Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gagasan berasal dari kata gagas. Gagasan diartikan sebagai sebuah pikiran, ide, ilham,inspirasi, pandangan, pendapat, pendirian, sikap, atau tanggapan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gagasan berasal dari kata gagas. Gagasan diartikan sebagai sebuah pikiran, ide, ilham,inspirasi, pandangan, pendapat, pendirian, sikap, atau tanggapan."— Transcript presentasi:

1

2 Gagasan berasal dari kata gagas. Gagasan diartikan sebagai sebuah pikiran, ide, ilham,inspirasi, pandangan, pendapat, pendirian, sikap, atau tanggapan. Gagasan dengan mudah kita temukan di dalam suatu bacaan-bacaan. Bentuknya berupa kalimat ataupun paragraf. Dalam bacaan, gagasan itu dapat dikelompokkan ke dalam gagasan penting atau gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan itu menjadi dasar bagi pengembangan gagasan-gagasan lainnya.

3 Perhatikan cuplikan wacana berikut : Toko Sumber Rejeki menyediakan berbagai bahan tekstil dan jenis pakaian. Ada bahan celana dan bahan baju laki- laki dari berbagai merk. Baju jadi anak laki-laki dan untuk wanita juga tersedia dalam berbagai merk. Demikian juga, baju-baju untuk ukuran remaja banyak tersedia di toko Sumber Rejeki. Harga bahan tekstil dan baju jadi sangat beragam. Satu meter harga bahan tekstil berkisar antara Rp – Rp Harga baju jadi pun juga beragam, mulai dari yang paling murah Rp sampai dengan yang paling mahal Rp Harga-harga itu masih dapat ditawar dan sangat bergantung pada jenis dan mutu barang.

4 Kalimat yang bercetak tebal dan miring merupakan gagasan penting dari kedua paragraf itu. Alasannya, kalimat-kalimat tersebut merupakan dasar dari pengembangan masing-masing paragrafnya. Kalimat-kalimat tersebut pun dapat merangkum keseluruhan gagasan yang ada pada setiap paragrafnya. Gagasan Utama Toko Sumber Rejeki menyediakan berbagai bahan tekstil dan jenis pakaian Gagasan Penjelas Ada bahan celana dan bahan baju laki- laki dari berbagai merk. Baju jadi untuk laki- laki dan untuk wanita juga tersedia dalam berbagai merk. Demikian juga, baju- baju untuk ukuran remaja banyak tersedia di toko Sumber Rejeki

5 Pengenalan kita terhadap gagasan penting atau gagasan utama dalam suatu bacaan sangat berguna untuk kegiatan membaca cepat. Dalam kegiatan tersebut, kita cukup melihat gagasan-gagasan pentingnya saja dan mengabaikan gagasan- gagasan penjelasnya. Gagasan penting itu pada umumnya terletak pada bagian awal atau pada bagian akhir paragraf. Dengan demikian, begian itulah yang cukup kita pahami dalam proses mebaca cepat. Pengenalan gagasan penting juga berguna ketika kita mengutip atau mencatat bahan becaan. Dalam kegiatan ini, kita mencatat gagasan pentingnya saja karena hal tersebut sudah bisa mewakili keseluruhan gagasan penulisnya.

6 Contoh Topik : Ciri Budaya Konsumerisme “Budaya konsumerisme tidak mementingkan efisiensi uang yang ssebenarnya bisa dipakai untuk membeli hal yang lebih berguna.” (Sumber : Isni Sarah, Hedonis dan Konsumerisme” dalam Pikiran Rakyat, 29 Mei 2007)

7 Kalimat yang ada dalam tanda kutipan (“…”) merupakan salh satu gagasan penting yang ada di dalam artikel yang berjudul “Hedonis dan Konsumerisme”, tulisan dari Isni Sarah. Kalimat itu kemudian kita catat dalam bentuk kartu. Setiap kartu memuat satu kutipan dengan topik tertentu, misalnya tentang pengertian dan ciri-ciri budaya konsumerisme, akibat budaya konsumerisme, penyebab konsumerisme. Dengan cara demikian, mudahlah bagi kita dalam memanfaatkannya, misalnya untuk kepentingan penulisan karangan ilmiah, tanpa tertukar dengan kartu dari topik-topik lainnya.

8 Gagasan Penting Bacaan Berguna dalam mebaca cepat Berguna dalam mebuat kutipan/catatan-catatan.

9 Banyak bacaan yang menggunakan grafik, tabel, dan bagan. Kehadiran gambar-gambar itu diperlukan untuk memperjelas suatu pembahasan. Selain menarik, gambar- gambar itu dapat menjadikan suatu uraian lebih mudah dipahami. a. Grafik Grafik adalah gambar yang terdiri atas garis vertikal dan garis horizontal. Pertemuan atau titik potong diantara kedua garis tersebut berguna utuk menunjukkan angka-angka. Hubungan angka-angka itu, kemudian menghasilkan susunan data yang mungkin tetapm menaik, menurun, atau pasang surut.

10 b. Tabel Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar atau ringkasan suatu informasi. Tabek menyajikan data yang juga dapat menjadi alat pembantu untuk merangkum gagasan-gagasan. Dengan adanya tabel, suatu uraian yang panjang dapat disajikan secara lebih ringkas. Tabel harus memaparkan data secara lebih jelas dan menarik. c. Bagan Bagan, diagram, atau denah adalah gambaran atau sketsa untuk menerangkan hubungan antara dua hal atau lebih.

11 Langkah-langkah untuk membuat grafik, tabel dan bagan adalah sebagai berikut : 1). Baca judulnya. Dari judul itulah ringkasan tentang gagasan pokok tentang isi grafik, tabel, atau bagan itu dapat diketahui. 2). Baca informasi atau keterangan-keterangan yang menjelaskan gambar tersebut. Dari informasi- informasi tersebut dapat diketahui urutan tahun, persentase angka-angka, dan informasi- informasi lainnya. 3). Ajukan pertanyaan tentang gambar tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan diubhanya judul gambar tersebut, misalnya dengan pertanyaan Bagaimana pendapatmu…, Seberapa banyak…., atau Berapa jumlah…… 4). Baca grafik, tabel, atau bagan itu secara keseluruhan unutk menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah dirumuskan!

12 Baca judul Baca keseluruhannya, cari jawaban! Baca informasi penjelas! Ajukan petanyaan! Proses Membaca Grafik, Tabel, atau Bagan

13 Membaca cepat merupakan kegiatan mebaca yang mengutamkan pemahaman atas gagaasan utama bacaan dalam waktu yang secepat-cepatnya. Dengan demikian, ada dua keuntungan yang dapat kita peroleh dari kegiatan membaca cepat, yakni : 1). Gagasan yang kita pahami lebih banyak. 2). Waktu yang kita gunakan lebih singkat.

14 Dalam mengukur kemampuan membaca cepat, ada dua hal yang harus kita perhatikan, yakni tingkat pemahaman atas bacaan itu serta waktu yang kita butuhkan dalam membacanya. Berdasakan hal itulah, berlaku rumus dalam perhitungan kemampuan efektif membaca(KEM), yaitu : keterangan : p = jumlah kata yang terdapat dalam bacaan q = julmlah waktu dalam hitungan detik r = jumlah jawaban yang benar

15 Kenali judul dan sub-sub judulnya Rumuskan kesimpulan Sapu halaman- halamannya secara cepat Temukan gagasan- gagasan utamanya Langkah-langkah membaca cepat


Download ppt "Gagasan berasal dari kata gagas. Gagasan diartikan sebagai sebuah pikiran, ide, ilham,inspirasi, pandangan, pendapat, pendirian, sikap, atau tanggapan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google