Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SESSION 1 S/D 3. Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan bekerja terpadu untuk menerima masukan (Input), mengolah data, dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SESSION 1 S/D 3. Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan bekerja terpadu untuk menerima masukan (Input), mengolah data, dan."— Transcript presentasi:

1 SESSION 1 S/D 3

2 Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan bekerja terpadu untuk menerima masukan (Input), mengolah data, dan menghasilkan keluaran (Output), dimana data yang dapat tersebut bisa disimpan. Komputer tesebut dapat melakukan berbagai operasi seperti kalkulasi, menayangkan teks, dan grafis (citra gambar), mengakses data / teks melalui intruksi ayau program yang diberikan menjadi informasi. Melakukan komputerisasi, mentransfer, dan mengakses data. Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan bekerja terpadu untuk menerima masukan (Input), mengolah data, dan menghasilkan keluaran (Output), dimana data yang dapat tersebut bisa disimpan. Komputer tesebut dapat melakukan berbagai operasi seperti kalkulasi, menayangkan teks, dan grafis (citra gambar), mengakses data / teks melalui intruksi ayau program yang diberikan menjadi informasi. Melakukan komputerisasi, mentransfer, dan mengakses data. 1 1

3 a. Komputer Generasi Pertama (1947 – 1959) memakaitabung – tabung hampa dan bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin komputer, ini diciptakan oleh IBM, Univac, dan Burrogh. b. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) memakai transistor dan bahasa yang digunkan adalah Asembly atau Fortran. c. Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1975) memakai chip silikon dan bahasa yang digunakan adalah Fortran, Cobol, dan Basic. d. Komputer Generasi Keempat (1975 – Sekarang) memakai IC (Integrated Circuit) bahasa yang digunakan adalah bahasa tingkat tinggi (High Level Language) dan bahasa tingkat rendah (Low Level Language). a. Komputer Generasi Pertama (1947 – 1959) memakaitabung – tabung hampa dan bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin komputer, ini diciptakan oleh IBM, Univac, dan Burrogh. b. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) memakai transistor dan bahasa yang digunkan adalah Asembly atau Fortran. c. Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1975) memakai chip silikon dan bahasa yang digunakan adalah Fortran, Cobol, dan Basic. d. Komputer Generasi Keempat (1975 – Sekarang) memakai IC (Integrated Circuit) bahasa yang digunakan adalah bahasa tingkat tinggi (High Level Language) dan bahasa tingkat rendah (Low Level Language). 2 2

4 a. Komputer Super adalah komputer yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi dalam memproses data. Komputer ini membutuhkan waktu sepermilyar detik untuk mengeksekusi suatu data. b. Komputer Mainframe adalah komputer berukuran besar dugunakan untuk menangani ribuan terminal (komputer server). c. Komputer Mini walupun disebut mini tetapi berukuran besar seperti lemari pendingin. d. Komputer Micro sering juga disebut Komputer PC / komputer yang kita gunakan sekarang. e. Komputer Portable dan nootbook ini lebih dikenal dengan nama Laptop. a. Komputer Super adalah komputer yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi dalam memproses data. Komputer ini membutuhkan waktu sepermilyar detik untuk mengeksekusi suatu data. b. Komputer Mainframe adalah komputer berukuran besar dugunakan untuk menangani ribuan terminal (komputer server). c. Komputer Mini walupun disebut mini tetapi berukuran besar seperti lemari pendingin. d. Komputer Micro sering juga disebut Komputer PC / komputer yang kita gunakan sekarang. e. Komputer Portable dan nootbook ini lebih dikenal dengan nama Laptop. 3 3

5 Windows adalah sistem operasi yang digunakan untukmengoperasikan komputer atau menjalankan suatu program. Dengan kata lain windows adalah dasar untuk menjalankan suatu program. Program yang dijalankan dengan menggunakan windows sebagai dasar operasi disebut juga under windows Memulai Windows Untuk mengoperasikan windows digunakan cara sebagai berikut : a. Hidupkan komputer. b. Tunggu beberapa saat, maka windows akan keluar secara otomatis c. Jika dilayar tidak ada lagi yang bergerak berarti komputer telah memasuki sistem operasi windows. 1. Memulai Windows Untuk mengoperasikan windows digunakan cara sebagai berikut : a. Hidupkan komputer. b. Tunggu beberapa saat, maka windows akan keluar secara otomatis c. Jika dilayar tidak ada lagi yang bergerak berarti komputer telah memasuki sistem operasi windows.

6 Mengakhiri Windows Bila tidak ingin lagi memakai komputer maka komputer harus dimatikan secara benar bila tidak maka komputer akan rusak.  Cara mematikan komputer secara benar adalah :  a. Klik Start  b. Klik Shut down maka akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini:  c. Jika ingin mematikan Klik Shut down, Klik Ok 2. Mengakhiri Windows Bila tidak ingin lagi memakai komputer maka komputer harus dimatikan secara benar bila tidak maka komputer akan rusak.  Cara mematikan komputer secara benar adalah :  a. Klik Start  b. Klik Shut down maka akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini:  c. Jika ingin mematikan Klik Shut down, Klik Ok dimana artinya :  Stand by mematikan komputer tapi dalam keadaan stand by.  Shut down mematikan komputer secara keseluruhan  Restart menstart ulang komputer  Restart in MS-DOS mode berpindah keprogram DOS dimana artinya :  Stand by mematikan komputer tapi dalam keadaan stand by.  Shut down mematikan komputer secara keseluruhan  Restart menstart ulang komputer  Restart in MS-DOS mode berpindah keprogram DOS

7 6 6 Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mouse adalah jumlah tombol yangdapat di klik oleh mouse. Tombol pengkilikan biasanya ada 2 dan 3 atau tombol tengah diganti dengan roda, yang dikenal dengan istilah Scrool Mouse. Pada dasarnya mouse adalah alat untuk membantu keyboard. Istilah umum dalam penggunaan mouse adalah harus menetapkan bahwa pengklikan kiri adalah sebelah kiri tombol mouse dan klik kanan adalah sebelah kanantombol mouse. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mouse adalah jumlah tombol yangdapat di klik oleh mouse. Tombol pengkilikan biasanya ada 2 dan 3 atau tombol tengah diganti dengan roda, yang dikenal dengan istilah Scrool Mouse. Pada dasarnya mouse adalah alat untuk membantu keyboard. Istilah umum dalam penggunaan mouse adalah harus menetapkan bahwa pengklikan kiri adalah sebelah kiri tombol mouse dan klik kanan adalah sebelah kanantombol mouse.

8 7 7 Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mouse adalah jumlah tombol yangdapat di klik oleh mouse. Tombol pengkilikan biasanya ada 2 dan 3 atau tombol tengah diganti dengan roda, yang dikenal dengan istilah Scrool Mouse. Pada dasarnya mouse adalah alat untuk membantu keyboard. Istilah umum dalam penggunaan mouse adalah harus menetapkan bahwa pengklikan kiri adalah sebelah kiri tombol mouse dan klik kanan adalah sebelah kanantombol mouse. namaketerangan Klik Kilk Kanan Double Klik Drag and Drop Pointer Adalah penekanan mouse sebelah kiri sebanyak 1 kali. Adalah penekanan mouse sebelah kanan sebanyak 1 kali. Adalah penekanan secara cepat mouse sebelah kiri sebanyak 2 kali. Adalah penekanan mouse sebelah kiri sambil ditahan. Adalah lambang mouse / bentuk mouse berupa tanda panah.

9 8 8 Kecepatan pengklikan atau tombol pengklikan pada mouse dapat diubah (pada keadaan default pengkilkan adalah klik kiri), caranya : 1. Klik Start 2. Klik Setting, Klik Control Panel klik Icon Mouse. 3. Akan muncul kotak dialog sbb : Kecepatan pengklikan atau tombol pengklikan pada mouse dapat diubah (pada keadaan default pengkilkan adalah klik kiri), caranya : 1. Klik Start 2. Klik Setting, Klik Control Panel klik Icon Mouse. 3. Akan muncul kotak dialog sbb :

10 9 9 Adalah untuk melihat semua yang ada di komputer selain dari My Computer pada Windows Explorer seluruh bentuk ditampilkan secara mendetil. 1. Klik Start 2. Klik Program 3. Klik Windows Explorer Fasilitas yang didapat dari windows explorer adalah adalah Copy, Rename, Search, Delete dan sebagainnya. Adalah untuk melihat semua yang ada di komputer selain dari My Computer pada Windows Explorer seluruh bentuk ditampilkan secara mendetil. 1. Klik Start 2. Klik Program 3. Klik Windows Explorer Fasilitas yang didapat dari windows explorer adalah adalah Copy, Rename, Search, Delete dan sebagainnya..

11 10 Seperti yang telah kita ketahui kalkulator adalah alat hitung. 1. Klik Start 2. Klik Accessories, Klik Calculator Cara menggunakan calculator adalah tinggal mengklik saja dengan arti sebagai berikut: Seperti yang telah kita ketahui kalkulator adalah alat hitung. 1. Klik Start 2. Klik Accessories, Klik Calculator Cara menggunakan calculator adalah tinggal mengklik saja dengan arti sebagai berikut:

12 11  Kerjakan soal – soal dibawah ini dengan kalkulator !  1. 4 x =  x 10% =  : x 12 =  4. Akar pangkat 2 dari 4 =  5. simpanlah hasil perhitungan nomor 4.  Kerjakan soal – soal dibawah ini dengan kalkulator !  1. 4 x =  x 10% =  : x 12 =  4. Akar pangkat 2 dari 4 =  5. simpanlah hasil perhitungan nomor 4.

13 Komputer pada dasarnya terbagi atas Perangkat Lunak (Software) dan perangkat Keras (Hardware). 12  Perangkat Lunak terbagi atas : a. Segala macam program komputer, seperti DOS, Microsoft Windows, Linux dan sebagainnya. b. Segala macam bahasa yang digunakan untuk komputer, seperti Pascal, Basic, Cobol, Fox pro dan sebagainnya.  Perangkat Lunak terbagi atas : a. Segala macam program komputer, seperti DOS, Microsoft Windows, Linux dan sebagainnya. b. Segala macam bahasa yang digunakan untuk komputer, seperti Pascal, Basic, Cobol, Fox pro dan sebagainnya.  Perangkat Keras terbagi atas : a. Pengolah Data (CPU = Central Proccessing Unit). b. Monitor untuk menampilkan data atau gambar. c. Keyboard untuk memilih atau memberi masukan ke CPU. d. Mouse untuk memilih suatu perintah kemudian memerintahkan CPU untuk menjalankannya.- e. Printer untuk mencetak hasil diatas kertas.  Perangkat Keras terbagi atas : a. Pengolah Data (CPU = Central Proccessing Unit). b. Monitor untuk menampilkan data atau gambar. c. Keyboard untuk memilih atau memberi masukan ke CPU. d. Mouse untuk memilih suatu perintah kemudian memerintahkan CPU untuk menjalankannya.- e. Printer untuk mencetak hasil diatas kertas.

14 Komputer pada dasarnya terbagi atas Perangkat Lunak (Software) dan perangkat Keras (Hardware). 13 Sistem Operasi adalah suatu sistem yang digunakan komputer sehingga komputer bisa mengerti antara keinginan pengguna komputer dengan bahasa yang dipakai komputer. Sistem operasi yang dipakai komputer kebanyakan adalah sistem operasi DOS (Disk Operating System) dan Windows. Silahkan tekan control window + R pada keyboar dan ketikkan ketikkan cmd Sistem Operasi adalah suatu sistem yang digunakan komputer sehingga komputer bisa mengerti antara keinginan pengguna komputer dengan bahasa yang dipakai komputer. Sistem operasi yang dipakai komputer kebanyakan adalah sistem operasi DOS (Disk Operating System) dan Windows. Silahkan tekan control window + R pada keyboar dan ketikkan ketikkan cmd

15 14 PerintahHasil C:\>DIR C:\>A: Dir *.EXE Copy A: B: Copy A: *.BAT B: Del B: *.TXT MD C:\DATA REN B: *.TXT *.DAT cls Untuk membuka file yang ada di drive C Untuk berpindah dari prompt C ke prompt A Untuk melihat file yang berextension EXE Untuk mengkopi dari drive A ke drive B Untuk mengkopi file yang berextension BAT dari drive A ke drive B Untuk menghapus file yang berextension TXT di drive B Untuk membuat direktory DATA pada drive C Untuk mengganti file yang berextension TXT menjadi extension DAT pada drive B Membersihkan layar

16 session 1 s/d 3 finish


Download ppt "SESSION 1 S/D 3. Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan bekerja terpadu untuk menerima masukan (Input), mengolah data, dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google