Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Administrasi System Windows XP 2 ● TASK MANAJER ● DISPLAY PROCESS ● END PROGRAM ● END PROCESS ● MONITORING COMPUTER PERFORMANCE ● SYSTEM INFORMATION ●

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Administrasi System Windows XP 2 ● TASK MANAJER ● DISPLAY PROCESS ● END PROGRAM ● END PROCESS ● MONITORING COMPUTER PERFORMANCE ● SYSTEM INFORMATION ●"— Transcript presentasi:

1 Administrasi System Windows XP 2 ● TASK MANAJER ● DISPLAY PROCESS ● END PROGRAM ● END PROCESS ● MONITORING COMPUTER PERFORMANCE ● SYSTEM INFORMATION ● SYSTEM PERFORMANCE ● SERVICES

2 Mengenal Task Manager ● Task Manager berfungsi untuk menyediakan informasi berupa performance komputer dan proses yang berjalan pada sistem. ● Selain menyajikan informasi task manajer sekaligus berperan dalam manajemen proses, jadi anda dapat mematikan sebuah proses/aplikasi dan menjalankan proses lain.

3 Menggunakan Task Manager •Tekan crtl + alt + del. •Pilih button Task Manager.

4 Informasi yang disajikan Task Manager ● Program yang sedang berjalan. ● Proses-proses yang sedang berjalan pada sistem. Seperti service IIS, program (biasanya berupa execusi sebuah program). ● Perfomance Computer. Berupa Penggunaan Memori, total proses, kernel, dan physical.

5 Program/Application Process •Informasi yang disajikan berupa nama program yang berjalan. •Pada gambar tersebut, program yang berjalan berupa MS. Office, Jet Audio Playlist, open office, paint,dll.

6 Process/service •Proses program ditampilkan lebih detail. Berupa PID Number, CPU Usage, CPU time, Memory Usage, dll.

7 Computer Performance •Menampilkan performance dari komputer dan sistem anda. Didalamnya termasuk physical memory, kernel, persentase penggunaan CPU, dll.

8 Tab Application ● Klik tab Application. ● Mengakhiri Proses sebuah program/aplikasi. Pilih program -> klik button End Task. ● Menampilkan program yang berjalan. Pilih program -> klik button switch to. ● Memulai/menambahkan sebuah proses program. Klik tab New Task -> browse -> Pilih program (file program/execusi/.exe).

9 Tab Processes ● Klik pada tab processes. ● Mengakhiri process program. Pilih Process -> Klik End Process. ● Mengakhiri Proses lain yang berhubungan pada suatu proses (anak proses). Klik kanan pada proses -> pilih End Process Tree. ● Contoh, Jika anda ingin mengakhiri process tree dari program program seperti Outlook Express, Anda juga harus mematikan proses yang berhubungan seperti mapisp32.exe, MAPI spooler.

10 Tab Process 2 •Menambahkan detail informasi lain. Pada tab processes, klik view -> Select Column.

11 Priority Of Running Program ● Terkadang kita lupa atau bahkan tidak tahu proses- proses penting yang tidak boleh dimatikan. Dan jika kita matikan bisa dimungkinkan sistem anda crash/hang. ● Ga' percaya silahkan anda matikan proses dengan high priority. ● Kok bisa ?? Silahkan cari sendiri jawabannya ;). ● Untuk menampilkan prioritas dari suatu program. Pada tab processes -> klik view -> select column -> base priority.

12 Melihat Proses pada komputer dengan multiprocessor ● Pada tab processes, pilih proses -> klik Kanan -> Set Affinity -> pilih jumlah processor anda. ● Note : Fitur ini hanya untuk komputer yang memiliki multiprocessor. Dijamin deh... di lab ga' akan bisa :D.

13 SYSTEM INFORMATION ● System ini merupakan bagian pada fasilitas pada help and support. System Information dapat dipakai untuk mengetahui informasi tentang sistem komputer yang dipakai, termasuk system konfigurasi perangkat keras, cara kerja sistem dan problem sistem.

14 •Untuk memanggil System Information caranya adalah : •Pilih tombol Start Menu → All Programs → Accessoris → SystemTools → Sistem Information sehingga muncul tampilan sebagai berikut.

15 SYSTEM PERFORMANCE ● Gunakan Fasilitas ini untuk mengatur pemakaian file sistem, penyesuaian kompatibilitas peralatan grafik serta konfigurasi fasilitas virtual disk

16 VIRTUAL DISC klik kanan pada My Computer, kemudian pilih option Properties. Setelah muncul jendela System Propertis, nah pada tab Advanced pada dialog Performance pilih button Settings. Kemudian akan muncul jendela baru Performance Settings pada tab Advanced pada dialog Virtual Memory pilih button Change, maka akan keluar kotak dialog dibawah ini.

17 SERVICES ● Proses yang berjalan (services) terlihat pada Task Manager dan terlihat seberapa banyak proses yang berjalan. ● Kita bisa mematikan proses atau mengurangi proses yang tidak perlu melalui services sebuah utility internal windows, sehingga kinerja PC kita menjadi optimal untuk menjalankan aplikasi lainnya.

18 Langkah Konfigurasi Services •Klik Star Menu  Control Panel  Administrative Tools  Services •Pilih Services yang ingin anda Hentikan Prosesnya •Klik Kanan Stop untuk menghentikan •Dan Start Untuk menjalankan

19 Aplikasi DOS ● DOS (Disk Operating System) adalah suatu program yang berfungsi untuk meng­konfigurasikan suatu komputer agar dapat menjalankan perintah yang diberi­kan sebagai masukan.

20 Command DOS ● Internal Command/Perintah Internal Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus,karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com ● External Command/Perintah Eksternal Perintah yang memiliki file tersendiri dan tidak lagi ditampung pada file command.com

21 Internal Command ● DIR Melihat Isi sebuah Direktori ● CD, Change Directori, Untuk Berpindah Direktori ● MD, Perintah ini digunakan untuk membuat directori baru. ● RD, Perintah ini digunakan untuk menghapus directori yang sudah tidak dibutuhkan lagi. ● COPY, Perintah ini digunakan untuk memperbanyak (duplikasi) file. ● REN, Perintah ini untuk mengganti nama file. ● DEL, Perintah ini digunakan apabila kita ingin menghapus file yang sudah tidak dibu­tuhkan lagi. ● MOVE, Perintah ini digunakan untuk memindahkan satu atau beberapa file pada tempat yang kita inginkan.Instruksi Move selain untuk memindahkan file,juga bisa mengganti nama direktori dan nama file yang dipindahkan.

22 External Command ● FORMAT -- Perintah format digunakan untuk memformat agar disket dapat dipergunakan dalam operasi penyimpanan dan pengolahan data. ● ATTRIB -- Perintah ini digunakan untuk menambahkan atau menghapus atribut suatu file atau beberapa file sekaligus. ● CHKDSK -- Perintah chkdsk (checkdisk) digunakan untuk melihat informasi dan kondisi mengenai suatu disket. ● DOSKEY -- Perintah doskey dipergunakan untuk menghemat pengetikan dalam aplikasi Dos ● EDIT -- Edit biasa digunakan untuk membuat, melihat, mencetak ataupun menyunting isi dari file-file batch, CONFIG.SYS, ataupun file-file aplikasi yang berbasiskan ASCII, seperti file-file ReadMe yang datang pada hampir semua program yang anda beli.


Download ppt "Administrasi System Windows XP 2 ● TASK MANAJER ● DISPLAY PROCESS ● END PROGRAM ● END PROCESS ● MONITORING COMPUTER PERFORMANCE ● SYSTEM INFORMATION ●"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google