Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Page 1 KONSEP DASAR SISTEM OPERASI. Page 2 Sistem Operasi : Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer & menyediakan layanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Page 1 KONSEP DASAR SISTEM OPERASI. Page 2 Sistem Operasi : Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer & menyediakan layanan."— Transcript presentasi:

1 Page 1 KONSEP DASAR SISTEM OPERASI

2 Page 2 Sistem Operasi : Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer & menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

3 Page 3 Fungsi Sistem Operasi  Sebagai perantara Brainware & Hardware  Menyediakan Lingkungan sebagai wadah untuk mengeksekusi program aplikasi  Menjamin kebenaran sistem operasi komputer, perangkat keras berupa : Cpu, Memory, I/O serta menyediakan sumber daya yang digunakan untuk bekerja dalam memori

4 Page 4 Layanan Sistem Operasi -Pembuatan Program -Eksekusi Program -Pengakses Perangkat Operasi I/O -Pengakses Sistem Berkas -Pengakses Sistem -Deteksi Error -Accounting (Statistik)

5 Page 5  Pembuatan Program Sistem operasi menyediakan berbagai fasilitas yang membantu programer dalam membuat program seperti editor. Walaupun bukan bagian dari sistem operasi, tapi layanan ini diakses melalui sistem operasi.

6 Page 6  Eksekusi Program Sistem harus bisa me-load program ke memori, dan menjalankan program tersebut. Program harus bisa menghentikan eksekusinya baik secara normal maupun tidak (ada error)

7 Page 7  Pengakses Perangkat Operasi I/O Program yang sedang dijalankan kadang kala membutuhkan I/O. Untuk efisiensi dan keamanan, pengguna biasanya tidak bisa mengatur peranti I/O secara langsung, untuk itulah sistem operasi harus menyediakan mekanisme dalam melakukan operasi I/O.

8 Page 8  Pengakses Sistem Berkas Sistem Operasi yang baik harus bisa membaca dan menulis berkas, dan kadang kala juga harus membuat dan menghapus berkas.

9 Page 9  Pengakses Sistem Mampu mengontrol seluruh sistem kerja sebuah komputer sehingga tidak terjadi perebutan sumber daya saat menjalankan beberapa proses secara bersamaan.

10 Page 10  Deteksi Error Sistem operasi harus selalu waspada terhadap kemungkinan error. Error dapat terjadi di CPU dan memori perangkat keras, I/O, dan di dalam program yang dijalankan pengguna. Untuk setiap jenis error sistem operasi harus bisa mengambil langkah yang tepat untuk mempertahankan jalannya proses komputasi.

11 Page 11  Accounting (Statistik) Sistem Operasi yang baik akan mengumpulkan statistik pengguna dan memonitor seluruh proses sistem kerja komputer.

12 Page 12 Contoh Sistem Operasi : Pada umumnya Komputer/PC terbagi menjadi 3 kelompok besar:  Microsoft Windows  Unix  Mac OS

13 Page 13  Microsoft Windows Terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven), dan Windows 8

14 Page 14  Unix Menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd

15 Page 15  Mac OS Sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh

16 Page 16 Thank You


Download ppt "Page 1 KONSEP DASAR SISTEM OPERASI. Page 2 Sistem Operasi : Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer & menyediakan layanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google