Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBACA Membaca adalah suatu proses untuk memahami yang tersirat dalam sesuatu yang tersurat, melihat pikiran yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBACA Membaca adalah suatu proses untuk memahami yang tersirat dalam sesuatu yang tersurat, melihat pikiran yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis."— Transcript presentasi:

1 MEMBACA Membaca adalah suatu proses untuk memahami yang tersirat dalam sesuatu yang tersurat, melihat pikiran yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis.

2 Jenis-jenis membaca Dari aspek kegiatannya membaca dibagi 5 jenis: 1.Membaca keras : penekanan pada ketepatan bunyi, irama, kelancaran dan perhatian terhadap tanda baca. Disebut juga “membaca teknis’. 2.Membaca dalam hati : jenis kegiatan membaca untuk memeperoleh pengertian, baik pokok- pokok maupun rinciannya. Secara fisik harus menghindari vokalisasi, pengulangan, dan gesture.

3 Jenis membaca …… 3.Membaca cepat : membaca yang tidak menekankan pemahaman pada isi bacaan, melainkan memahami pokok-pokoknya saja. Dapat dilakukan dgn menggerakkan mata dengan pola- pola tertentu. 4.Membaca rekreatif : kegiatan membaca yang bertujuan untuk membina minat dan kecintaan membaca. Biasanya bacaan diambil dari karya- karya fiksional. 5. Membaca analitik Kegiatan membaca untuk mencari informasi dari bahan tertulis dan menarik kesimpulan yang tidak tertulis secara eksplisit dalam bacaan.

4 Teknik Membaca Keras Membaca keras/nyaring/teknis adakalanya kita lakukan untuk memberi pemahaman / informasi / hiburan kepada orang lain, misalnya membacakan cerpen, dongeng, berita, dll. Caranya : -Mengucapkan kalimat / tafsir yang tepat -Perhatikan intonasi, kecepatan, artikulasi, nada, -Penuh perasaan / ekspresi -Tidak selalu melihat teks -Percaya diri

5 TEKNIK MEMBACA CEPAT A.MEMBACA SCANNING  Disebut juga membaca tatap atau memindai, sangat cepat  Untuk mencari informasi secepat mungkin atau memahami teks bacaan secara lebih cepat  Tidak bisa digunakan dalam membaca teks yang harus dipahami secara intensif atau apresiatif: referensi, hukum, puisi.

6 Langkah-langkah membaca scanning 1.Perhatikan penggunaan urutan seperti angka, huruf, dan “langkah” misalnya : pertama, kedua, dst. 2.Cari kata yang dicetak tebal, miring atau dicetak berbeda 3.Kadang penulis meletakkan kata kunci di batas pragraf 4.Gerakkan mata seperti anak panah, langsung meluncur ke bawah untuk menemukan informasi yang dicari.

7 Langkah-langkah membaca scanning 5. Setelah ditemukan kecepatan membaca diperlaambat untuk menemukan keterangan lengkap. 6. Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik sesuai karakteristik bacaan misalnya, kamus disusun secara alfabetis dan ada kata kunci di setiap halaman; dll.

8 B. Membaca Skimming (membaca layap/ cepat / sekilas) Membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian tertentu sebuah bacaan. Langkah-langkah membaca skimming: - baca judul, sub judul, dan subheading untuk tahu apa yang dibicarakan teks tsb. - Perhatikan ilustrasi (gambar, foto) - Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraf - Jangan baca kata per kata, carilah kata kunci (keyword).

9 Kegunaan membaca skimming Untuk megenali topik bacaan dan memilih artikel, misalnya di perpustakaan, toko buku, dll. Untuk mengetahui pendapat / opini orang misal tajuk rencana surat kabar Untuk mendapat bagian penting yang diperlukan tanpa membaca keseluruhan.


Download ppt "MEMBACA Membaca adalah suatu proses untuk memahami yang tersirat dalam sesuatu yang tersurat, melihat pikiran yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google