Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOS (Disk Operating System) DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu system operasi single user dan single process yang tidak memiliki tampilan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOS (Disk Operating System) DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu system operasi single user dan single process yang tidak memiliki tampilan."— Transcript presentasi:

1 DOS (Disk Operating System) DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu system operasi single user dan single process yang tidak memiliki tampilan grafis. Pada awal perkembangan PC di IBM, SO ini sudah terdapat didalamnya, jika belum SO ini juga bisa dijalankan melalui booting dari media disket. Operating system yang popular untuk jenis ini adalah MS-DOS, karena selain kapasitasnya yang kecil juga perintah-perintah yang dipergunakan relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan DOS sistem lainnya.

2 Pengolahan File dan Directory Dalam pengoperasian DOS terdapat command (perintah- perintah) yang dikelompokkan dalam 2 bagian yaitu:  Internal Command/Perintah Internal Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com  External Command/Perintah Eksternal Perintah hanya dapat dijalankan (berfungsi) apabila file external ada (berada) pada direktori dimana perintah dijalankan atau telah dilakukan patch kedirektori dimana file external tersebut berada.

3 INTERNAL COMMAND NoPerintahContohKeterangan 1HelpA:\>copy/? atau A:\>help copy Mencari petunjuk penggunaan perintah 2DirA:\>dir *.* C:\>dir *.com C:\>dir *.sys C:\>dir ???.com C:\>dir co???nd.c?? Melihat isi direktori Bbeberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain penggunaan “Wild Card”, yaitu : - * (asterix) : mewakili banyak karakter - ? (question mark) : mewakili hanya satu karakter 3Cd Cd.. Cd \ Change Directory (berpindah direktori) 4MdD:\>md latihanMake Directory (membuat direktori baru) 5RdD:\>rd latihanRemove Directory (membuang direktori yang kosong) 6CopyC:\>copy *.log a: C:\>copy *.sys d: A:\>copy format.com c:\dos A:\>copy himem.sys c:\windows Menyalin file ke lokasi lain atau dengan nama lain

4 INTERNAL COMMAND 7RenA:/>ren latihan.doc training.doc A:/>ren diskusi.exe kelompok.exe Mengubah nama file atau direktori 8DelA:\>del prince.exe A:\>del *.bak A:\>del *.doc A:\>del *.* Menghapus file 9TypeA:\>type latihan.txt A:\>type sys.com A:\>type io.sys Melihat isi suatu file system dan ditampilkan dalam bahasa mesin. 10ClsC:\>clsMembersihkan tampilan layar

5 EXTERNAL COMMAND NoPerintahContohKeterangan 1Attrib attrib.exe A:\>attrib +r *.doc A:\>attrib +a –r *.doc untuk menambahkan atau menghapus atribut suatu file atau beberapa file sekaligus. 2CHKDSK chkdsk.ex e A:\>chkdsk /v C:\>chkdsk /f C:\>chkdsk a:/f/v (checkdisk) digunakan untuk melihat informasi dan kondisi mengenai suatu disket. 3Deltree deltree.ex e A:\>deltree latihandigunakan untuk menghapus direktori beserta file-file yang ter­dapat dalam direktori tersebut 4Diskcopy diskcopy. com A:\>diskcopy A:\>diskcopy a: a: B:\>diskcopy b: b: B:\>diskcopy a: b: C:\>diskcopy a: b: untuk menduplikasi disket (harddisk). Perintah ini berbeda dengan perintah copy yang berfungsi untuk memperbanyak file. Dengan diskcopy sebuah disket (partisi harddisk) dapat dicopy file-filenya secara keseluruhan dan sekaligus mengganti se­ mua data yang terdapat pada disk duplikasi sehingga isinya sama persis dengan disk sumbernya. Perintah Diskcopy ini hanya dapat dilakukan pada dua disket (partisi) yang sama jenisnya dan kapasitasnya.

6 EXTERNAL COMMAND 5Doskey doskey.com untuk menghemat pengetikan dalam aplikasi Dos. Apabila perintah doskey diaktifkan perintah-perintah yang telah digunakan pada prompt akan disimpan dan dapat diaktifkan kembali. 6Edit edit.com C:\>edit file.txtuntuk membuat, melihat, mencetak ataupun menyunting isi dari file-file batch, CONFIG.SYS, ataupun file-file aplikasi yang berbasiskan ASCII, seperti file-file ReadMe yang datang pada hampir semua program yang anda beli. 7Format format.com A:\>format C:\>format a:/s untuk memformat agar disket dapat dipergunakan dalam operasi penyimpanan dan pengolahan data 8Label label.exe A:\>label HASAN C:\>label LOGIKA digunakan untuk memberikan nama pada suatu disk baik itu hard­disk atau disket. Untuk melihat apakah label telah ada pada disk jalankan perintah “vol”. 9Mem mem.exe A:\>mem C:\>mem /c/p menampilkan jumlah memori pada komputer Anda. Untuk setiap tipe memori, mem memperlihatkan jumlah total memori, jumlah memori yang digunakan oleh program dan jumlah memori yang belum digunakan. 10ModeC:\>mode con lines=43 C:\>mode com1 baud=2400 parity=n data=8 stop=1 C:\>mode lpt1=com1 C:\>mode lpt1 cols=132 lines=8 digunakan untuk mengatur dan memilih konfigurasi beberapa hardware dan tampilan layar.

7 EXTERNAL COMMAND 11Move move.exe A:\>move *.* a:\logika A:\>move a:\logika a:\pusat A:\>move c:\mydocu~1 a: digunakan untuk memindahkan file dari satu direktori ke direktori lain 12System sys.com C:\>sys a: A:\>sys b: digunakan untuk membuat sebuah disket menjadi disket yang “bootable”, yaitu disket yang dapat digunakan pada proses awal konfigurasi komputer yang berbasiskan DOS. 13Unformat unformat.com A:\>unformat a:/j A:\>unformat a:/u/l/test/p A:\>unformat /partn/l untuk mengembalikan file- file yang telah terhapus oleh perintah Format dan membentuk kembali file-file dari perintah Recover. 14Xcopy xcopy.ex e A:\>xcopy *.* b: /s B:\>xcopy *.* a: /s /e A:\>xcopy *.doc b: /d: B:\>xcopy *.doc a: /p kependekan dari “eXtended Copy” sama dengan perintah copy, kecuali program ini memberikan lebih banyak pilihan. Dengan Xcopy anda dapat: Menyalin seluruh direktori, sub direktori dan file-file yang ada di dalam­ nya. Menyalin file yang dibuat atau diubah setelah tanggal tertentu. Menyuruh Xcopy memberitahu terlebih dahulu sebelum melakukan penya­ linan dan lain sebagainya.

8 Tombol-Tombol Penyuntingan Pada Baris Perintah Jika anda mengetikkan suatu perintah pada prompt perintah, MS-DOS menyimpan perintah tersebut pada memori. Anda dapat menggunakan tombol-tombol di bawah ini untuk menyunting perintah tersebut. Dan jika anda menggunakan Doskey, anda akan memiliki akses pada perintah yang paling akhir dimasukkan dan beberapa perintah sebelumnya. TombolKegunaan F1Menyalin perintah sebelumnya ke layar, satu karakter setiap saat (satu karakter ditampilkan setiap kali Anda menekan tombol F1). F2Menyalin perintah sebelumnya ke layar, tidak termasuk karakter yang Anda tekan setelah penekanan tombol F2. F3Menyalin perintah sebelumnya ke layar. F4Menghapus karakter dari perintah sebelumnya, dimulai dari awal perintah tetapi tidak termasuk karakter yang Anda tekan setelah penekanan tombol F4. F5Menyalin perintah saat ini ke memori “perintah sebelum­nya”, tetapi tidak menjalankan perintah tersebut.

9 Tombol-Tombol Penyuntingan Pada Baris Perintah F6Memberikan karakter Ctrl+Z ( ^ Z) pada baris perintah. F7Menampilkan semua perintah yang disimpan di dalam memori. Alt+F7Menghapus semua perintah yang disimpan di dalam memori. F8Mencari perintah berdasarkan suatu teks. Tekan F8 dan kemudian ketikkan teksnya; perintah yang cocok dengan teks yang diketikkan akan tampil pada layar. F9Mencari perintah berdasarkan nomor perintah (Doskey memberikan nomor-nomor secara urut pada perintah-pe­rintah yang dimasukkan). Alt+F10Menghapus semua definisi makro Doskey. Left dan Backspa ce Menghapus karakter sebelum posisi kursor. DelMenghapus karakter pada posisi kursor. InsertMengaktifkan mode Insert sehingga karakter yang Anda ketikkan tidak menimpa karakter sebelumnya; tekan Ins lagi untuk membatalkan mode Insert. EscMembatalkan baris perintah saat ini dan membiarkan “pe­rintah sebelumnya” dalam memori tetap tidak berubah.

10 Tombol-Tombol Penyuntingan Pada Baris Perintah UpMemanggil kembali perintah MS-DOS yang digunakan se­belum perintah yang ditampilkan. DownMemanggil kembali perintah MS-DOS yang digunakan setelah perintah yang ditampilkan. PgUpMemanggil kembali perintah MS-DOS yang pertama kali digunakan. PgDnMemanggil kembali perintah MS-DOS yang terakhir kali digunakan. LeftMemindah kursor ke kiri satu karakter. RightMemajukan kursor satu karakter. Ctrl+RightMemajukan kursor satu kata. HomeMemindah kursor ke awal baris. EndMemindah kursor ke akhir baris.

11 EKSTENSI NAMA FILE Ekstensi nama file (yaitu tiga buah karakter yang mengikuti tanda titik pada nama file) digunakan untuk membantu anda mengenali tipe file yang sedang anda gunakan. File-file dalam MS-DOS dan file-file yang diciptakan perintah-perintah MS-DOS dan program lainnya menggunakan salah satu ekstensi file berikut ini.

12 TIPE EKSTENSI FILE EkstensiJenis File BATBatch program; file teks yang berisi satu atau lebih perintah-perintah MS-DOS. CATFile katalog Backup CHKFile yang dibuat oleh CHKDSK; jika anda menggunakan CHKDSK /F untuk memperbaiki kesalahan disk, MS-DOS menyimpan rangkaian file yang hilang sebagai suatu file dengan ekstensi CHK pada root direktori. COMFile program CPIFile informasi himpunan karakter; digunakan untuk memuat salah satu karakter yang disediakan oleh MS-DOS. DIFKatalog Backup (untuk tipe diffrential Backup) DLLDynamic Link Library, suatu file program yang digunakan oleh aplikasi- aplikasi yang berbasiskan Windows. EXEFile Program executable FULKatalog Backup (untuk tipe full backup) HELPFile Help (pembantu pada setiap aplikasi)

13 TIPE EKSTENSI FILE INCKatalog Backup (untuk tipe incremental backup) INIFile inisialisasi, yang berisikan inisialisasi untuk suatu program SETFile setup yang digunakan Backup untuk menyimpan file-file yang dipilih, konfigurasi program dan pilihan-pilihan lainnya. SYSDevice driver; device driver dimuat pada file CONFIG.SYS untuk menjalankan perlatan yang terhubung pada komputer anda, seperti monitor, modem, CD- ROM dan lain sebagainya. TXTFile Teks UMBFile backup yang dibuat MemMaker.


Download ppt "DOS (Disk Operating System) DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu system operasi single user dan single process yang tidak memiliki tampilan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google