Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran 3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran 4. Merumuskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran 3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran 4. Merumuskan."— Transcript presentasi:

1 1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran 3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran 4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi 5. Penentuan Jenis PenilaianMenentukan Alokasi Waktu 6. Menentukan Sumber Belajar

2 a. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI. b. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasardalam mata pelajaran. c. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasarantar mata pelajaran.

3 Perlu mempertimbangkan: a. potensi peserta didik; b. relevansi dengan karakteristik daerah; c. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik;d. kebermanfaatan bagi peserta didik; e. struktur keilmuan; f. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran; g. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan h. alokasi waktu.

4  Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.

5 Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, serta potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.

6 Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tesdan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan, kinerja,pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyekdan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

7 ◦ Diberikan sepuluh nama buah-buahan siswa dapat memilih dengan benar 5 nama buah yang mengandung vitamin A. ◦ Dengan menggunakan sebuah magnet siswa dapat menuliskan sepuluh nama benda yang dapat ditarik magnet dan 10 benda yang tidak dapat ditarik magnet

8 Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan

9 ◦ Diberikan daftar nama buah-buahan, siswa dapat memilih 3 nama buah yang mengandung vitamin C dengan tepat ◦ Setelah melalui pengamatan di kebun sekolah siswa kelas 1 dapat menyebutkan 5 tumbuhan yang berakar serabut dengan benar

10  Tujuan pembelajaran Afektif, meliputi pengembangan rasa cinta, rasa kagum, pengembangan sikap, minat serta nilai-nilai. 5 jenjang afektif antara lain: Sikap menerima, sikap mau memberi tanggapan, sikap mau menghargai, sikap mau melibatkan diri dalam sistem nilai ke dalam pribadinya.

11  Setelah mengikuti diskusi tentang pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah, siswa atas kemauannya sendiri membentuk regu-regu kerja untuk membersihkan kelas.  Setelah mengamati demonstrasi cara membersihkan air, siswa mau mempraktikkan pengetahuannya itu di rumah masing-masing  Dengan berdiskusi kelompok siswa aktif mengajukan pertanyaan dan saran

12  Diberikan demonstrasi tentang penggunaan mikroskop, siswa terampil menggunakan mikroskop untuk mengidentifikasi jenis bakteri  Diberikan alat dan bahan yang sesuai siswa kelas 6 dapat membuat anyaman berbentuk kipas

13 Terimakasih Dra. Jenny I.S Poerwanti, M.Pd SELAMAT BERKARYA


Download ppt "1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran 3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran 4. Merumuskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google