Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menyusun Naskah Pidato. Hakikat Pidato Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan (1) pihak yang berkomunikasi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menyusun Naskah Pidato. Hakikat Pidato Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan (1) pihak yang berkomunikasi,"— Transcript presentasi:

1 Menyusun Naskah Pidato

2 Hakikat Pidato Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan (1) pihak yang berkomunikasi, (2) informasi yang dikomunikasikan, dan (3) alat komunikasi

3 Bentuk komunikasi lisan Tegur sapa, percakapan, telepon, wawancara, diskusi, debat, pidato, dll.. Tegur sapa, percakapan, telepon, wawancara, diskusi, debat, pidato, dll..

4 Pidato dilihat dari ada tidaknya persiapan Impromtu (serta merta) Impromtu (serta merta) Manuskrip (naskah) Manuskrip (naskah) Memoriter (hafalan) Memoriter (hafalan) Ekstemporan (ekstempore) Ekstemporan (ekstempore)

5 1. Impromtu (serta merta) Impromtu adalah jenis pidato secara mendadak atau kebetulan. Impromtu adalah jenis pidato secara mendadak atau kebetulan. Keuntungan: Keuntungan: (1) dapat mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya, (2) gagasan dan pendapatnya datang secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup, (3) memungkinkan Anda terus berpikir.

6 Keuntungan impromtu (1) dapat mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya, (2) gagasan dan pendapatnya datang secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup, (3) memungkinkan Anda terus berpikir.

7 Kelemahan impromtu: (1) dapat menimbulkan kesimpulan yang mentah, (2) penyampaian tersendat-sendat, (3) gagasan bisa tidak teratur (4) kemungkinan demam panggung

8 2. Manuskrip Pidato dibacakan dari awal sampai akhir. Pidato dibacakan dari awal sampai akhir. Pidato ini diperlukan oleh tokoh nasional, para ilmuwan, pidato dalam radio. Pidato ini diperlukan oleh tokoh nasional, para ilmuwan, pidato dalam radio.

9 Keuntungan Manuskrip Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya, Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya, Pernyataan dapat dihemat, Pernyataan dapat dihemat, Kefasihan bicara dapat dicapai, Kefasihan bicara dapat dicapai, Hal-hal menyimpang dapat dihindari, Hal-hal menyimpang dapat dihindari, Dapat diperbanyak. Dapat diperbanyak.

10 Kelemahan Komunikasi dengan pendengar akan berkurang, Komunikasi dengan pendengar akan berkurang, Pembicara tidak dapat melihat pendengar dengan baik Pembicara tidak dapat melihat pendengar dengan baik Umpan balik dari pendengar tidak dapat mengubah, memperpendek atau memperpanjang pesan, Umpan balik dari pendengar tidak dapat mengubah, memperpendek atau memperpanjang pesan, Pembuatannya lebih lama Pembuatannya lebih lama

11 3. Memoriter Jenis pidato yang ditulis kemudian diingat kata demi kata. Jenis pidato yang ditulis kemudian diingat kata demi kata.

12 Keuntungan Memungkinkan ungkapan yang tepat, Memungkinkan ungkapan yang tepat, Organisasi yang berencana, Organisasi yang berencana, Pemilihan bahasa yang teliti, Pemilihan bahasa yang teliti, Gerak dan isyarat yang diintegrasikan dengan uraian. Gerak dan isyarat yang diintegrasikan dengan uraian.

13 Kelemahan Tidak terjalin saling hubungan antara pesan dengan pendengar, Tidak terjalin saling hubungan antara pesan dengan pendengar, Memerlukan banyak waktu dalam persiapan, Memerlukan banyak waktu dalam persiapan, Kurang spontan, Kurang spontan, Perhatian beralih dari kata-kata kepada usaha mengingat-ingat. Perhatian beralih dari kata-kata kepada usaha mengingat-ingat.

14 4. Ekstemporer Pidato yang telah menyiapkan outline dan pokok-pokok penunjang pembahasan Pidato yang telah menyiapkan outline dan pokok-pokok penunjang pembahasan

15 Keuntungan Komunikasi pendengar langsung kepada khalayak, Komunikasi pendengar langsung kepada khalayak, Pesan dapat lebih fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan dan penyajiannya lebih spontan Pesan dapat lebih fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan dan penyajiannya lebih spontan

16 kelemahannya Persiapan kurang baik bila dibuat terburu-buru, Persiapan kurang baik bila dibuat terburu-buru, Pemilihan bahasa yang jelek. Pemilihan bahasa yang jelek.

17 Dua macam tujuan dalam berpidato Tujuan umum, yang dirumuskan dalam tiga hal: memberitahukan (informatif), mempengaruhi (persuasif), dan menghibur (rekreatif) Tujuan umum, yang dirumuskan dalam tiga hal: memberitahukan (informatif), mempengaruhi (persuasif), dan menghibur (rekreatif)

18 Lanjutan Tujuan khusus berdasarkan atas jenis-jenis pidato: Tujuan khusus berdasarkan atas jenis-jenis pidato: - Pidato Informatif bertujuan untuk menambah pengetahuan pendengar, komunikan diharapkan memperoleh penjelasan, menaruh minat dan memiliki pengertian tentang persoalan yang dibicarakan.

19 Lanjutan - Pidato Persuasif bertujuan agar orang mempercayai sesuatu, melakukannya atau terbakar semangat antusiasmenya, keyakinannya. Tindakan dan semangat adalah bentuk reaksi yang diharapkan.

20 Lanjutan - Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur pendengar. Perhatian, kesenangan, dan humor adalah reaksi pendengar yang diharapkan di sini.


Download ppt "Menyusun Naskah Pidato. Hakikat Pidato Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan Komunikasi sebagai suatu proses melibatkan (1) pihak yang berkomunikasi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google