Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI MEMBACA KWL (Know-Want to Know-Learned).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI MEMBACA KWL (Know-Want to Know-Learned)."— Transcript presentasi:

1 STRATEGI MEMBACA KWL (Know-Want to Know-Learned)

2 Strategi ini dikembangkan oleh Ogle (dalam Rahim, 2005) untuk membantu guru menghidupkan latar belakang pengetahuan minat siswa pada suatu topik. Strategi KWL merupakan strategi yang berbasis keaktifan siswa. Melalui KWL siswa terus diarahkan untuk aktif secara mental pada sebelum membaca, saat membaca, dan sesudah membaca.

3 Strategi ini membantu siswa memikirkan informasi baru yang diterimanya, tapi juga mengeksplorasi apa yang telah diketahuinya. Bahkan strategi ini juga bisa memperkuat kemampuan siswa mengembangkan pertanyaan tentang berbagai topik serta bisa menilai hasil belajar mereka sendiri. Strategi KWL melibatkan tiga langkah dasar yaitu tentang apa yang telah mereka ketahui, menentukan apa yang ingin mereka ketahui, dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari dari membaca.

4 Langkah-langkahnya: Langkah pertama, apa yang saya ketahui (K); merupakan kegiatan sumbang saran pengetahuan dan pengalaman sebelumnya tentang topik. Langkah kedua, What I want to know (W); guru menuntun siswa menyusun tujuan khusus membaca. Langkah ketiga, What I have learned (L); terjadi setelah membaca. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut untuk menentukan, memperluas dan menemukan seperangkat tujuan membaca.

5 Sesudah itu siswa mencatat informasi yang telah mereka pelajari, mengidentifikasi sisa pertanyaan yang belum terjawab. Melalui perbandingan kolom What I want to know dengan kolom Learned, guru dan siswa mendiskusikan dalam diskusi kelas atau memberikan tes, guru harus mengidentifikasikan bahwa siswa sudah mempelajari informasi yang benar- benar ingin lebih banyak diketahuinya.


Download ppt "STRATEGI MEMBACA KWL (Know-Want to Know-Learned)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google