Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menyimpulkan isi Informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menyimpulkan isi Informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung."— Transcript presentasi:

1 Menyimpulkan isi Informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung

2 mencatat poko-pokok isi informasi berarti merekam secara tertulis isi suatu kabar atau berita. Untuk mengetahui pokok-pokok isi informasi yang kita dengar, kita tidak dapat mengetahuinya berdasarkan satuan-satuan paragraf. Biasanya dari informasi yang kita dengar kita dapat menentukan pokok-pokok informasi berdasarkan yang paling mudah ditangkap dan diingat. A. Mencatat pokok-pokok informasi

3 Salah satu kunci untuk menentukan pokok-pokok informasi dapat menggunakan rumus 5w + 1H. What / apa Who / siapa Where / di mana When / kapan Why / mengapa How / bagaimana

4 b. Menyimpulkan isi informasi •Caranya yaitu dengan cara mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan dan menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudh dupahami. Agar informasi itu bermanfaat sampaikan kepada orang lain.

5 Tahap menyimak Informasi berita adalah sebagai berikut:  Mendengar(hearing) merupakan tahap menyimak segala sesuatu yang dikemukakan oleh pembicara  Memahami(understanding) merupakan tahap memahami dengan baik isi pembicaraan yang disampaikan oleh pembicara.  Menginterprestasikan (interpreting) penyimak menafsirkan atau menginterprestasikan isi, butir- butir pendapat yang terdapat dan tersirat dalam ujaran yang telah didengar dan dipahami

6 lanjutan  Mengefaluasi(evaluating) penyimak menilai atau mengevaluasi pendapat dan gagasan pembicara, keunggulan dan kelemahan, serta kebaikan dan kekurangan pembicara.  menerima gagasan atau ide yang dikemukakan oleh pembicara dalam ujaran atau pembicaraan, kemudian menanggapi.

7 b. Menyampaikan secara lisan isi informasi a)Pastikan bahwa semua isi teks telah tercakup dalam ringkasan b)Sampaikan ringkasan isi teks itu secara urut c)Gunakan kalimat yang efektif d)Gunakan lafal, intonasi, dan jeda secara tepat e)Ketika berbicara gunakan tempo yang tepat( jangan terlalu cepat tetapi juga jangan terlalu lambat) f)Gerak anggota tubuh dan mimik dapat dimanfatkan untuk memperjelas tuturan lisan

8 D. Menyusun Rangkuman/Ringkasan merangkum sama dengan meringkas yang berarti membuat atau menjadikan ringkas (tidak banyak makan tempat), membuat jadi pendek(cerita, pembicaraan); membuat ikhtisar atau mengambil intisari saja (KBBI, 1990).

9 •Menurut o. Setiawan Djuhairie dan suherli (2001), hasil kegiatan merangkum adalah rangkuman. Rangkuman diartikan sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas suatu uraian atau pembicaraan menjadi suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya.

10 Cara membuat rangkuman 1)Penulis bisa langsung mengemukakan isi dari suatu uraian atau pembicaraan tersebut tanpa harus menggunakan kalimat penyambung. 2)Jika hendak membuat rangkuman dapat dilakukan dengan cara mengambil pikiran utama setiap paragrafdari uraian yang dirangkum 3)Bahkan jika ingin lebih ringkas lagi, hanya mengambil tema atau tpik setiap wacana.

11 Langkah membuat rangkuman 1.Membaca naskah aslinya 2.Mencatat gagasan utama 3.Membuat reproduksi

12 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik kita telah mendengarkan informasi. Informasi tersebut mungkin sesuai dengan pendapat anda dan mungkin pula tidak. Terhadap informasi itu, anda dapat menyampaikan komentar atau kritik.

13 •Dalam KBBI (1990), komentar diartikan sebagi ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan). Ulasan atau tanggapan tersebut dapat berupa kritik atau saran. Kritik adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat.

14 lanjutan Mengkritik berarti mengemukakan kritik atau mengecam. Membuat kritik berarti memberikan kecaman atau tanggapan.

15 Kaidah dalam mengkritik a)Kritik dapat menunjukkan kelemahan dan kelebihan informasi b)Kritik yang disampaikan harus diikuti saran perbaikan sebagai solusi c)Kritik tersebut dapat bermanfaat bagi penulis informasi tersebut sebagai bahan perbaikan atau masukan d)Kritik tersebut memuat salah benar, tetapi lebih merupakan upaya memberi wawasan lain yang perlu dipertimbangkan karena wawasan itu mengandung kebenaran

16 KEMBALI


Download ppt "Menyimpulkan isi Informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google