Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIK MEMBACA BAHASA INDONESIA Penulisan Kreatif 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIK MEMBACA BAHASA INDONESIA Penulisan Kreatif 1."— Transcript presentasi:

1 TEKNIK MEMBACA BAHASA INDONESIA Penulisan Kreatif 1

2 Pengertian Membaca Allen dan Valette (177:249); membaca adalah proses yang berkembang. Tahap awal adalah pengenalan simbol-simbol huruf cetak yang terdapat dalam sebuah wacana. Dari membaca huruf per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, kemudian berlanjut dengan membaca paragraf per paragraf dan esai pendek. Allen dan Valette (177:249); membaca adalah proses yang berkembang. Tahap awal adalah pengenalan simbol-simbol huruf cetak yang terdapat dalam sebuah wacana. Dari membaca huruf per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, kemudian berlanjut dengan membaca paragraf per paragraf dan esai pendek. Kustaryo (1988:2); membaca adalah suatu kombinasi dari pengenalan huruf, intelect, emosi yang dihubungkan dengan pengetahuan si pembaca untuk memahami satu pesan yang tertulis. Kustaryo (1988:2); membaca adalah suatu kombinasi dari pengenalan huruf, intelect, emosi yang dihubungkan dengan pengetahuan si pembaca untuk memahami satu pesan yang tertulis. Davies (1997:1); membaca sebagai suatu proses mental (kognitif) yang di dalam proses tersebut seorang pembaca dapat mengikuti dan merespons pesan yang disampaikan oleh penulis. Kegiatan membaca adalah kegiatan bersifat aktif dan interaktif. Pembaca dengan pengetahuannya berusaha mengikuti jalan pikiran penulis, dan daya kritisnya merespons (menyetujui / menolak) ide penulis. Davies (1997:1); membaca sebagai suatu proses mental (kognitif) yang di dalam proses tersebut seorang pembaca dapat mengikuti dan merespons pesan yang disampaikan oleh penulis. Kegiatan membaca adalah kegiatan bersifat aktif dan interaktif. Pembaca dengan pengetahuannya berusaha mengikuti jalan pikiran penulis, dan daya kritisnya merespons (menyetujui / menolak) ide penulis.

3 Hasil dari Membaca 1. Memunculkan inspirasi menulis 2. Menyelami pemikiran-pemikiran baru 3. Memperkaya khazanah tulisan “Setelah membaca, langkah bijaknya adalah mencatat ide dan pemikiran tokoh (penulis) agar tidak lupa”

4 Teknik Membaca a. Membaca Cepat Pembaca memahami pesan yang disampaikan penulis secara cepat. Pembaca memanfaatkan teknik skimming dan scanning. b. Membaca Kritis Pembaca mampu menyerap dan memahami hal yang dibaca, sekaligus dapat memberikan tanggapan terhadapnya serta dapat mengekspresikan tanggapannya tersebut dalam bentuk lisan maupun tulisan. Pembaca memanfaatkan teknik KWLH dan SQ3R.

5 Teknik Skimming dan Scanning Skimming adalah proses membaca cepat untuk mencari fakta. Skimming adalah proses membaca cepat untuk mencari fakta. Langkah-2: 1) Pembaca perlu pastikan dirinya tahu informasi yang diperlukan; 2) Pembaca harus melihat baris demi baris, kalimat demi kalimat secara cepat; 3) Pembaca perlu mengingat dan berpikir tentang informasi yang diperlukan selama proses skimming; 4) Pembaca perlu memperlambat proses skimming saat mendapatkan kalimat2/informasi yang dicarinya.

6 Langkah-langkah Skimming (Mikulecky:1990) 1) Baca paragraf pertama dan kedua untuk mendapatkan overview dari sebuah artikel; 2) Pada paragraf ketiga dst, mulai tinggalkan bagian2 yang tidak diperlukan dan baca kalimat2/frasa kunci untuk mendapatkan pikiran utama dan beberapa detail yang dibutuhkan; 3) Baca seluruh paragraf terakhir yang biasanya merupakan rangkuman dari sebuah artikel.

7 Scanning adalah membaca cepat untuk mendapat pesan yang khusus, bukan untuk mendapat gambaran umum tentang keseluruhan bahan bacaan. Scanning adalah membaca cepat untuk mendapat pesan yang khusus, bukan untuk mendapat gambaran umum tentang keseluruhan bahan bacaan. Teknik scanning, dilakukan dengan cara menggerakkan mata dari atas ke bawah dengan cepat mengikuti halaman muka teks yang dibaca, sambil memberi perhatian pada pesan yang dicari. Teknik scanning, dilakukan dengan cara menggerakkan mata dari atas ke bawah dengan cepat mengikuti halaman muka teks yang dibaca, sambil memberi perhatian pada pesan yang dicari. Jika dalam bacaan terdapat indeks, baik indeks subjek maupun indeks pengarang, ada baiknya scanning diawali dari membaca indeks tersebut. Jika dalam bacaan terdapat indeks, baik indeks subjek maupun indeks pengarang, ada baiknya scanning diawali dari membaca indeks tersebut.

8 Teknik Membaca KWLH K (know); apa yang telah diketahui (sebelum membaca)? K (know); apa yang telah diketahui (sebelum membaca)? W (want); apa yang ingin dketahui (sebelum membaca)? W (want); apa yang ingin dketahui (sebelum membaca)? L (learned); apa yang telah diketahui (setelah membaca)? L (learned); apa yang telah diketahui (setelah membaca)? H (how); bagaimana mendapat pesan tambahan – yang berkaitan (untuk membaca seterusnya)? H (how); bagaimana mendapat pesan tambahan – yang berkaitan (untuk membaca seterusnya)?

9 Teknik Membaca SQ3R S (survey); meninjau S (survey); meninjau Q (question); menanyakan Q (question); menanyakan R (read); membaca R (read); membaca R (recite); menyatakan kembali secara lisan R (recite); menyatakan kembali secara lisan R (review); membaca ulang R (review); membaca ulang

10 Survey (meninjau): langkah membaca untuk mendapatkan gambaran keseluruhan apa yang terkandung dalam bacaan. Perhatikan judul utama tulisan, sub-sub judul, gambar/ilustrasi, grafik, bagian pendahuluan, bagian isi, bagian akhir. Survey (meninjau): langkah membaca untuk mendapatkan gambaran keseluruhan apa yang terkandung dalam bacaan. Perhatikan judul utama tulisan, sub-sub judul, gambar/ilustrasi, grafik, bagian pendahuluan, bagian isi, bagian akhir. Question (pertanyaan): buat pertanyaan sebagai panduan membaca untuk mencari jawaban dari bacaan. Question (pertanyaan): buat pertanyaan sebagai panduan membaca untuk mencari jawaban dari bacaan. Read (membaca): kegiatan membaca teks secara aktif dan mencoba mendapat jawaban dari pertanyaan2 yang dibuat. Read (membaca): kegiatan membaca teks secara aktif dan mencoba mendapat jawaban dari pertanyaan2 yang dibuat. Recite (imbas kembali): mengingat kembali pesan2 yang terdapat dalam bacaan. Pesan utama yang perlu diingat adalah jawaban atas pertanyaan2 yang dibuat sebelumnya. Recite (imbas kembali): mengingat kembali pesan2 yang terdapat dalam bacaan. Pesan utama yang perlu diingat adalah jawaban atas pertanyaan2 yang dibuat sebelumnya. Review (baca ulang): baca kembali bagian2 teks tertentu untuk cocokkan jawaban2 atas pertanyaan sebelumnya. Review (baca ulang): baca kembali bagian2 teks tertentu untuk cocokkan jawaban2 atas pertanyaan sebelumnya.

11 “Berpikir Kritis” Moore dan Parker (1998:23) Ketetapan yang hati-hati apakah kita menerima, menolak atau menangguhkan penilaian terhadap suatu pertanyaan. Ketetapan yang hati-hati apakah kita menerima, menolak atau menangguhkan penilaian terhadap suatu pertanyaan. 1) Apa topik utama bacaan yang Anda baca? 2) Kesimpulan apa yang diambil oleh penulis tentang topik tersebut? 3) Apakah alasan yang dikemukakan oleh penulis dapat dipercaya? 4) Apakah penulis menggunakan fakta atau opini? 5) Apakah penulis menggunakan kata2 netral atau emosional?

12


Download ppt "TEKNIK MEMBACA BAHASA INDONESIA Penulisan Kreatif 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google