Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lembar Kerja Siswa (LKS) 1 (Kebahasaan) “ Bahasa dan Sastra Indonesia “ Standar Kompetensi ” Mendengarkan ” Memahami siaran atau cerita yang disampaikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lembar Kerja Siswa (LKS) 1 (Kebahasaan) “ Bahasa dan Sastra Indonesia “ Standar Kompetensi ” Mendengarkan ” Memahami siaran atau cerita yang disampaikan."— Transcript presentasi:

1 Lembar Kerja Siswa (LKS) 1 (Kebahasaan) “ Bahasa dan Sastra Indonesia “ Standar Kompetensi ” Mendengarkan ” Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung / tidak langsung Kompetensi Dasar Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) Tujuan Pembelajaran Melalui kegiatan mendengarkan siaran radio, siswa dapat : 1.Mencatat isi pokok siaran radio 2.Menyimpulkan isi siaran radio ke dalam beberapa kalimat dengan ejaan yang tepat 3.Mengemukakan secara lisan isi siaran radio dengan lafal yang tepat : Khairunas, S.Pd. Kelas X, Semester 1, 2008/2009

2 Materi Pokok : Siaran Radio Mencatat isi pokok siaran radio Kegiatan 1 1.Dengarkan rekaman siaran berita dari Radio Elshinta! 2.Dengarkan sekali lagi rekaman siaran berita dari Radio Elshinta! 3.Tulislah isi atau pesan pokok berita yang didengar ke dalam tabel berikut : Contoh :Format dibagikan ke siswa NoIsi/Pesan Pokok Berita 1Film Laskar Pelangi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat sejak diputar serentak di bioskop, 25 September Dalam waktu 1,5 bulan film Laskar Pelangi telah ditonton 3,9 juta orang. 3Pencapaian angka penonton Laskar Pelangi melebihi film Ayat-Ayat Cinta. 4Diperkirakan dalam waktu dekat jumlah penonton Laskar Pelangi akan menembus angka 4 juta penonton.

3 Materi Pokok : Siaran Radio Menyimpulkan isi siaran radio ke dalam beberapa kalimat Kegiatan 2 Setelah menulis isi/pesan pokok berita, langkah selanjutnya adalah: 1.Kembangkan pokok-pokok berita menjadi suatu kesimpulan dengan bahasa dengan ejaan yang tepat! 2.Simpulan ditulis dalam beberapa kalimat yang runtut dan mudah dipahami! Contoh : Sejak diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008, film Laskar Pelangi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Karena hanya dalam waktu 1,5 bulan, film produksi Miles Film yang disutradarai Riri Reza ini telah ditonton 3,9 juta orang. Pencapaian angka tersebut melebihi angka penonton yang diraih film box office sebelunya, Ayat-Ayat Cinta. Diperkirakan dalam waktu dekat jumlah penonton Laskar Pelangi akan menembus angka 4 juta penonton.

4 Materi Pokok : Siaran Radio Mengemukakan secara lisan isi siaran radio dengan lafal yang tepat Kegiatan 3 1.Mengingat-ingat urutan berita! 2.Sampaikan siaran berita yang sudah disimpulkan di depan kelas! 3.Saat teman kalian menyampaikan berita, cermatilah keruntutan dan kejelasan penyampaian berita! 4.Sampaikan komentar tentang penyampaian teman dengan panduan berikut : Panduan Menilai Penyampaian Isi Pesan Format dibagikan ke siswa Nama SiswaKeruntutan ( 2 – 5 ) Kejelasan ( 2 – 5 ) Ahmad Maulana Ibra43 Siti Nur Komalasari35

5 Materi Pokok : Siaran Radio Pedoman Peskoran : 1.Keruntutan  Penyajian sesuai dan sistematis: 5  Penyajian cukup sesuai dan sistematis: 4  Penyajian kurang sesuai dan sistematis: 3  Penyajian tidak sesuai dan sistematis: 2 2.Kejelasan  Penyampaian berita lancar dan jelas: 5  Penyampaian berita cukup lancar dan cukup jelas: 4  Penyampaian berita kurang lancar dan kurang jelas: 3  Penyampaian berita tidak lancar dan tidak jelas: 2 Nilai : Keruntutan + Kejelasan Contoh Nilai Siti Nur Komalasari : = 8

6 Materi Pokok : Siaran Radio Tugas : Lakukan tugas berikut di rumah :  Dengarkan siaran berita di radio!  Tulislah isi atau pesan pokok yang disampaikan dalam berita tersebut!  Sampaikan kembali secara lisan di hadapan teman lain isi atau pesan pokok berita yang telah disimpulkan!  Sampaikan dengan intonasi dan mimik yang tepat agar temanmu tertarik mendengarnya!


Download ppt "Lembar Kerja Siswa (LKS) 1 (Kebahasaan) “ Bahasa dan Sastra Indonesia “ Standar Kompetensi ” Mendengarkan ” Memahami siaran atau cerita yang disampaikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google