Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN WINDOWS. PENGERTIAN & SEJARAH W INDOWS Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN WINDOWS. PENGERTIAN & SEJARAH W INDOWS Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN WINDOWS

2 PENGERTIAN & SEJARAH W INDOWS Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya dengan kata lain semakin tinggi versi dari Windows semakin banyak kemudahan yang ditawarkannya. Microsoft Windows XP merupakan sistem operasi yang termasuk ke dalam sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dikeluarkan pada tanggal 25 Oktober 2001.

3 Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata E xperience, yang artinya Windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft. Perkembangan versi Windows : - Windows 1.0- Windows 98 - Windows 2.1- Windows Windows 3.0- Windows Me - Windows 3.1- Windows XP - Windows NT- Windows Vista - Windows 95- Windows 7 - Windows NT 4.0

4 W INDOWS 1.0

5 W INDOWS 2.1

6 W INDOWS 3.0

7 W INDOWS 3.1

8 W INDOWS NT

9 W INDOWS 95

10 W INDOWS NT 4.0

11 W INDOWS 98

12 W INDOWS 2000

13 W INDOWS M E

14 W INDOWS XP

15 W INDOWS V ISTA

16 W INDOWS 7

17 M ENJALANKAN WINDOWS XP Nyalakan komputer : Cek seluruh hardware yang terpasang apakah telah terhubung. Nyalakan stabilizer, power CPU, power monitor. Tunggu proses aktifasi sistem (proses booting) hingga selesai. Pilih atau klik salah satu user komputer, masukkan password, klik OK, atau tekan enter. Tunggu hingga masuk tampilan home Windows XP. Jika user komputer hanya satu maka tidak perlu memilih user dan masukkan password, silahkan tunggu sampai masuk tampilan home.

18 TAMPILAN WINDOWS XP Icon Wallpaper Desktop Quick Launch Task BarStart Menu

19 Desktop merupakan suatu tampilan awal pada saat Windows selesai di booting (tampilan home saat memasuki windows). Wallpaper Wallpaper adalah gambar yang menempel diatas desktop. Windows menyediakan berbagai macam wallpaper bawaan sehingga kita dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat. Start Menu adalah tombol Start yang berisi berbagai macam program yang telah kita install, menu-menu lain yang dapat diakses oleh pengguna (user), seperti misalnya mendengarkan musik, menjalankan program editor teks dan lain-lain.

20 Icon Icon Program adalah gambar-gambar kecil yang menempel diatas desktop yang diikuti dengan identitasnya. Tujuan dari icon ini adalah untuk memudahkan dalam mengaktifkan suatu program aplikasi. Icon ini dapat kita tambah dan kurangi sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau terlalu banyak icon pada desktop akan mengurangi keindahan dari desktop itu sendiri. Task Bar Taskbar adalah batang panjang yang terdapat paling bawah desktop. Kita dapat memindahkan taskbar ke bagian atas, samping kanan dan kiri desktop sesuai dengan keinginan kita. Pada taskbar ini terdapat program yang kita minimize-kan, icon-icon lainnya seperti icon pengaturan volume dan jam yang aktif.

21 Quick Launch adalah bagian bawah sebelah kiri, sebelah kanan start yang berisi icon-icon untuk shortcut-shortcut program yang telah kita definisikan. Shortcut adalah cara cepat untuk menjalankan program/data yang disimpan pada suatu direktori tertentu. Shortcut berisi path menuju ke data/program yang dimaksud dan disimbolkan oleh icon tertentu.

22 Cara mematikan sistem operasi / mematikan komputer : klik tombol start, klik menu turn off komputer, klik turn off / shutdown, maka komputer akan mati. Cara merestart komputer : klik tombol start, klik menu turn off komputer, klik restart, maka komputer akan dimatikan dan kemudian menyala lagi dengan sendirinya.

23 Cara log off (berpindah antar user yang menggunakan komputer) : klik tombol start, klik menu turn off komputer, klik log off. Cara standby (membiarkan komputer dalam keadaan siaga yang tidak melakukan aktifitas apapun, tetapi sistem tidak dimatikan sama sekali) : klik tombol start, klik menu turn off komputer, klik standby.

24


Download ppt "PENGENALAN WINDOWS. PENGERTIAN & SEJARAH W INDOWS Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google