Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Operasi Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras di mana aplikasi tersebut dioperasikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Operasi Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras di mana aplikasi tersebut dioperasikan."— Transcript presentasi:

1

2 Sistem Operasi Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras di mana aplikasi tersebut dioperasikan. Ketika sebuah aplikasi membuthkan akses ke perangkat keras, misalnya saat melakukan penyimpanan data ke disket, maka proses tersebut akan dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi.

3 BEBERAPA SISTEM OPERASI Sistem Operasi Windows Sistem Operasi MAC OS Sistem Operasi UNIX Sistem Operasi LINUX Sistem Operasi Netware

4 Windows • Sistem Operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft. Titik awal sistem operasi ini dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya Windows 1.0. • Pada tahun 1993, seiring dengan perkembangan aplikasi client server, Windows memiliki fasilitas untuk mendukung perangkat jaringan dengan diperkenalkannya Windows for Workgroup 3.11 dan Windows NT 3.1 • Sistem operasi Windows sendiri sudah bergerak ke sistem operasi 32 bit dengan menghentikan pengembangan Windows 95/98 yang merupakan sistem operasi 16 bit dan mengembangkan Windows 2000 untuk server dan Windows XP untuk client yang keduanya merupakan sistem operasi 32 bit.

5 MAC OS • Komputer Macintosh pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh perusahaan yang bernama Apple, sistem operasi yang digunakan untuk menjalakan komputer tersebut diberi nama Mac System Software yang merupakan sistem operasi single user. • Multi asking pada sistem operasi ini baru diperkenalkan pada versi ke 5 sistem ini. • Pada tahun 1991, diperkenalkan System 7 yang memiliki perubahan sangat drastis daripada versi sebelumnya. Pada versi ini, sistem operasi tersebut sudah secara internal mendukung jaringan. Pada tahun 1994, sistem operasi ini berubah namanya secara resmi menjadi Mac OS. • Sistem operasi Mac OS juga beralih ke teknologi 32 bit dengan mengeluarkan Mac OS X.

6 UNIX UNIX termasuk salah satu sistem operasi server yang memiliki sejarah panjang. UNIX memiliki skalabilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan mulai dari komputer mainframe sampai ke komputer destkop. Sistem operasi ini banyak digunakan di universitas-universitas sehingga sering dijadikan landasan bagi penciptaan aplikasi-aplikasi baru.

7 LINUX • Sejarah linux dimulai ketika seorang mahasiswa Ilmu Komputer di Universitas Helsinki yang bernama Linus Torvalds ingin mengembangkan sistem operasi MINIX pada tahun • Dalam perkembangannya, kode program yang diberi nama Linux ini disebarkan melalui internet sehingga dapat dipelajari oleh orang lain. Ini yang menyebabkan Linux berkembang dengan pesat karena dibuat oleh ribuan programer dan hacker yang tersebar diseluruh indonesia. • Saat ini linux didistribusikan dibawah General Public License (GNU) yaitu sistem lisensi dimana pemilik program tetap memegang hak ciptanya, tetapi orang lain dapat menyebarkan, memodifikasikan, bahkan menjual kembali program tersebut dengan syarat kode program tersebut dengan syarat kode program yang asli harus tetap disertakan. Hal ini juga sering disebut sistem open source.

8 Netware • Novell memperkenalkan versi pertama Netware, Netware 86 yang saat itu digunakan untuk IBM PC XT dengan prosesor Intel Pada versi ini, Netware sudah mendukung multi tasking, server untuk printer, aplikasi dan berbagi berkas. Netware didesain khusus untuk digunakan sebagai server sehingga tidak dapat digunakan untuk komputer client. • Saat ini Netware adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di perkantoran untuk melakukan berbagi berkas (file sharing). Netware mendukung client yang menggunakan Windows dan Mac.

9 Tren Sistem Operasi Client Seiring perkembangan dunia komputer yang sangat pesat, tentu cara menggunakan komputer akan berbeda. Setelah melihat beberapa macam sistem operasi di atas, berikut akan ditunjukkan tren perkembangan sistem operasi client untuk masa depan (Orfali, 1999, hal. 104): • Sistem operasi client akan semakin beragam • Web browser akan menjadi sebuah universal client • Akan ada permintaan besar untuk super-fat PC • Akan ada permintaan besar untuk ultra-thin PC • Embedded client akan ada di mana-mana

10 Tren Sistem Operasi Server Sistem operasi yang digunakan untuk server saat ini sedang mengalami perkembangan. Kategori yang memiliki perkembangan paling cepat adalah server yang digunakan untuk aplikasi Client Server. Termasuk dalam jenis server ini antara lain web server, DBMS, groupware dan lain-lain Saat ini sistem operasi yang digunakan untuk server dikuasai oleh tiga pemain besar, yaitu Windows, UNIX/Linux dan Netware. Masing-masing menguasai pasar pada level yang berbeda. Netware menguasai pasar server yang digunakan untuk LAN, digunakan untuk berbagai berkas dan printer. Windows menguasai pasar server aplikasi untuk LAN yang digunakan untuk aplikasi pada sebuah perkantora. UNIX/Linux menguasai pasar server aplikasi untuk jaringan yang lebih luas seperti WAN dan Internet.

11


Download ppt "Sistem Operasi Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras di mana aplikasi tersebut dioperasikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google