Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER Teknologi Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER Teknologi Informasi."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER Teknologi Informasi

2 Pengertian Software Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan aktivitas- aktivitas pengolahan perintah pada suatu sistem komputer. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki fungsi jika digunakan bersama- sama dengan software-nya.

3 Secara umum fungsi dari software komputer yang utama adalah : –melakukan aktivitas bersama-sama dengan hardware. –menyediakan segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer. –bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) untuk melakukan aktivitas pengolahan data berdasarkan perintah yang harus dilakukan dalam software komputer tersebut.

4 Struktur Software Komputer (menurut James A. O’Brien) Software Komputer Software Aplikasi Software Sistem Program Aplikasi untuk Tujuan Umum Program untuk Aplikasi Khusus Program untuk Manajemen Sistem Program untuk Pengembanga n Sistem Melakukan tugas Mengolah Informasi untuk End-user Mengelola dan mendukung operasi sistem komputer dan jaringan - Software Suites - Web Browser - Electronic Mail - Pengolah Kata - Lembar Kerja - Database Managers - Presentasi Grafis - Personal Information Manager - GroupWare - Bisnis – Akuntansi, pengolah transaksi, Perencanaan sumber daya perusahaan, perdagangan elektronik, dll - Ilmu pengetahuan dan teknik - Pendidikan, Entertainment, dll - Sistem Operasi - Program pengelola jaringan - DBMS (database management system) - Sistem Utilitas - Monitoring Unjuk kerja Sistem - Monitoring Keamanan -Bahasa Program Translator (compiler) -Pemrograman Editor dan Tools - Paket CASE (Computer Aided Software Engineering)

5 Kategori Software Secara khusus software dibagi menjadi beberapa kategori menurut kelompok fungsinya, yaitu sebagai berikut : –Operating System (Sistem Operasi) –Application Program (Program Aplikasi) –Language Program (Bahasa Pemrograman)

6 1. Sistem Operasi Sistem Operasi  perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktivitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. Operating system mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan.

7 Sistem operasi dapat dikatakan sebuah program yang dapat melakukan pengaturan serta pengontrolan terhadap eksekusi program-program aplikasi, dengan tujuan agar dapat digunakan sebagai penghubung ( interface ) antara pengguna ( brainware ) dan sistem komputer ( hardware / software ).

8 Menurut Silberschatz/ Galvin/ Gagne (2003), Sistem Operasi adalah suatu program yang bertindak sebagai perantara antara user dan hardware komputer. Core (kernel) Sistem Operasi Interpreter/compiler user Mesin H/W

9 Sistem operasi mengontrol dan mengatur penggunaan semua sumber daya, baik fisik maupun abstrak. Sistem operasi memberikan semua kebutuhan manusia agar dapat melakukan interaksi dengan sistem komputer. Macam sistem operasi yang pada umumnya digunakan : Windows, Linux, Mac OS

10 Tugas dari sistem operasi : 1.Menyediakan antarmuka pengguna (user interface) yang berupa –Melakukan perintah (command-based user interface) dalam bentuk teks. –Mengarahkan menu (menu driven). 2.Antarmuka unit grafis (graphical user interface - GUI) –Kombinasi icon dan menu untuk menerima dan melaksanakan perintah. –Menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware dan mengendalikan perangkat I/O (Input/Output device).

11 3.Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya dalam sebuah proses sebagai berikut : –multitasking –multiprocessing –timesharing –multithreading –scalability –network 4.Pengelolaan file dan direktori data.

12 Sistem operasi akan memberikan efisiensi penggunaan sistem berupa : –Resource allocator  mengalokasikan sumber daya ke beberapa pengguna. –Proteksi  menjamin akses ke sistem sumber daya dikendalikan (pengguna dikontrol aksesnya ke sistem). –Accounting  merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).

13 Silberschatz/ Galvin/ Gagne (2003), berpendapat bahwa umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut : –Management Proses. –Management Memori Utama. –Management Secondary-Storage. –Management Sistem I/O (Input/Output). –Management Berkas. –Sistem Proteksi. –Jaringan. –Command-Interpreter system.

14 Macam – macam sistem operasi :

15 SISTEM OPERASI WINDOWS Windows adalah jenis sistem operasi dengan modus tampilan grafik atau Graphical User Interface (GUI) yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft, sehingga visualisasinya akan lebih menarik penggunanya dan lebih mudah digunakan. Untuk mendapatkan sistem operasi Windows harus bayar pada vendornya yaitu Microsoft. Contohnya Windows 3.10, Windows 3.11 (workgroup), Windows 95, Windows 98 yang merupakan sistem operasi untuk pengguna tunggal(single-user). Sedangkan untuk single maupun multi-user telah dikembangkan Windows NT, Windows 2000, Windows XP atau disebut windows 2002, dan Windows Hingga saat ini banyak pengguna komputer yang mengunggulkan Windows XP, 7, bahkan 8 karena fitur- fitur yang dimilikinya.

16 SISTEM OPERASI LAIN DOS (Disk Operating Sistem), merupakan sistem operasi berorientasi pada perintah teks yang dioperasikan pada command prompt. Sistem operasi ini merupakan pendahulu dari Windows. DOS dengan PC- DOS yang dibuat oleh IBM Corp. kemudian muncul MS-DOS yang dibuat oleh Microsoft yang masih digunakan hingga saat ini yang beroperasi pada versi Windows milik Microsoft. Prinsipnya perintah-perintah pada sistem operasi DOS dibedakan menjadi 2 bentuk perintah, yaitu internal command dan external command.

17 Selain itu ada sistem operasi lain yang juga berbasis jaringan seperti Novell Netware, Banyan Vines, CPM, OS/2 Warp Server, Mac OS X (Apple NOS), dan LANtastic.

18 2. Software Aplikasi / Application Program Software aplikasi atau perangkat lunak aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Program aplikasi merupakan suatu program komputer yang siap digunakan atau siap pakai untuk mengolah data menjadi suatu informasi berdasarkan keperluan si penggunanya sendiri.

19 Software aplikasi terdiri dari : –Program Aplikasi (Aplication Program). –Program Paket/ Paket Aplikasi (Packet Program). –Program Utilitas (Utility Program). –Games, Entertainment, dsb. Contoh program aplikasi diantaranya : –Microsoft Office 2007 : MS Word, MS Excel, MS Powerpoint, MS Access, MS Visio, MS Outlook, dll. –Adobe Photoshop CS3 –Corel Draw –Auto CAD, dll.

20 Macam – macam program aplikasi :

21 3. Language Program (Bahasa Pemrograman) Language program adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer. Karena komputer memiliki bahasa sendiri, maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa pemrograman. Merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi- instruksi program dalam melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programmer.

22 Macam – macam language program :

23 Teknologi Informasi


Download ppt "Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER Teknologi Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google