Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

"PENGGALANGAN DANA SOSIAL (PDS)". 1 PENCETUS: Beberapa alumni SMPN 1 Cirebon angkatan 81. LATAR BELAKANG Usia “Jelita” – kesehatan menurun Jaminan Kesehatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: ""PENGGALANGAN DANA SOSIAL (PDS)". 1 PENCETUS: Beberapa alumni SMPN 1 Cirebon angkatan 81. LATAR BELAKANG Usia “Jelita” – kesehatan menurun Jaminan Kesehatan."— Transcript presentasi:

1 "PENGGALANGAN DANA SOSIAL (PDS)"

2 1 PENCETUS: Beberapa alumni SMPN 1 Cirebon angkatan 81. LATAR BELAKANG Usia “Jelita” – kesehatan menurun Jaminan Kesehatan – tidak semua mendapatkan Keadaan ekonomi yang tidak merata Anak anak alumni yang mungkin membutuhkan bantuan (karena telah menjadi yatim/piatu).

3 3 TUJUAN PDS Membantu teman-teman alumni/guru-guru yang mengajar kita dahulu yang memerlukan bantuan dana, karena keterbatasan ekonomi.

4 4 CARA BERPARTISIPASI: Mengisi Formulir Kesediaan - Dibuat untuk tujuan tertib administrasi - Mencantumkan jumlah dana yang disumbangkan (bebas dan sukarela – tidak ada minimum requirement) - Jumlah dana ini diharapkan disetorkan secara tetap dalam jangka waktu 12 bulan, dari Januari - Desember. - Formulir dikembalikan kepada Penanggung Jawab Adminstrasi dan Bendahara.

5 5 WAKTU PENYETORAN - Bulanan (awal bulan); - 3 Bulanan (awal Januari, Apri, Juli, Oktober); - 6 Bulanan (awal Januari dan awal Juni); atau - Tahunan. Tujuan penyetoran secara tetap: agar setiap bulan kita punya dana yang tetap.

6 6 ACCOUNT NUMBER No Rekening: , atas nama Saputri Sigra Kusumah, BCA kcp Batununggal. Dengan mencantumkan berita sbb: "Dana PDS dari [sebut nama]." BUKTI SETOR: Dikirim ke Bendahara dan Penanggung Jawab Administrasi.

7 7 PENGELOLA DANA PDS 1. Bendahara Ikatan Alumni SMP 1 Cirebon: - menampung dana; - membukukan dana; - menyalurkan dana; dan - melaporkan pengelolaan dana secara bulanan kepada para donatur. 2. Team Pendistribusian Dana Sosial ("Team PDS"), yang akan memberikan masukan dalam menentukan penerima dana dan besarannya.

8 8 PENERIMA DANA DAN KRITERIA Penerima dana adalah: 1. Alumnus SMP 1 Angkatan 81 ("Alumnus"): (i) tidak memiliki pekerjaan/sumber penghasilan atau memiliki pekerjaan/sumber penghasilan tapi sangat minim (misalnya: hanya mendapatkan upah minimum setempat): (ii) Memerlukan dana yang bersifat mendesak. Untuk sementara ini "dana yang bersifat mendesak" kepada mereka yang masuk kategori di atas hanya meliputi: - dana untuk keperluan pengobatan Alumnus, anak dan pasangannya yang sakit; dan - pemberian uang duka untuk keluarga (pasangan dan anak) dari Alumnus yang meninggal dunia.

9 9 PENERIMA DANA DAN KRITERIA (con’t) 2. Guru-guru SMP 1 yang dulu mengajar alumni SMP 1 Angkatan 81 ("Guru"), dengan ketentuan sebagai berikut: (i) tidak memiliki pekerjaan/sumber penghasilan: atau memiliki pekerjaan/sumber penghasilan tapi sangat minim (sebatas uang pensiun guru). (ii) Memerlukan dana yang bersifat mendesak. Untuk sementara ini "dana yang bersifat mendesak" hanya meliputi: - dana untuk keperluan pengobatan Guru yang sakit. - pemberian uang duka untuk keluarga dari Guru yang meninggal dunia.

10 10 DASAR PEMBERIAN Pemberian dana dilakukan berdasarkan prinsip: 1. "first come first serve" (siapa yang meminta lebih dahulu akan diberikan); dan 2."urgency"nya.

11 11 PAGU PENGELUARAN DANA Pagu Pengeluaran Dana adalah dana yang sudah disepakati para donatur untuk disumbangkan per bulannya. Misalnya: Setiap bulan Dana yang dikeluarkan tidak boleh melebihi 20 persen dari total dana yang mengendap pada bulan tersebut.

12 12 JUMLAH SUMBANGAN KEPADA PENERIMA DANA 1. Dana yang dikeluarkan tiap bulan tidak boleh melebihi Pagu Pengeluaran Dana; 2. Jika dana tersedia: - santunan kematian Alumni atau Guru, diberikan paling sedikit Rp. 250, Untuk Keperluan Mendesak bagi Alumni atau Guru, berkisar antara Rp Rp.500,000.

13 13 PROSEDUR PERMOHONAN DAN PEMBERIAN DANA 1. Stelsel Aktif Alumnus atau keluarga Alumnus yang sakit dapat mengajukan permohonan dana kepada anggota Team PDS di kota masing-masing melalui sms, atau surat tercatat. 2. Stelsel Pasif Team PDS akan menginventarisir alumni atau guru yang memerlukan bantuan dana dan menyampaikan kepada Bendahara untuk direalisasikan.

14 14 LAPORAN BULANAN (diberikan setiap akhir bulan) Laporan bulanan akan dibuat oleh Bendahara kepada donatur, dengan mencantumkan: a. Nama donatur/kode nama donatur (bagi yang namanya tidak ingin disebutkan); b. Jumlah donatur; c. Jumlah dana yang terkumpul; dan d. Jumlah dana yang disalurkan.

15 16 ADMINISTRASI -Administrasi file (baik soft copy maupun hard copy) harus dipelihara oleh Penanggung Jawab Administrasi KOMUNIKASI - Jika diperlukan akan dibuat milis donatur PDS - Pertemuan Tahunan atau Semesteran diadakan untuk evaluasi program (acara ini terbuka bagi donatur maupun non-donatur).

16 14 PDS DI MASA DEPAN -Membantu pendidikan anak anak alumni -Memberikan bea siswa kepada siswa SMPN1 yang kurang mampu - Membiayai pertemuan alumni secara berkala PARA RELAWA N -Bendahara : Uti - Team PDS : (i) Bandung : Niken (ii) Jakarta : Ahmad dan Endang (iii) Cirebon : Anwar - Pengelola Administrasi : Nia


Download ppt ""PENGGALANGAN DANA SOSIAL (PDS)". 1 PENCETUS: Beberapa alumni SMPN 1 Cirebon angkatan 81. LATAR BELAKANG Usia “Jelita” – kesehatan menurun Jaminan Kesehatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google