Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

a.Partition  Apa itu partisi?? Partisi (Bahasa Inggris: Partition), dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah sebuah bagian dari memori.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "a.Partition  Apa itu partisi?? Partisi (Bahasa Inggris: Partition), dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah sebuah bagian dari memori."— Transcript presentasi:

1

2 a.Partition  Apa itu partisi?? Partisi (Bahasa Inggris: Partition), dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah sebuah bagian dari memori atau media penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik. Media penyimpanan yang dapat dipartisi adalah memori hard disk, magneto-optical disk (MO Disk), dan beberapa flash memory.

3  Partisi dibuat ketika pengguna membuatnya dengan menggunakan utilitas partisi dan memformatnya dengan memberinya sebuah sistem berkas tertentu. Dalam rangka membuat partisi, maka sebenarnya yang dilakukan oleh pengguna tersebut adalah membuat sebuah "daftar isi" dari hard disk yang dimilikinya. Dalam sistem x86 serta x86-64, daftar isi yang dibuat adalah tabel partisi, yang disimpan di dalam Master Boot Record. Adalah mungkin bagi pengguna untuk membuat beberapa partisi di dalam sebuah hard disk, sehingga menjadikannya terlihat sebagai beberapa hard disk, meski jumlahnya dibatasi oleh skema partisi yang digunakannya. Sistem operasi akan menganggap partisi-partisi yang berbeda ini dianggap sebagai sebuah media penyimpanan yang berbeda. Membuat beberapa partisi dalam sebuah hard disk akan lebih memudahkan dalam melakukan manajemen data pengguna. Setiap sistem operasi dan sistem berkas memiliki sebutan tersendiri untuk menyebut partisi. Sebagai contoh, MS-DOS menggunakan istilah partition, sementara keluarga Windows NT menggunakan istilah volume. Hal ini disebabkan oleh Windows NT yang memiliki kemampuan untuk membentuk satu volume yang terdiri dari beberapa partisi terpisah, daripada sistem operasi MS-DOS yang hanya dapat membuat satu volume untuk satu partisi.

4  Skema Partisi Master Boot Record (MBR) adalah sebuah skema partisi yang menggunakan struktur Master Boot Record. Di dalam Master Boot Record, terdapat sebuah tabel partisi yang menjelaskan di mana partisi-partisi diletakkan di dalam hard disk. Skema partisi ini hanya terdapat di dalam sistem Intel x86, dan diimplementasikan dalam system BIOS sistem tersebut. -Dalam skema partisi ini, partisi terbagi menjadi tiga buah jenis, yakni  Primary Partition atau partisi utama, yakni partisi yang dapat digunakan untuk melakukan proses booting sistem operasi dan menyimpan data pengguna. Jumlahnya hanya empat buah saja dalam satu hard disk. Jika terdapat sebuah partisi tambahan, maka jumlahnya akan berkurang menjadi tiga buah partisi utama.  Extended Partition atau partisi tambahan, yakni partisi yang dapat menampung beberapa partisi logis. Partisi ini sebenarnya merupakan salah satu jenis dari partisi utama. Jumlahnya hanya boleh satu buah saja.  Logical Partition atau partisi logis, yakni partisi yang tidak dapat digunakan untuk melakukan proses booting sistem operasi, dan hanya dapat menyimpan data pengguna. Jumlahnya tidak dibatasi, artinya dalam satu hard disk boleh terdapat banyak logical partition yang menginduk kepada satu buah partisi tambahan.

5 SOFTWARE PEMARTISI HARDISK - FDISK merupakan aplikasi pemartisian yang ada langsung dari system Operasi Windows. pemartisian bergantung paada setiap OS yang digunakan. keuntungannya FDISK ialah system booting tersedia cuma-cuma pada CD MASTER atau disket boot. kekurangannya ialah kita hanya bisa buat 2partisi primary dan logical dalam satu harddisk. - POWER QUEST PARTITION MAGIC kelebihnnya ialah kita dapat membuat beberapa partisi yang kita inginkan. bisa membuat 2 atau lebih partisi primary. dan membuat berbagai jenis partisi (FAT, FAT16, FAT32, NTFS).

6 Apa itu sistem berkas? Sistem berkas (Inggris:File System) adalah metoda untuk memberi nama pada berkas dan meletakkannya pada media penyimpanan. Semua sistem operasi mulai dari DOS, Windows, Macintosh dan turunan UNIX memiliki Sistem berkas sendiri untuk meletakkan file dalam sebuah struktur hirarki. Contoh dari sistem berkas termasuk di dalamnya FAT, NTFS, HFS dan HFS+, ext2, ext3, ISO 9660, ODS-5, dan UDF. Beberapa sistem berkas antara lain juga journaling file system atau versioning file system. Sistem berkas juga menentukan konvensi penamaan berkas dan peletakan berkas pada stuktur direktori.

7 JENIS-JENIS SYSTEM BERKAS > FAT Apabila kita menyimpan suatu file, komputer akan menggunakan satu sistem file untuk menyimpan file/folder tsb ke hard disk. Pada versi awal MS-DOS dan Win 3.11, Windows menggunakan sistem file FAT16. Semenjak ada Win95 OSR 2 dan Win98 kita dapat menggunakan FAT32 apabila ukuran hard disk lebih dari 2GB s/d 2TB. FAT16 hanya boleh digunakan apabila ukuran hard disk kurang dari 2GB. > Sejarah FAT Digunakan awal 80-an dan dikenal sebagai file DOS. Pada awalnya hanya untuk beroperasi pada komputer berkapasitas rendah. FAT mengalami bermacam evolusi, dimana versi awalnya hanya menyokong komputer berkapasitas tidak lebih dari 32MB untuk setiap bagian/partisi, kemudian terus berkembang hingga 528MB dan terus meningkat sampai 2.1GB. > APLIKASI FAT 16 FAT 16 hanya bisa digunakan dengan versi DOS, OS WIN 3.11 dan WIN 95

8 > KEKURANGAN FAT 16 - Kurangnya ruang penyimpanan. Tidak ada tambahan program atau file terutama bagi yang menggunakan sistem dengan Windows95 dan mempunyai hard disk melebihi 512MB. - Tidak efektif, Ukuran cluster yang besar menyebabkan terjadinya pemborosan. - Tidak efisien dalam susunan file dan meminta user sering melakukan - Defragmenter agar mendapatkan cluster sebelumnya yang tidak terpakai sepenuhnya. - Ukuran maksimum disk yang dapat disokong FAT16 dalam satu hard disk adalah hanya 2GB > APLIKASI FAT 32 FAT 32 digunakan pada WIN 95 OEM SERVICE RELEASE, Versi 2, 2.1, 2.5. Windows Millenium Edition (ME), WINDOWS 98 FIRST EDITION, dan SECOND EDITION, WINDOWS XP PROFESSIONAL, WINDOWS > KELEBIHAN FAT 32 - Menggunakan 32 bits untuk merepresentasikan cluster - FAT32 menyediakan ukuran drive lebih besar.Ukuran yang disediakan sampai dengan 2 terabytes (Tb), bandingkan dengan FAT 16 yang hanya 2GB. - Microsoft Windows 2000 hanya menyediakan ukuran partisi sampai 32Gb - FAT32 menggunakan tempat lebih efisien. FAT32 menggunakan ukuran cluster yang lebih kecil ( 4KB cluster untuk ukuran drive 8 GB), lebih efisien 10 s/d 15 persen dibandingkan FAT atau FAT16. Ukuran minimum untuk partisi FAT32 sekitar 260 MB.

9 - FAT32 lebih kuat. FAT32 dapat menampung folder utama dan dapat menggunakan backup copy dari tabel alokasi file daripada default copy. Oleh karena itu FAT32 lebih tidak rentan dari kegagalan dibandingkan FAT16. - FAT32 lebih fleksibel. Folder utama pada FAT32 adalah rantai grup biasa, jadi dapat ditempatkan di mana pun pada drive dan tidak ada lagi batasan jumlah masukan untuk folder.Ukuran partisi FAT32 dapat diubah-ubah, tapi tidak dapat diimplementasikan pada initial release. - Dapat mencari direktori asas (root directory) dan menggunakannya sebagai salinan backup FAT dan ini akan mengelakan komputer dari bertemunya/ tabrakan antar program (crash). - Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstall komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam Harddisk yang dinamakan cluster. - Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa Harddisk diformat. - Hanya memakan cache memory sekitar 1%

10 > KEKURANGAN FAT 32 - Microsoft akan mendukung fungsional dari file system FAT32 dalam membaca error-error secara bebas dan menyimpan file-file baik dalam bentuk nyata (real mode) maupun bentuk terlindungi (protect mode). Microsoft mendukung fasilitas real dan protected mode termasuk pada Windows Untuk program-program legacy yang tidak akan diinstall pada FAT32 atau tidak akan menyimpan file-file atau membaca mereka, kita harus menghubungi pabrik dari software tersebut. - Walaupun file system FAT32 mendukung ukuran hard disk sampai 2 terabytes (TB), beberapa hard disk kemungkinan tidak dapat mengisi partisi yang dapat dinyalakan lebih besar dari 7,8 gigabytes(GB) karena keterbatasan dari sistem I/O dasar (BIOS) INT13 interface - bila komputer hang dan melakukan reset, maka komputer otomatis akan melakukan scandisk - buruk pada grafis, terlihat bila kita menggambar garis, yang terlihat lurus, begitu melakukan printing yang didapat ialah garis yang sedikit miring.

11  NTFS(New Technology File System) digunakan pada Win2000,XP, Vista, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 16 Exabyte(1 Exabyte= 1024 Terabyte). Fasilitas jumlah file yang mampu dibaca pada root directory dan nondirektori, long file names sama dengan FAT, memiliki keunggulan perbaikan otomatis file, files security, files level compression, serta mendukung dual file fork(macintosh) dan POSIX.  Teknologi File System yang dikembangkan Microsoft saat ini berbasis NTFS, karena kebutuhan sotware dan hardware saat ini yang kian hari kian pesat. NTFS merupakan file system yang cukup stabil. Para pengguna open source pun tertarik untuk mempelajari file system ini.

12

13  Kelebihan dalam membuat partisi : -Kita dapat memiliki system boot lebih dari 1. -Dapat mengatur data ataupun file file yang lain agar dapat tersusun rapi dan mudah menemukannya -Jika salah satu partisi rusak maka kita dapat memback up nya tanpa harus mereset semua data dalam hard disk tersebut


Download ppt "a.Partition  Apa itu partisi?? Partisi (Bahasa Inggris: Partition), dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah sebuah bagian dari memori."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google