Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI PIDATO KELAS X. PENGERTIAN PIDATO Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI PIDATO KELAS X. PENGERTIAN PIDATO Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk."— Transcript presentasi:

1 MATERI PIDATO KELAS X

2 PENGERTIAN PIDATO Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN TEKS PIDATO 1.Menentukan tujuan pidato 2.Mengumpulkan bahan 3.Menyusun kerangka pidato 4.Menentukan topik 5.Mengembangkan kerangka menjadi teks pidato TUJUAN PIDATO Instruktif (untuk memberitahukan sesuatu kepada pendengar) Persuasif (untuk mempengaruhi pendengar) Rekreatif (bersifat menghibur) Argumentatif (membuktikan kebenaran)

3 METODE PIDATO Metode impromptu yaitu pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa menggunakan teks Metode menghafal yaitu pidato yang dilakukan dengan menghafalkan naskah terlebih dahulu Metode naskah yaitu pidato yang dilakukan dengan membaca naskah pidato Metode ekstemporan yaitu pidato yang dilaksanakan dengan membuat outline atau kerangka pidato terlebih dahulu KELEMAHAN DAN KELEBIHAN METODE PIDATO METODE IMPROMTU Kekurangan 1.Materi kadang tidak disampaikan secara urut / sistematis 2.Mendadak 3.Kurang persiapan, sehingga kemungkinan ada yang terlupa Kelebihan 1.Bahasanya singkat sehingga tidak membosankan 2.Bebas memilih topik

4 METODE NASKAH Kekurangan 1.Membosankan 2.Interaksi dengan pendengar kurang 3.Suara monoton 4.Bersifat kaku 5.Mata pembicara selalu ditujukan ke bawah sehingga tidak bisa bebas memandang pendengarnya. Kelebihan 1.Terencana dengan baik, lengkap, dan sistematis 2.Kalimatnya dapat dikoreksi ulang 3.Tidak ada hal yang terlupakan

5 MENGHAFAL Kekurangan 1.Bila lupa akan mempengaruhi isi pidato 2.Membosankan 3.Suara monoton Kelebihan 1.Melatih daya ingat dan tersusun secara sistematis EKSTEMPORAR Kekurangan 1.Seakan-akan kurang siap karena berkali-kali menunduk melihat catatan Kelebihan 1.Materi diungkapkan secara sistematis dan lengkap

6 BERDASARKAN DARI SIFAT ISI PIDATO, PIDATO DIBEDAKAN ATAS 1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc untuk menuturkan jalannya acara/susunan acara. 2. Pidato pengarahan adalah pidato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan. 3. Pidato Sambutan, merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian. 4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu. 5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan. 6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.


Download ppt "MATERI PIDATO KELAS X. PENGERTIAN PIDATO Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google