Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lokakarya Penyusunan Program Pendayagunaan Bahan Belajar di Sekolah Terbuka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lokakarya Penyusunan Program Pendayagunaan Bahan Belajar di Sekolah Terbuka."— Transcript presentasi:

1 Lokakarya Penyusunan Program Pendayagunaan Bahan Belajar di Sekolah Terbuka

2 PERAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TERBUKA

3 Media Pembelajaran  Media : Medium = Perantara  Media komunikasi : perantara penyampai pesan/informasi  Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampai- kan materi pembelajaran

4 Masalah belajar di Sekolah T  Kurangnya sumber belajar audio visual  Kurangnya waktu bagi siswa untuk belajar  Terbatasnya waktu belajar tatap muka  Kurangnya variasi bahan belajar  Motivasi belajar rendah

5 Kontribusi media dalam pembelajaran  Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting  Memberikan pengganti pengalaman langsung  Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati  Membuat kongkrit konsep yang abstrak  Memberikan pengalaman segi pengamatan  Menyajikan perbedaan warna secara visual  Menyajikan informasi yang memerlukan gerak

6 Jenis media dalam pembelajaran  Media Audio  Media Visual  Media Audiovisual  Program Kaset Audio  Program Siaran Radio  Radio Komunikasi Dua Arah  Film Bingkai Suara  Video  Model  Gambar  Radio Komunikasi Dua Arah

7 Program kaset AUDIO  Kelebihan  Pemanfaatan sangat luwes, tidak terikat pada jadwal siaran.  Penyajiannya mudah menggunakan radio tape.  Mudah dikontrol oleh guru maupun siswa.  Mudah digandakan.

8 Program kaset AUDIO  Kekurangan  Daya jangkau terbatas.  Kecepatan penyampaian informasi tidak dapat diubah-ubah.  Sukar perhatian siswa.  Pemakaian yang berulang-ulang akan mengurangi kualitas suara.  Memerlukan peralatan khusus dan tenaga listrik untuk penyajiannya.

9 Program Siaran Radio  Kelebihan  Daya jangkaunya luas.  Dapat menyajikan secara seketika.  Mempunyai konsistensi tinggi.  Dapat memberikan suasana alam nyata dengan berbagai teknik dan efek suara,.

10 Program Siaran Radio  Kekurangan  Terikat pada jadwal yang ketat.  Tidak dapat dikontrol oleh guru maupun siswa.  Karena mengandalkan gelombang suara, keadaan cuaca atau tinggi rendah lokasi sangat berpengaruh dalam penerimaan program siaran. Pada saat cuaca buruk biasanya kualitas suara juga buruk.

11 Radio Komunikasi 2 Arah  Kelebihan  Tidak terikat waktu penyiaran.  Dapat menjangkau sasaran yang luas.  Dapat dikontrol oleh guru maupun siswa.  Bersifat dua arah sehingga memungkinkan terjadinya interaksi spontan.

12 Radio Komunikasi 2 Arah  Kekurangan  Cuaca dan tinggi rendah lokasi sangat berpengaruh dalam penerimaan program siaran.  Menaga listrik untuk pemanfaatannya.  Memerlukan keterampilan khusus dalam pemanfaatannya.

13 Model  Kelebihan  Dapat memberikan gambaran konkrit tentang materi pembelajaran.  Dapat dipergunakan untuk menjelaskan bagian-bagian organ tubuh manusia sebelah dalam atau komponen- komponen benda lainnya serta fungsi dan kerja dari bagian-bagian organ atau komponen tersebut.  Mudah diamati karena cukup besar untuk dapat dipelajari

14 Model  Kekurangan  Hanya dapat digunakan untuk kelompok yang relatif kecil.  Harganya pada umumnya mahal.

15 Gambar  Kelebihan  Dapat digunakan di sembarang ruangan.  Mudah menyiapkan dan menggunakannya.  Mudah diatur atau diubah proses penyajiannya.  Dapat memberikan gambaran konkrit konsep yang abstrak.  Dapat mempermudah daya serap belajar

16 GAMBAR  Kekurangan  Tidak dapat menjangkau kelompok yang besar.  Memerlukan kemampuan penyajian yang handal agar proses pembelajaran dapat menarik minat siswa

17 Transparansi OHP  Kelebihan  Mudah memanfaatkannya.  Dapat digunakan untuk kelompok besar.  Dapat digunakan di sembarang ruangan.  Mudah menyiapkan dan menggunakannya.  Mudah menyiapkan dan menggunakannya.  Mudah diatur atau diubah proses penyajiannya.  Dapat memberikan gambaran konkrit konsep yang abstrak.

18 Transparansi OHP  Kekurangan  Memerlukan peralatan khusus serta kemampuan penyajian yang handal agar proses pembelajaran dapat menarik.  Peralatannya lebih besar dibandingkan proyektor lainnya, sehingga kalau tidak diatur dengan baik dapat menghalangi pandangan siswa.

19 Program film bingkai suara  Kelebihan  Dapat memberikan gambaran konkrit tentang materi pembelajaran.  Dapat digunakan untuk berbagai ukuran kelompok.  Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya.  Mudah mengontrol penyajian.  Mudah membuatnya.

20 Program film bingkai suara  Kekurangan  Memerlukan yang baik dan lebih lama sebelum penyajian.  Memerlukan peralatan penyajian yang relatif mahal dan agak rumit.  Memerlukan sumber listrik untuk penyajiannya.  Memerlukan ruangan yang cukup gelap.

21 Program video  Kelebihan  Dapat digunakan seketika setelah program video direkam.  Dapat digunakan berkali-kali.  Dapat digunakan untuk menyajikan materi yang secara fisik tidak dapat dibawa ke dalam kelas.  Dapat menyajikan obyek yang berbahaya.  Tidak memerlukan ruangan yang gelap pada waktu penyajian.

22 Program video  Kekurangan  Biaya pembuatannya mahal.  Memerlukan keahlian khusus untuk membuat programnya.  Format video ada bermacam-macam yang satu dengan yang lain tidak bisa diputar pada alat pemutar yang sama (incompatible)


Download ppt "Lokakarya Penyusunan Program Pendayagunaan Bahan Belajar di Sekolah Terbuka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google