Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CONTENT ANALYSIS Wanda Listiani. DEFINISI ANALISIS ISI a. a.Suatu metode untuk menganalisis isi sebuah “teks”. b. b.Teks ditafsirkan dalam unit analisis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CONTENT ANALYSIS Wanda Listiani. DEFINISI ANALISIS ISI a. a.Suatu metode untuk menganalisis isi sebuah “teks”. b. b.Teks ditafsirkan dalam unit analisis."— Transcript presentasi:

1 CONTENT ANALYSIS Wanda Listiani

2 DEFINISI ANALISIS ISI a. a.Suatu metode untuk menganalisis isi sebuah “teks”. b. b.Teks ditafsirkan dalam unit analisis yang bisa dihitung. c. c.Pendekatan metode ini adalah kuantitatif. d. d.Analisis isi bertujuan untuk mendapatkan pemahaman struktur makna teks secara konsisten.

3 KELEMAHAN ANALISIS ISI a. a.terlalu menekankan pada pesan yang tampak (manifest content) b. b.kurang memperhatikan konteks (tidak membahas latent content) dan c. c.mengabaikan makna simbolik dari pesan (symbolic meaning of messages) sehingga tidak ditemukan “pesan” yang sesungguhnya dari teks.

4 CIRI-CIRI ANALISIS ISI Kajian tentang isi media banyak dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis). Ciri-ciri dari analisis isi adalah : a. a.Sistematis b. b.Objektif c. c.Kuantitatif

5 PENGOLAHAN DATA a. Fisik berita (posisi, layout dan panjang berita) b. Teknis berita (lingkup, tipe dan fokus berita) c. Struktur berita (judul, lead dan tubuh berita) d. Kecenderungan isi berita, (nilai berita, narasumber, kelengkapan dan kedalaman, aktor yang terlibat)

6 RUBRIKASI a. a.Berita hangat (hot news) b. b.Pendapat (opinion). Pendapat meliputi pendapat umum (public opinion) dan pendapat penerbit (desk opinion). Pendapat umum (public opinion) terdiri dari komentar, artikel dan suara pembaca, sementara pendapat penerbit (desk opinion) terdiri dari tajuk rencana, pojok, foto dan karikatur.

7 DEFINISI INDIKATOR Indikator didefinisikan sebagai seberapa pentingnya sebuah peristiwa yang dilakukan atau diselenggarakan oleh sebuah perusahaan menurut sebuah surat kabar (Scholten)

8 MACAM INDIKATOR a. a.panjang artikel (jumlah paragraf) b. b.posisinya dalam surat kabar tersebut (di halaman mana artikel tersebut diletakkan dalam sebuah surat kabar) c. c.ukuran judul d. d.posisinya dalam sebuah halaman e. e.apakah artikel tersebut diberi ilustrasi atau tidak.

9 TERIMA KASIH


Download ppt "CONTENT ANALYSIS Wanda Listiani. DEFINISI ANALISIS ISI a. a.Suatu metode untuk menganalisis isi sebuah “teks”. b. b.Teks ditafsirkan dalam unit analisis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google