Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WINDOWS REGISTRY. Registry, dalam platform SO Microsoft Windows 32 bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WINDOWS REGISTRY. Registry, dalam platform SO Microsoft Windows 32 bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi."— Transcript presentasi:

1 WINDOWS REGISTRY

2 Registry, dalam platform SO Microsoft Windows 32 bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna.

3 Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3x dan Windows For Workgroup). Registry, pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT

4 Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT.

5 Windows merupakan sistem operasi untuk PC yang paling populer saat ini, mulai dari Windows 95, 98, NT dan yang baru saja diluncurkan yaitu Windows 2000 dan Windows Millenium. Salah satu keunggulan Windows adalah kemudahan dalam penggunaannya. Misalnya kemudahan mulai dari install, konfigurasi sampai dengan adanya feature plug and play untuk hardware. Tentunya semua konfigurasi dan setting tersebut disimpan dalam sistem operasi, dan untuk menyimpan informasi berbagai setting dan konfigurasi, Windows menggunakan registry.

6 Registry merupakan database yang digunakan untuk menyimpan semua setting dan informasi hardware, software dan berbagai preferences untuk Windows 32 bit, termasuk Window 95, 98, NT, Millenium dan Salah satu contohnya adalah misalnya seseorang mengganti assosiasi file atau menginstall program, maka perubahan setting tersebut akan dituliskan pada registry. Contoh lainnya adalah mendisable Display Properties, menyembunyikan berbagai menu pada Menu Start.

7 HIRARKI REGISTRY Registry terdiri dari beberapa bagian yang disebut key atau kunci. Terdapat enam macam key utama pada registry, yaitu : HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER HKEY_LOCAL_MACHINE HKEY_USERS HKEY_CURRENT_CONFIG HKEY_DYN_DATA

8 MELAKUKAN MODIFIKASI REGISTRY Cara membuka registry Memback-up registry Mengembalikan key registry dari file back-up.


Download ppt "WINDOWS REGISTRY. Registry, dalam platform SO Microsoft Windows 32 bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google