Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun."— Transcript presentasi:

1

2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun

3 Tujuan Pembelajaran:  Menyimpulkan tatacara protokuler pembawa acara dalam berbagai acara  Menunjukkan garis besar susunan acara  Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara

4 MC (Master Of Ceremony) Kemampuannya akan sangat menentukan kelancaran dan keberhasilan sebuah acara. Karena itu, seorang MC harus benar- benar menguasai seluruh aspek yang akan mempengaruhi kelancaran pada saat itu. Ia adalah benar-benar seorang sutradara pada sebuah acara.

5 Persiapan yang bisa dilakukan saat menjadi Pembawa Acara adalah : Rileks Know The Audience Know The Material (Kuasai bahan/ acara yang akan dibawakan) Susun pointer (Susunan acara) Tampillah Percaya Diri dan Be Yourself

6 Hal yang perlu diperhatikan menjadi seorang MC atau Pembawa Acara : Memiliki pengetahuan umum yang luas Berpenampilan ekspresif, atraktif dan simpatik (santun dan menarik). Memiliki jiwa pemimpin (percaya diri). Mampu berbahasa dengan baik (komunikatif). Mempunyai naluri antisipasi yang baik. Memiliki spontanitas yang baik. Memiliki rasa humor

7 Persiapan Materi  Baca literatur dan cari sumber data sebanyak mungkin.  Susun pointer atau outline.  Anda punya tiga pilihan penguasaan materi: Membaca naskah, menggunakan catatan berupa garis besar materi, menggunakan hapalan (memory).

8 PEMBUKAAN 1. Start Slow 2. Teknik pembuka >> langsung menyebut pokok persoalan yang akan dibicarakan; mengajukan pertanyaan provokatif, menyatakan kutipan — teori, ungkapan, peristiwa, atau pepatah.

9 PENUTUP 1. Langsung tutup, ucapkan salam, jika materi pembicaraan sudah disampaikan atau waktu sudah habis. 2. Teknik penutup: menyimpulkan, menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat berbeda, mendorong audience untuk bertindak, kutipan sajak, kitab suci, pribahasa, atau ucapan ahli, memuji khalayak, dll.

10 Teknik Membawakan Acara Teknik Vocal :  Volume  Intonasi  Aksentuasi  Penjedaan  Artikulasi Teknik Performa & Gesture:  Kontak mata  Lakukan gerakan tangan/sikap yang alami, spontan (tidak dibuat-buat),  Ekspresi wajah  Jangan lakukan gerakan yang tidak bermakna atau tidak mendukung pembicaraan (Menyibak rambut)

11 Terima Kasih


Download ppt "Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google