Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN JARINGAN Pemrograman jaringan Teori dan Praktek 1 / 1 - 18.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN JARINGAN Pemrograman jaringan Teori dan Praktek 1 / 1 - 18."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN JARINGAN Pemrograman jaringan Teori dan Praktek 1 /

2 PEMROGRAMAN JARINGAN 1.Computer Network, atau jaringan komputer, merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan melalui media fisik / non fisik (wireless) dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut 2.Pemrograman jaringan adalah pemrograman aplikasi komunikasi yang menggunakanan fasilitas dan akses yang disediakan oleh jaringan komputer PENDAHULUAN 1 / Media fisik / wireless Komputer 2Komputer 1

3 PEMROGRAMAN JARINGAN 1 / Tipe jaringan komputer 1.Berdasarkan Geografisnya (ruang lingkup) a.LAN (local Area Network) b.MAN (Metropolitan Area Network) c.WAN ( Wide Area network) d.Internet

4 PEMROGRAMAN JARINGAN LAN (Local Area network) 1.Jaringan milik pribadi (private network) di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. 2.Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. 3.Biasanya menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik. 1 /

5 PEMROGRAMAN JARINGAN MAN (Metropolitan Area network) Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. 1 /

6 PEMROGRAMAN JARINGAN WAN (Wide Area network) Mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua. Dan memilik banyak elemen switching 1 /

7 PEMROGRAMAN JARINGAN Internet Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Tanpa mengikuti protokol standard ini, komputer kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet 1 /

8 PEMROGRAMAN JARINGAN 2. Tipe Jaringan Komputer berdasarkan Modelnya: Server Workstation Peer to Peer Client Server 1 /

9 PEMROGRAMAN JARINGAN Server workstation Server hanya bertugas sebagai penyimpanan data. Proses dijalankan di masing-masing workstation/Terminal. Workstation-workstation tersebut akan menggunakan file secara bersamaan (file sharing). Proses yang besar dibutuhkan workstationberkemampuan besar (RAM & processor). Contoh : LAN (Novell Netware, Banyan Vines) 1 /

10 PEMROGRAMAN JARINGAN Peer to Peer Komputer pada sebuah jaringan peer-to-peer dapat berfungsi sebagai sebuah client maupun sebagai sebuah server. Jaringan peer-to-peer tidak memiliki kontrol terpusat (centralized control) pada sumber daya yang terbagi (shared resources). Semua peralatan dapat membagikan sumber dayanya dengan semua komputer pada jaringan yang sama. Hubungan peer berarti tidak ada satu komputer-pun yang memiliki prioritas akses tertinggi, maupun tanggung jawab tertinggi untuk membagikan sumber daya. Semua pengguna (user) pada jaringan peer-to-peer dapat bertindak sebagai administrator jaringan. Setiap pengguna dapat memutuskan apakah pengguna lain dapat meng- akses sumber daya secara sederhana hanya dengan melakukan permintaan (requesting), atau harus menggunakan kunci (password). 1 /

11 PEMROGRAMAN JARINGAN Komputer dalam jaringan yang berfungsi sebagai client dan server. Server adalah komputer yang memiliki resource seperti aplikasi, cd-rom, printer yang bisa di-share oleh client. Client server ini termasuk 2 (two) tier, yaitu layer server dan layer client. Contoh : Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows 2003, UNIX, LINUX dengan Windows 98/NT Workstation / Windows XP/LInux. Client server 1 /

12 PEMROGRAMAN JARINGAN Topologi Topologi Jaringan adalah susunan lintasan aliran data didalam jaringan yang secara fisik menghubungkan simpul yang satu dengan simpul lainnya. Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. 1 /

13 PEMROGRAMAN JARINGAN DNS adalah pengganti dari IP yang merupakan penunjuk suatu alamat host baik pada jaringan kecil maupun internet dengan menuliskan kata- kata singkatan, dikarenakan manusia mudah mengingat hurup daripada angka. Tahun 1984, Paul Mockapertis mengusulkan sistem basis data terdistribusi yang dinamakan DNS (Domain Name System). Sistem inilah yang digunakan hingga sekarang. Selain untuk memetakan IP address dan Nama Host, DNS juga digunakan untuk sarana bantu untuk penyampaian ( routing). * Top Level Domain Dan Pendelegasian Untuk membentuk sistem database yang terdistribusi, yang pertama kali harus diatur ialah format data. Format data yang disimpan adalah IP dan nama Host, maka format penamaan harus konsisten untuk semua host dan mampu mencerminkan terdistribusinya data tersebut DNS (Domain Name System) 1 /

14 PEMROGRAMAN JARINGAN Format penamaan host di interner memiliki hirarki. Skema hirarki tersebut digambarkan berbentuk tree. Satu node atau titik membentuk tree, memiliki beberapa subnode. Subnode ini membentuk tree yang memiliki beberapa subnode lagi, dan seterusnya. Pada masing-masing node ini terdapat label. Node berlabel inilah yanng disebut dengan domain. Domain ini bisa berupa nama host, subdomain atau top level domain. 1 /

15 PEMROGRAMAN JARINGAN 1 /

16 PEMROGRAMAN JARINGAN Cara pembentukan serta pembacaan nama host dan domain sesuai dengan diagram diatas, dimulai dengan node paling bawah, mengikuti label yang tertera pada masing-masing node dan berakhir di root. Sebagai contoh: tri.buddhi.ac.id Tanda “.” menunjukan Root Domain id merupakan top level domain ac merupakan domain level kedua buddhi merupakan domain level ke tiga Tri merupakan nama host /komputer yang bersangkutan 1 /

17 PEMROGRAMAN JARINGAN Top level domain dibagi menjadi 3 jenis: 1.TLD gernerik 2.TLD negara 3.TLD arpa 1 /

18 PEMROGRAMAN JARINGAN Pengenalan Bahasa Visual Basic Atau Visual C++ 1 /


Download ppt "PEMROGRAMAN JARINGAN Pemrograman jaringan Teori dan Praktek 1 / 1 - 18."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google