Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK). Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK). Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang."— Transcript presentasi:

1 SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

2 Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

3 melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software bebas / OpenSource, Multiplatform, dsb. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

4 software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli. software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

5 Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

6 Fungsi Software : 1. Mengenali suatu program 2. Menyiapkan aplikasi program agar komputer dapat bekerja dengan terkontrol. 3. Membuat pekerjaan lebih mudah dan efisien. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

7 Tahap – tahap pembuatan software : 1. Tahap Analisis 2. Tahap Desain 3. Tahap Kreasi 4. Tahap Pengujian 5. Tahap Penerapan 6. Tahap Produksi 7. Tahap Evaluasi SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

8 Software dibagi dua jenis / golongan : SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

9 Software System Operasi SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

10 Software System Operasi Software Sistem Operasi / Operating System Adalah software yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Software sistem operasi dijalankan sejak komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi adalah software yang sangat penting yang mengatur seluruh proses kegiatan yang ada pada komputer. Sistem operasi dapat pula diartikan sebagai penghubung antara pengguna komputer (brainware) dengan perangkat keras komputer. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

11 Fungsi Sistem Operasi : 1. Sebagai penghubung antara pengguna dengan komputer 2. Mengtur cara kerja komputer/membagi tugas CPU 3. Manajemen data 4. Mengatur Memory sistem 5. Mengelola keamanan sistem 6. Mengendalikan Software yang dijalankan SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

12 SOFTWARE

13 Macam – macam sistem operasi yang sering digunakan : 1. DOS (Disk Operating System ) DOS pertama kali digunakan pada IBM PC, pertama kali dibuat pada tahun 1982 dibuat dalam bentuk disket. Berbasis Power PC yang diproduksi oleh APLE, dinamakan Macintosh MAC adalah komputer yang memperkenalkan GUI (Graphical User Interface) pertama kali, dibuat tahun SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

14 Macam – macam sistem operasi yang sering digunakan : 2. Windows Microsoft adalah perusahaan yang membuat program windows, memiliki kelebihan yaitu, mempunyai banyak fitur. Perkembangan Windows : a. Windows 1.0 b. Windows versi 3 c. Windows 95 d. Windows 97 e. Windows 2000 f. Windows XP (Service Part 1, Service Part 2, Service Part 3 ) g. Windows Vista h. Windows 7 (Seven) SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

15 Macam – macam sistem operasi yang sering digunakan : 3. MAC OS / Macintosh Adalah PC yang lebih ramah, juga dikenali sebagai Kotak Perkakas atau Tool Box yang mana memiliki rutin perawatan. Macintosh memiliki 2 versi yaitu Mac OS Klasik dikeluarka tahun 1984 dan Mac OS X memiliki unsur – unsur BSD Unix, Open Step, dan Mac OS 9. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

16 Macam – macam sistem operasi yang sering digunakan : 4. UNIX Adalah sistem operasi yang memiliki konsep Interactive Sharing Time, merupaka sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahas C. Unix sebagai POSIX (Portable Operating System Interface) Ciri-ciri Unix adalah : - Dapat digunakan banyak user dalam waktu bersamaan. - Dapat menjalankan Aplikasi secara bersamaan. - Line/Text Command Based, Menggunakan perintah yang deketikan untuk memerintah komputer mengerjakan sesuatu, walau telah memiliki GUI tanpa mengetikan - Memiliki tingkat keamanan yang baik, setip user, group. - Ready For Network. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

17 Macam – macam sistem operasi yang sering digunakan : 5. Linux Adalah implementasi Independen dari POSIX yang meliputi True Multitasking, Shared Library, Multi User, dan Virtual Memory. Linux dan Source Codenya disebarluaskan secara gratis melalui lisensi GNU General Public License (GPL). SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

18 Utility (Alat Bantu) Memiliki fungsi membantu dan mengisi kekurangan dari sistem operasi. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada Hardware (Hardware TroubleShooting), mengatur ulang isi Harddisk (defrag dan partisi), membantu pengoperasian mesin seperti membuat duplikat file, mengahpus proteksi suatu sistem software, memperbaiki bagian file yang rusak. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

19 Bahasa Pemrograman Adalah software bahasa yang digunakan untuk membuat perintah-perintah atau program pada komputer oleh para programer. Ada 3 tingkatan bahasa pemrograman : 1. Low Level Lenguage Bahasa pemrograman generasi pertama adalah kumpulan angka 1 dan 0 yang diatur sehingga membuat sinyal elktronik dan memberi tahu komputer tugas apa saja yang harus dilakukan. 2. Middle Level Lenguage Hampir sama seperti bahasa mesin tetapi perintah atau instruksiny telah mendekati bahasa sehari-hari sehingga memudahkan programer membuat program karena kodenya berupa huruf bukan angka, contohnya assembler. 3. High Level Lenguage Bahasa pemrograman yang sangat mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari.Conohnya BASIC, COBOL,PASCAL,dll. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

20 Software Aplikasi SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

21 Software Aplikasi Adalah software yang dijalankan pada software sistem operasi untuk menjalankan tugas tertentu. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

22 Software Aplikasi : Contoh Software Aplikasi : A. Software Pengolah Kata Software Pengolah Kata B. Software Pengolah Angka Software Pengolah Angka C. Software Aplikasi Pesentasi Software Aplikasi Pesentasi D. Dan lain -lain Dan lain -lainSOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

23 Software Aplikasi : A. Software Pengolah Kata 1. Open Office Writer Bersifat open Source/gratis dan dapat digunakan pada system operasi apa saja. 2. Star Office Writer Dapat dijalankan pada system operasi apa saja dan bersifat multiplatform SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

24 Software Aplikasi : A. Software Pengolah Kata 3. Corel Word Perfect Dapat dijalankan pada system operasi windows dan bersifat licenci atau berbayar. 4. Lotus Word Pro Dikeluarkan oleh IBM dan dijalankan pada system operasi windows SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

25 Software Aplikasi : A. Software Pengolah Kata 5. Microsoft Office Dapat dijalankan pada system operasi windows dan bersifat licenci atau berbayar. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

26 Software Aplikasi : B. Software Pengolah Angka 1. Star Office Calc Dapat dijalankan berbagai system operasi dan bersifat Multiplatform, Open Source/bebas. 2. Kspread Dapat dijalankan berbagai system operasi dan bersifat Multiplatform, Open Source/bebas. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

27 Software Aplikasi : B. Software Pengolah Angka 1. Star Office Calc Dapat dijalankan berbagai system operasi dan bersifat Multiplatform, Open Source/bebas. 2. Kspread Dapat dijalankan berbagai system operasi dan bersifat Multiplatform, Open Source/bebas. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

28 Software Aplikasi : B. Software Pengolah Angka 3. Lotus Dapat dijalankan berbagai system operasi dan bersifat Multiplatform, Open Source/bebas. 4. Abacus Dapat dijalankan system operasi Windows atau tertentu. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

29 Software Aplikasi : B. Software Pengolah Angka 3. Lotus Dapat dijalankan berbagai system operasi dan bersifat Multiplatform, Open Source/bebas. 4. Abacus Dapat dijalankan system operasi Windows atau tertentu. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

30 Software Aplikasi : C. Software Aplikasi Persentasi. 1. Open Office Impress Dapat dijalankan di berbagai system operasi dan bersifat Open source. 2. Kpresenter Dapat dijalankan di berbagai system operasi. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

31 Contoh Software Aplikasi Lainnya: 1. Corel Draw (desain / editing gambar) 2. AutoCad (desain bngunan/konstruksi) 3. Adobe PhotoShop (editing fotto / gambar) 4. Game (bermain game online/offline) 5. Winamp (pemutar musik) 6. Ulead Video (editing Video) SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)


Download ppt "SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK). Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google