Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH 4 ). Ia dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH 4 ). Ia dapat."— Transcript presentasi:

1

2  Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH 4 ). Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara.

3  Komponen utama dalam gas alam adalah metana (CH 4 ), yang merupakan molekul hidrokarbon rantai terpendek dan teringan. Gas alam juga mengandung molekul- molekul hidrokarbon yang lebih berat seperti etana (C 2 H 6 ), propana (C 3 H 8 ) dan butana (C 4 H 10 ), juga gas-gas yang mengandung sulfur (belerang). Gas alam juga merupakan sumber utama untuk sumber gas helium.

4  CNG  LPG  LNG

5  Gas alam terkompresi (Compressed natural gas, CNG) adalah alternatif bahan bakar selain bensin atau solar. Di Indonesia, kita mengenal CNG sebagai bahan bakar gas (BBG). Bahan bakar ini dianggap lebih 'bersih' bila dibandingkan dengan dua bahan bakar minyak karena emisi gas buangnya yang ramah lingkungan. CNG dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam.

6  Elpiji, pelafalan bahasa Indonesia dari akronim bahasa Inggris; LPG (liquified petroleum gas atau "gas minyak bumi yang dicairkan"), adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana (C 3 H 8 ) dan butana (C 4 H 10 ). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C 2 H 6 ) dan pentana (C 5 H 12 ).

7  LNG liquified natural gas (gas alam cair/LNG) adalah gas alam dalam bentuk cair, tidak berwarna, tidak berbau, non-korosif, dan tidak beracun. LNG diproduksi ketika gas alam didinginkan sampai -259 derajat Fahrenheit atau sekitar -160 derajat Celcius melalui proses yang dikenal sebagai pencairan.

8  Perbedaan LNG dengan LPG secara mendasar adalah LNG merupakan gas metana (C1) yang dicairkan, sedangkan LPG adalah gas propana (C3) atau butana (C4) yang dicairkan.

9  CNG pada dasarnya terdiri dari metana sedangkan LPG adalah campuran dari propana, butana dan bahan kimia lainnya.

10  CNG kadang-kadang dianggap sama dengan LNG. Walaupun keduanya sama-sama gas alam, perbedaan utamanya adalah CNG adalah gas terkompresi sedangkan LNG adalah gas dalam bentuk cair.

11  Industri, Industri menggunakannya sebagai sumber panas untuk menghasilkan barang-barang.  Kegunaan domestik, Digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan pemanas.

12  Listrik, Gas alam juga dapat digunakan untuk meciptakan listrik melalui penggunaan turbin gas dan turbin uap. Pembakaran gas alam lebih bersih daripada minyak dan batu bara sehingga dapat menghasilkan listrik dengan lebih efisien dan emisi yng lebih rendah.  Transportasi, Gas alam digunakan sebagai bahan bakar transportasi.

13

14

15

16

17


Download ppt " Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH 4 ). Ia dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google