Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disampaikan pada : TOT Asesor Sekolah/Madrasah Bandung, September—Oktober 2013 “Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disampaikan pada : TOT Asesor Sekolah/Madrasah Bandung, September—Oktober 2013 “Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu”"— Transcript presentasi:

1 Disampaikan pada : TOT Asesor Sekolah/Madrasah Bandung, September—Oktober 2013 “Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu”

2 DEFINISI KOMUNIKASI Proses interaksi yang di dalamnya terjadi jalinan antar personal (pribadi) antar pihak- pihak yang terlibat, saling melengkapi, memperbaiki, dan memahami persoalan- persoalan yang dialami oleh personil terlibat di dalam komunikasi tersebut.

3 IDE ” Kemampuan seseorang untuk menyampaikan atau mengirim pesan kepada khalayak (penerima pesan) ”. Hafied Changara (2007:85) ” Keterampilan seseorang dalam menyampaikan pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh penerima pesan ”. Anwar Arifin (2008:58) Kemampuan seseorang untuk menyampaikan atau mengirim pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh penerima pesan Kemampuan seseorang untuk menyampaikan atau mengirim pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh penerima pesan. DEFINISI KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAYA KREATIF

4 UNSUR KOMUNIKASI SUMBER/ KOMUNIKATOR ISI PESANMEDIA/ SALURAN PENERIMA/ KOMUNIKAN

5 UNSUR KOMUNIKASI SUMBER/ KOMUNIKATOR ISI PESANMEDIA/SALURANPENERIMA/KOMUNIKAN Penyampai informasi Siapa dia? Seberapa luas/dalam pengetahuannya tentang informasi yang disampaikannya? Penyampai informasi Siapa dia? Seberapa luas/dalam pengetahuannya tentang informasi yang disampaikannya?

6 UNSUR KOMUNIKASI SUMBER/KOMUNIKATOR ISI PESAN MEDIA/SALURANPENERIMA/KOMUNIKAN apa yang disampaikan Panjang pendeknya, kelengkapannya perlu disesuaikan dengan tujuan komunikasi, media penyampaian, penerimanya apa yang disampaikan Panjang pendeknya, kelengkapannya perlu disesuaikan dengan tujuan komunikasi, media penyampaian, penerimanya

7 UNSUR KOMUNIKASI SUMBER/KOMUNIKATORISI PESAN MEDIA/ SALURAN PENERIMA/KOMUNIKAN Media yang digunakan. Apakah hanya berbicara? Apakah percakapan dilakukan secara tatap muka atau melalui telepon, buklet, vcd, e- mail/internet). Media yang digunakan. Apakah hanya berbicara? Apakah percakapan dilakukan secara tatap muka atau melalui telepon, buklet, vcd, e- mail/internet).

8 UNSUR KOMUNIKASI SUMBER/KOMUNIKATORISI PESANMEDIA/SALURAN PENERIMA/ KOMUNIKAN Penerima (yang diberi informasi). Bagaimana karakternya? Apa kepentingannya? (langsung, tidak langsung).

9 KOMUNIKASI VERBAL komunikasi yang terjadi bila dua orang atau lebih melakukan kontak satu sama lain dengan menggunakan alat artikulasi atau pembicaraan. KOMUNIKASI FISIK komunikasi yang terjadi manakala dua orang atau lebih melakukan kontak dengan menggunakan bahasa tubuh. Misalnya, ekspresi wajah, posisi tubuh, gerak-gerik dan kontak mata KOMUNIKASI EMOSIONAL interaksi yang terjadi manakala individu melakukan kontak satu sama lain dengan melakukan curahan perasaan JENIS-JENIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI Asrori (2003:136)

10 PROSES KOMUNIKASI Komunikasi dapat efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan, pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan dan tidak ada hambatan untuk hal itu (Hardjana, 2003). CARA MENGAMATI MEN- DENGAR CARA BERBICARA Menjaga sikap selama berkomunikasi agar tidak mengganggu komunikasi

11 1.Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka 2.Ajukan pertanyaan tentang minat mereka 3.Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka 4.Tunjukkan rasa persetujuan: Katakan kepada mereka apa yang anda kagumi tentang mereka dan mengapa 5.Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan 6.Beri mereka kontak mata 7.Ungkapkan diri anda seperlunya 8.Berikan kesan bahwa anda berdua berada di tim yang sama 9.Berikan mereka senyuman terbaik anda 10.Menawarkan saran yang bermanfaat 11.Beri mereka motivasi 12.Tampil dengan tingkat energi yang sedikit lebih tinggi dibanding orang lain 13.Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan telinga mereka 14.Tawarkan untuk komunikasi lebih lanjut 14 KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

12

13 MEMBANGUN KETRAMPILAN BERBICARA EFEKTIF Respect Empathy Audible Clarity Humble

14 Respect merupakan sikap hormat dan sikap menghargai terhadap lawan bicara kita. Kita harus memiliki sikap (attitude) menghormati dan menghargai lawan bicara kita karena pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting. Jika kita bahkan harus mengkritik seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaan orang tersebut. Respect merupakan sikap hormat dan sikap menghargai terhadap lawan bicara kita. Kita harus memiliki sikap (attitude) menghormati dan menghargai lawan bicara kita karena pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting. Jika kita bahkan harus mengkritik seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaan orang tersebut.

15 Respect Empathy Audible Clarity Humble Empati merupakan kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Rasa empati akan mendorong kita untuk dapat menyampaikan pesan (message) dengan cara dan sikap yang akan memudahkan penerima pesan (receiver) menerimanya. ”Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.” Empati merupakan kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Rasa empati akan mendorong kita untuk dapat menyampaikan pesan (message) dengan cara dan sikap yang akan memudahkan penerima pesan (receiver) menerimanya. ”Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.”

16 Respect Empathy Audible Clarity Humble dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik Tentukan tujuan dengan jelas Organisasikan ide Format bahasa yang kita pakai Pesan Jelas, tepat dan meyakinkan Pesan fleksibel Tentukan tujuan dengan jelas Organisasikan ide Format bahasa yang kita pakai Pesan Jelas, tepat dan meyakinkan Pesan fleksibel Menghargai orang lain, memerlukan sikap rendah hati. Tidak menganggap diri penting ketika berbicara Mudah menangkap respon yg positif dari si penerima pesan Menghargai orang lain, memerlukan sikap rendah hati. Tidak menganggap diri penting ketika berbicara Mudah menangkap respon yg positif dari si penerima pesan

17 KOMUNIKASI PADA SAAT PRESENTASI

18 STRATEGI KOMUNIKASI PADA SAAT PRESENTASI Kuasai materi Sesuaikan gaya dengan isi: komunikasi sesuai dengan situasi dan kondisi. Rencanakan media: pilih media yang benar-benar diperlukan. Variatif: diselingi humor, menyanyi, dsb …………………………………………………………………………………..

19 1.Membuka suasana: Icebreaking, ucapan trim’s 2.Latihan Gerak tubuh 3.Mimik – muka 4.Intonasi Suara 5.Artikulasi kalimat 6.Menyegarkan suasana 7.Bentuk-bentuk penegasan 8.Berikan pesan terakhir 9.Mencari umpan balik 10.Penutupan 1.Membuka suasana: Icebreaking, ucapan trim’s 2.Latihan Gerak tubuh 3.Mimik – muka 4.Intonasi Suara 5.Artikulasi kalimat 6.Menyegarkan suasana 7.Bentuk-bentuk penegasan 8.Berikan pesan terakhir 9.Mencari umpan balik 10.Penutupan MENGATASI DEMAM PANGGUNG DAN GUGUP

20 1.ANTUSIAS, menampilkan semangat hidup diri 2.BERWIBAWA, menggerakkan orang untuk melakukan sesuatu 3.POSITIF, melihat peluang dalam setiap saat 4.SUPEL, mudah menjalin hubungan dengan peserta 5.HUMORIS, berhati lapang, tetap mengikuti irama 6.LUWES, menemukan banyak cara 7.FASIH, berkomunikasi dengan jelas, fasih dan benar 8.TULUS, memiliki niat dan motivasi positif 9.INTERAKTIF, hubungan pembicara peserta hidup 10.MEMOTIVASI, mengairahkan pendengar, membangun harapan.

21 KOMUNIKASI PADA SAAT VISITASI

22 STRATEGI KOMUNIKASI PADA SAAT VISITASI Simpatik: wajar dan bersahaja Apresiatif: menghargai setiap informasi yang disampaikan Alamiah: menciptakan siklus yang murni Dialogis: komunikasi dua arah ………………………………… …………………………


Download ppt "Disampaikan pada : TOT Asesor Sekolah/Madrasah Bandung, September—Oktober 2013 “Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google