Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apa itu Metode pembelajaran ? Metode Pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara- cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apa itu Metode pembelajaran ? Metode Pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara- cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan."— Transcript presentasi:

1

2 Apa itu Metode pembelajaran ? Metode Pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara- cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai.

3 Apa saja Macam Macam Metode Pembelajaran ? Metode Ceramah Metode Ekspositori Metode Demonstra si Metode Drill Dan Latihan Metode Tanya Jawab

4 Metode Ceramah Ceramah adalah suatu cara penyampaian informasi secara lisan kepada sejumlah pendengar didalam ruangan dimana pendengar melakukan pencatatan seperlunya Komunikasi yang terjalin umumnya hanya satu arah, dari pembicara kepada pendengar. Pada metode ini yang banyak bicara adalah pembicara (guru).

5 Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah Kelebihan Metode ceramah relatif lebih murah karena dapat memuat lebih banyak siswa dalam satu kelas per guru. Lebih fleksibel dilihat dari segi waktu, tempat, siswa, perlengkapan, kegiatan siswa, dibandingkan dengan metode lain seperti metode diskusi. Dapat berjalan tanpa memperhatikan banyaknya siswa Isi silabus dapatdiselesaikan dengan lebih mudah, karena guru tidak harus menyesuaikan dengan kecepatan belajar siswa Kekurangan Menyebabkan belajar hanya menghafal (rote learning) yang tidak menyebabkan timbulnya pengertian (makna) pada siswa. Menyebabkan siswa pasif, dan hanya aktif membuat catatan saja. Pertimbangan bahwa materi yang diajarkan itu baik hanya menurut pertimbangan pengajar. Menyebabkan materi yang diceramahkan lekas terlupakan

6 Metode Ekspositori Metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang digunakan dengan memberikan keterangan terlebih dahulu definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Ausubel Belajar Menerima Belajar Menemukan Ausubel Belajar Menghafal Belajar Bermakna

7 Langkah-langkah Metode Ekspositori Persiapan (preparation) Penyajian (presentation) Korelasi (correlation) Menyimpulkan (generalization) Mengaplikasikan (application) Persiapan (preparation) Penyajian (presentation) Korelasi (correlation) Menyimpulkan (generalization) Mengaplikasikan (application)

8 Kelebihan Dan Kekurangan Metode ekspositori Kelebihan guru bisa mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran efektif apabila materi pelajaran yang harus dikuasai siswa cukup luas, sementara itu waktu yang dimiliki untuk belajar terbatas. selain siswa dapat mendengar melalui penuturan (ceramah) tentang suatu materi pelajaran, juga sekaligus siswa bisa melihat atau mengobservasi (melalui pelaksanaan demonstrasi). Kekurangan Keberhasilan strategi pembelajaran ekspositori sangat tergantung kepada apa yang dimiliki guru, seperti persiapan, pengetahuan, rasa percaya diri, semangat, antusiasme, motivasi, dan berbagai kemampuan seperti kemampuan bertutur (berkomunikasi), dan kemampuan mengelola kelas. Tanpa itu sudah dapat dipastikan proses pembelajaran tidak mungkin berhasil.

9 Metode Demonstrasi Demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran dengan cara menceritakan dan memperagakan suatu langkah-langkah pengerjaan sesuatu. Metode demonstrasi dibutuhkan dalam pembelajaran matematika terutama materi-materi yang membutuhkan alat peraga pembelajaran. Ini untuk menanamkan pemahaman yang mendasar dan konstruktif terhadap materi yang dipelajari.

10 Agar pembelajaran dengan menggunakan metode berlangsung secara efektif dan efisien, ada beberapa yang dapat dilakukan, yaitu :  Lakukanlah perencanaan yang matang sebelum pembelajaran dimulai.  Rumuskanlah tujuan pembelajaran dengan metode demonstrasi, dan pilihlah materi yang tepat untuk didemonstrasikan.  Buatlah garis besar langkah-langkah demonstrasi  Tetapkanlah apakah demontrasi tersebut akan dilakukan guru atau oleh peserta didik, atau oleh guru kemudian diikuti peserta didik.  Mulailah demonstrasi dengan menarik perhatian seluruh peserta didik  Lakukanlah evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

11 Kelebihan Dan Kekurangan Metode Demonstrasi Kelebihan Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan bila dibandingkan dengan hanya membaca atau mendengarkan, karena murid mendapatkan gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya. Karena gerakan dan proses dipertunjukkan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak. Beberapa persoalan yang menimbulkan pertanyaan atau keraguan dapat diperjelas waktu proses demonstrasi. Kekurangan Metode ini memerlukan keterampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjang dengan hal itu, pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif. Fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik. Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang di samping memerlukan waktu yang cukup panjang

12 Metode Drill Dan Latihan Drill merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan- latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang- ulang, akan tetapi bagaimanapun juga antara situasi belajar yang pertama dengan situasi belajar yang realistis, ia akan berusaha melatih keterampilannya. Bila situasi belajar itu diubah-ubah kondisinya sehingga menuntut respons yang berubah, maka keterampilan akan lebih disempurnakan.

13 Kelebihan Dan Kekurangan Metode Drill dan Latihan Kelebihan Pengertian siswa lebih luas melalui latihan berulang-ulang. Siswa siap menggunakan keterampilannya karena sudah dibiasakan. Kekurangan Menghambat bakat dan inisiatif anak didik karena anak didik lebih banyak dibawa kepada penyesuaian dan diarahkan kepada jauh dari pengertian. Dapat rnenyebabkan kebosanan. Mematikan kreasi siswa.

14 Metode Tanya Jawab Metode Tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan. Metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara pendidik dan peserta didik, bisa dalam bentuk pendidik bertanya dan peserta didik menjawab atau dengan sebaliknya.

15 Hal hal yang harus diperhatikan agar siswa tetap aktif dalam menggunakan metode Tanya jawab, antara lain :  Menghargai pertanyaan, jawaban, keluhan siswa bagaimanapun rendah mutunya  Menerima jawaban siswa kemudian lakukan pengecekan dengan menggunakan pertanyaan  Bertindak atau bersikap seolah-olah belum tahu atau membuat kekeliruan yang disengaja. Cara-cara ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dan siswa menjadi lebih kritis.  Menghargai pertanyaan, jawaban, keluhan siswa bagaimanapun rendah mutunya  Menerima jawaban siswa kemudian lakukan pengecekan dengan menggunakan pertanyaan  Bertindak atau bersikap seolah-olah belum tahu atau membuat kekeliruan yang disengaja. Cara-cara ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dan siswa menjadi lebih kritis.

16 Kelebihan Dan Kekurangan Metode Tanya Jawab Kelebihan Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan cara berpikir, termasuk daya ingatan. Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat. Kekurangan Siswa merasa takut, apalagi bila kurang dapat mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang, melainkan akrab. Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa.


Download ppt "Apa itu Metode pembelajaran ? Metode Pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari cara- cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google