar misalnya, satu aplikasi tidak menggangu widjget dalam window kepunyaan aplikasi lain yang saat itu menggunakan layar tampilan yang sama.

27 27 Widget GUI Diciptakan, dioperasikan dan dihapus (dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui toolkit API. Contoh widget GUI : a.Box field b.Table field c.Button d.Radio field e.Toggle field f.Bar field g.Scroll bar h.Slide bar

28 28 Widget GUI

29 29 Desktop Metaphor Metodologi ‘guiding paradigm’ untuk lebih memudahkan user memahami penggunaan GUI Metaphor : analogi / kemiripan objek visual pada desktop grafis dengan objek sebenarnya Contoh : icon recycle bin dengan gambar tempat sampah, dengan melihat icon tersebut maka asosiasi kita adalah tempat untuk membuang dokumen / file.

30 30 Paket Grafik GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh : Graphic package software (software paket grafik) 2 jenis paket grafik : – Painting package (Contoh : MS Paint, MacPaint) Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan seniman dan perancang grafik dalam pembuatan desain visual kreatif Menghasilkan tampilan bit-mapped yang berkualitas baik dalam hitam putih maupun berwarna – Drawing package (Contoh : Corel Draw, MS Visio) Cenderung mempunyai orientasi teknis dengan pengontrolan yang ketat atas skala dan dimensi Cenderung merupakan tampilan yang tersimpan sebagai scalable object


Download ppt "BGI (Borland Grafik Interface). Pengertian User Interface Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google