Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN - 1. PENGENALAN DOS DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan sistem operasi. DOS dipakai pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN - 1. PENGENALAN DOS DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan sistem operasi. DOS dipakai pada."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN - 1

2 PENGENALAN DOS DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan sistem operasi. DOS dipakai pada media penyimpanan disk baik disket maupun hard disk.

3 SEJARAH DOS DAN KOMPATIBILITAS DOS 1.0 Versi ini merupakan versi paling awal. Kemunculannya dihubungkan dengan munculnya komputer IBM PC-DOS. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas. Versi ini mempunyai satu versi perbaikan yaitu versi 1.1. Pada versi ini ditambahkan kemampua untuk mengakses disk drive dengan kapasitas 320 kilobyte DOS 2.0 Dikeluarkan pada bulan Maret 1983 bersama munculnya komputer baru dari IBM yang diberi nama PC/XT. Karena versi 2.0 mempunyai beberapa kesalahan program (bug), maka untuk memperbaikinya dikeluarkan versi 2.10 Pihak Microsoft yang merupakan pembuat DOS dengan lisensi yang dijual kepada IBM juga mengeluarkan versi 2 dan diberi nama MS-DOS versi 2.11 yang dikeluarkan pada akhir Versi ini mempunyai perintah COUNTRY yang berguna untuk menset operasi tanggal dan waktu yang berlaku pada suatu negara. (pada IBM PC-DOS baru terdapat pada versi 3.20) DOS 3.0 Merupakan IBM PC-DOS 3.0 dan MS-DOS 3.05 yang dikeluarkan untuk mendukung komputer baru waktu itu yang disebut dengan komputer AT (Advanced Technology). DOS versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1,2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory. Versi lain dari OS ini adalah DOS 3.1 (1985), DOS 3.2 (1985), DOS 3.3 (1987)

4 SEJARAH DOS DAN KOMPATIBILITAS DOS 4.0 OS ini mempunyai empat versi yaitu IBM PC-DOS 4.0, IBM PC-DOS 4.01 dan MS-DOS IBM PC-DOS merupakan versi pertama dari DOS 4.0 yang dikeluarkan pada buan Juli Karena OS ini banyak terdapat kesalahan maka bulan berikutnya IBM mengeluarkan versi perbaikan yaitu Setelah itu Microsoft juga mengeluarkan versi tersebut bulan November. DOS 5.0 Pada pertengahan tahun 1991 muncul IBM PC-DOS dan MS-DOS versi 5.0. Pada versi ini pemakaian memori komputer yang semula masih agak membingungkan kini telah diperbaiki selain itu ada penambahan fasilitas baru yaitu MIRROR, UNDELETE dan UNFORMAT DOS 6.0 Pada bulan Maret 1993, Microsoft kembali memperkenalkan DOS 6.0. Pada versi ini dilakukan penambahan beberapa utility baru dan penambahan beberapa utility baru seperti MSAV (MicroSoft AntiVirus), DoubleSpace dan sebagainya. Versi lain dari OS ini adalah DOS 6.2.

5 MENGGUNAKAN MS-DOS 6.0 Jika Anda merupakan pemakai MS-DOS sebelumnya, maka akan ditemukan banyak perkembangan di versi 6 ini. Perkembangan itu mencakup penambahan fasilitas baru maupun perbaikan pada versi sebelumnya sehingga menjadi lebih mudah dan sederhana, misalnya : MICROSOFT DOUBLESPACE Gunanya untuk melipatgandakan kapasitas disk dengan cara mengkompress file. Anda dapat menggunakan DoubleSpace pada harddisk maupun pada floppy MICROSOFT MEMMAKER Program untuk mengoptimalkan memori dengan cara memindahkan device driver dan program meory resident dari memori konvensional ke upper memory area.

6 MICROSOFT ANTI-VIRUS Merupakan fasilitas baru untuk mendeteksi dan menghapus lebih dari 800 jenis virus yang ada MICROSOFT DEFRAGMENTER Program untuk mengorganisasikan kembali file-file pada harddisk sehingga terjadi penambahan akses komputer MICROSOFT DIAGNOSTIC Program diagnosa komputer dan menampilkan informasi dari komponen komputer MICROSOFT BACKUP Program yang dapat digunakan untuk memback-up data. MICROSOFT UNDELETE Program untuk mengembalikan data yang telah dihapus

7 Sistem operasi pada dasarnya memiliki tiga bagian utama yang paling pokok dalam menjalankan komputer, mengatur input/output data dan menghubungkan informasi yang diketikkan dengan mesin-mesin komputer. Tiga bagian utama tersebut yaitu : 1. DOS INTI 2. DOS BIOS 3. COMMAND PROCESSOR

8 1.DOS INTI Merupakan tempat pengontrolan program dari sistem operasi yang berfungsi sebagai manajemen informasi di disk, meliputi : File Manajemen, berfungsi menangani tugas-tugas membuat, menghapus atau memodifikasi file Directory Management, berfungsi menangani tugas-tugas membuat, menghapus atau memodifikasi directory dan isi directory Disamping itu, bagian ini juga berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara programmer dengan DOS. Bagian ini terdapat pada file MSDOS.SYS (Microsoft) atau IBMDOS.SYS (IBM) yang dibaca dari disk kemudian diletakkan di memori resident. File tersebut mempunyai atribut HIDDEN sehingga tidak tampak di layar.

9 2.DOS BIOS Mempunyai tugas menangani operasi-operasi Input/Output yang berhubungan dengan sistem operasi. DOS-BIOS dibentuk dari file IO.SYS dan IBMBIO.COM dan semuanya beratribut HIDDEN

10 3.COMMAND PROCESSOR Berisi intsruksi-instruksi yang menunjang kelancaran operasi berupa intrsuksi internal maupun instruksi eksternal. Instruksi internal terdapat pada file COMMAND.COM yang selalu diaktifkan sebagai memori resident dan dapat digunakan setiap saat.

11


Download ppt "PERTEMUAN - 1. PENGENALAN DOS DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan sistem operasi. DOS dipakai pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google